Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pendahuluan Sistem Pembelian Tunai n Kredit

Pendahuluan Sistem Pembelian Tunai n Kredit

Ratings: (0)|Views: 3,230 |Likes:
Published by Amelia Nur Syahara

More info:

Published by: Amelia Nur Syahara on Dec 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2013

pdf

text

original

 
1
BAB 1PENDAHULUAN
Sistem Akuntansi pembelian digunakan dalam perusahaan untuk  pengadaan barang yang diperlukan oleh perusahaan. Transaksi pembelian dapatdigolongkan menjadi dua yaitu pembelian tunai dan pembelian kredit. Sistemakuntansi pembelian ini diterpkan dalam perusahaan manufaktur.Dalam suatu perusahaan terdapat banyak kegiatan dan kegiatan tersebutmembutuhkan banyak informasi dan pihak-pihak yang terkait berperan pentingdidalamnya. Dalam perusahaan besar khususnya perusahaan dagang dan industri pembelian merupakan kegiatan yang rutin terjadi dalam satu periode, sehingga perusahaan harus membuat suatu sistem untuk mengatur pembelian. Tetapi pembelian yang sering dilakukan oleh perusahaan yaitu secara kredit.Pembelian merupakan sistem aplikasi siklus pengeluaran yang umum.Sistem aplikasi pembelian mencakup prosedur-prosedur pemilihan pemasok, permintaan, pembelian, penerimaan dan pengotorisasian. Model sistem aplikasi pembelian mencakup pemisahan fungsi-fungsi permintaan, pembelian, penerimaan, utang dagang dan buku besar. Prosedur pemilihan pemasok yangmemadai merupakan faktor penting dalam keterpaduan seluruh sistem aplikasi pembelian.Dalam perusahaan yang kecil, pendebitan yang timbul dari transaksi pembelian terutama bersumber dari penerimaan kas dalam perusahaan yang besar  pendebitan yang timbul dari transaksi pembelian dari register bukti kas keluar (voucher register) atau jurnal pembelian dan dari distribusi pembelian dari pemasok.
 
2
 
BAB 2ISI
2.1 Pengertian Pembelian.
 Pembelian merupakan kegiatan perusahaan yang dilakukan untuk  pengadaan barang yang diperlukan oleh perusahaan, pembelian merupakankegiatan yang rutin terjadi dalam suatu periode sehingga perusahaan harusmembuat suatu sistem untuk mengatur pembelian tetapi pembelian seringdilakukan perusahaan secara kredit.
2.1.1 Dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi pembelian:
1. Surat permintaan pembelian2. Surat permintaan penawaran harga3. Surat order pembelian4. Laporan penerimaan barang5. Surat perubahan order 6. Bukti kas keluar 
1. Surat Permintaan Pembelian
Dibuat 2 lembar untuk setiap kali pemesanan. Satu lembar untuk fungsi pembelian, dan tembusannya untuk arsip fungsi yang meminta barang. Dokumenini diisi oleh fungsi gudang atau fungsi pemakai barang untuk meminta fungsi pembelian melakukan pembelian barang dengan jenis, jumlah, dan mutu sepertidalam surat pembelian.
 
3
 
2. Surat Permintaan Penawaran Harga
Dokumen ini digunakan untuk meminta penawaraan harga bagi barangyang pengadaannya tidak bersifat berulangkali terjadi, yang menyangkut jumlahrupiah pembelian yang besar.
3
. Surat Order Pembelian
Dokumen ini digunakan untuk memesan barang kepada pemasok yang telahdipilih.Dokumen ini terdiri dari 7 tembusan, yaitu :a.
 
Surat order pembelian, merupakan lembar pertama surat order pembelianyang dikirim kepada pemasok sebagai order resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan. b. Tembusan pengakuan oleh pemasok, tembusan surat order pembelian inidikirikan kepada pemasok, dimintakan tanda tangan dari pemasok tersebut dandikirim kembali ke perusahaan sebagai bukti telah diterima dan disetujui order  pembelian serta kesanggupan pemasok memenuhi janji pengiriman barang sepertitersebut dalam dokumen.c. Tembusan bagi unit peminta barang, tembusan ini dikirimkan kepada fungsiyang meminta pembelian bahwa barang yang dimintanya telah dipesan.d. Arsip tanggal penerimaan, tembusan ini disimpan oleh fungsi pembelianmenurut tanggal penerimaan barang yang diharapkan, sebagai dasar untuk mengadakan tindakan penyelidikan jika barang tidak dating pada waktu yangtelah ditetapkane. Arsip pemasok, tembusan ini disimpan oleh fungsi pembelian menurutnama pemasok, sebagai dasar untuk mencari informasi mengenai pemasok.f.
 
Tembusan fungsi penerimaan, tembusan ini dikirim ke fungsi penerimaansebagai otorisasi untuk menerima barang yang jenis, spesifikasi, mutu, kuantitas

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hendi Blue liked this
Lala liked this
Deuis Fitriani liked this
caroem liked this
Fita Tristiani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->