Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proses Sosial Dan Interaksi Sosial

Proses Sosial Dan Interaksi Sosial

Ratings: (0)|Views: 169 |Likes:
Published by Laras Gita Lestari

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Laras Gita Lestari on Dec 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2014

pdf

text

original

 
PROSES SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL
Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang perorangandan kelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk- bentuk hubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahanyang menyebabkan goyahnya pola-pola kehidupan yang telah ada.Pengertian tentang interaksi sosial sangat berguna di dalam memperhatikan danmempelajari berbagai masalah masyarakat. Interaksi sosial adalah kunci dari semuakehidupan sosial,oleh karena itu tanpa adanya interaksi sosial, tak akan mungkin adakehidupan bersama. Dan dapat diartikan bahwa interaksi sosial adalah dasar prosessocial.
INTERAKSI SOSIAL SEBAGAI FAKTOR UTAMA DALAM KEHIDUPANSOSIAL
Interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktifitas-aktifitas sosial.Bentuk lain dari proses sosial hanya merupakan bentuk-bentuk khusus dari interaksisosial. Interaksi sosial merupakan hubungan sosial-sosial yang dinamis yang menyangkuthubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antaraorang perorangan dengan kelompok manusia.Berlangsungnya suatu proses interaksi sosial didasarkan pada berbagai faktor,antara lain :1.ImitasiFaktor ini dapat mendorong seseotrang untuk mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku.2.SugestiDapat berlangsung apabila seseorang memberi suatu pandangan atau suatu sdikapyang berasal dari dirinya yang kemudian diterima oleh pihak lain.
 
3.IdentifikasiMerupakan kecenderungan-kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diriseseorang untuk menjadi sama dengan pihak lain.4.SimpatiSuatu proses dimana seseorang merasa tertarik pada pihak lain.
SYARAT-SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL
1.Adanya kontak sosialKontak sosial dapat terjadi dalam tiga bentuk, yaitu :-Adanya orang perorangan.-Antara orang perorangan dengan suatu kelompok manusia atausebaliknya.-Adanya suatu kelompok manusia dengan kelompok manusia lainnya.Kontak sosial dapat bersifat positif ataupun nergatif. Bersifat positif mengarah pada suatu kerjasama, sedangkan yang bersifat pertentangan mengarah pada suatu pertentangan atau bahkan sama sekali tidak menghasilkan suatu interaksi sosial.Selain itu dapat pula bersifat primer (hubungan langsung bertemu dan berhadapanmuka) ataupun bersifat sekunder ( melalui suatu pelantara).2.Adanya komunikasiArti penting komunikasi adalah bahwa seseorang memberikan tafsiran pada prilaku orang lain (yang berwujud pembicaraan, gerak-gerak badaniah atausikap), perasaan-perasaan apa yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.Apabila dihubungkan dengan interaksi social, kontak tanpa komunikasi, tidak mempunyai arti apa-apa.
 
KEHIDUPAN YANG TERASING
Hal ini dapat ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk mengadakaninteraksi sosial dengan pihak-pihak lain. Faktor-faktor penyebabnya :1.Secara badaniah seseorang sama sekali diasingkan dari hubungan dengan orang-orang lainnya.2.Karena cacat pada salah satu inderanya.3.Karena pengaruh perbedaan ras atau kebudayaan yang kemudian menimbulkan prasangka-prasangka.
BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL
Bentuk-bentuk interaksi sosial dapat berupa kerjasama (coorperation), persaingan(compertition), ataupun pertentangan atau persaingan (conflict).
Menurut Gillin dan gillinAda 2 macam proses sosial yang timbul akibat adanya interaksi sosial, yaitu :1.Proses yang asosiatia.Akomodasi b.Asimilasi dan akulturasi2.Proses yang disosiatif a.Persaingan b.Persaingan yang meliputi kontaversi dan pertentangan atau pertikaian(conflikct)
Menurut Kimball Young,Bentuk-bentuk proses sosial adalah :1.Oposisi yang mencakup persaingan dan pertentangan atau pertikaian.2.Kerjasama yang menghasilkan akomodasi.3.Diferensiasi.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->