Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penganggaran Perusahaan

Penganggaran Perusahaan

Ratings: (0)|Views: 3,241|Likes:
Published by Yahya Nuryanto

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yahya Nuryanto on Dec 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/06/2013

pdf

text

original

 
Posted on Februari 20, 2008 by Pakde sofa
Gambaran Umum Penganggaran Perusahaan
Perencanaan dan Penganggaran Perusahaan
Perencanaan merupakan salah satu dari fungsi manajemen dan penganggaran merupakan salahsatu jenis perencanaan. Penganggaran meliputi penganggaran perusahaan dan penganggaran bukan perusahaan. Penganggaran perusahaan berarti penganggaran untuk organisasi yang bertujuan mencari laba, sedangkan penganggaran bukan perusahaan (penganggaran nirlaba) berarti penganggaran untuk organisasi yang tidak bertujuan mencari laba.Penganggaran beda dengan anggaran, perencanaan beda dengan rencana. Perencanaan adalah proses menyusun rencana, sedangkan rencana adalah hasil perencanaan. Penganggaran adalah proses menyusun anggaran, sedangkan anggaran adalah hasil penganggaran. Rencana dapatdinyatakan dalam angka (kuantitatif) tetapi dapat juga tidak dinyatakan dalam angka(kuantitatif), sedangkan anggaran dinyatakan dalam angka (kuantitatif) dan umumnya dalamsatuan mata uang. Penganggaran sangat erat hubungannya dengan akunting, karena penganggaran merupakan salah satu bidang akunting dan termasuk bagian akunting manajemen.Anggaran banyak manfaatnya sebagai alat pelaksanaan pekerjaan, tetapi anggaran jugamempunyai kelemahan, sebab anggaran dibuat berdasarkan asumsi, bila asumsinya berubahmaka anggaran kurang bermanfaat, kecuali direvisi sesuai dengan perubahan asumsi.
Fungsi dan Macam Anggaran
Anggaran berfungsi sebagai alat perencanaan memberikan gambaran yang jelas dalam satuan barang dan uang. Anggaran berfungsi sebagai alat pelaksanaan memberikan pedoman aga pekerjaan dapat dilaksanakan secara selaras. Anggaran berfungsi sebagai alat pengawasan, yaitudigunakan sebagai alat menilai pelaksanaan pekerjaan.
 
Anggaran dapat dikelompokkan dari segi dasar penyusunan terdiri atas: anggaran variabel dananggaran tetap, dari segi penyusunan terdiri atas anggaran periodik dan anggaran kontinu, darisegi jangka waktu terdiri atas: anggaran jangka panjang dan anggaran jangka pendek, dari segi bidangnya terdiri atas: anggaran operasional dan anggaran keuangan, dari segi kemampuanmenyusun terdiri atas: anggaran komprehensif dan anggaran parsial, dari segi fungsinya terdiriatas anggaran apropriasi dan anggaran kinerja, dari segi penentuan harga pokok produk terdiriatas: anggaran tradisional dan anggaran berdasar kegiatan.
PENYUSUNAN ANGGARAN OPERASIONAL
Peramalan Jualan
Peramalan menurut L.F. Orwick merupakan fungsi manajemen pertama sebelum dilakukan perencanaan. Penganggaran merupakan salah satu jenis perencanaan, karena anggaran adalahsalah satu jenis rencana. Oleh karena itu, sebelum dibuat anggaran terlebih dahulu dibuatramalan. Dalam hal ini sebelum dibuat anggaran jualan terlebih dahulu dibuat ramalan jualan.Teknik membuat ramalan jualan dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik membuat ramalan jualan secara kualitatif dengan menggunakan metode pendapat, antara lain: pendapat para ahli, pendapat para pramuniaga, pendapat survey konsumen, pendapat paramanajer pemasaran. Peramalan jualan secara kuantitatif, antara lain dapat menggunakan analisistrend garis lurus, analisis trend bukan garis lurus, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, dan metode distribusi probabilitas.Peramalan jualan secara kualitatif biasanya digunakan untuk perusahaan yang baru berdiri, belum mempunyai data kuantitatif, mempunyai data kuantitatif tetapi tidak dapat digunakan(tidak lengkap). Peramalan jualan secara kualitatif sifatnya subjektif, tidak seobjektif peramalan jualan secara kuantitatif.
 
Penyusunan Anggaran JualanAnggaran jualan adalah anggaran hasil penjualan. Jualan artinya hasil penjualan. Penjualanartinya proses menjual. Menjual artinya menyerahkan sesuatu kepada pembeli dengan hargatertentu pada saat tertentu.Kegunaan anggaran jualan terutama sebagai dasar penyusunan anggaran lainnya, dan sebagaiujung tombak dalam memperoleh laba.Faktor yang mempengaruhi anggaran jualan selain ramalan jualan, antara lain faktor: pemasaran,keuangan, ekonomis, teknis, kebijakan perusahaan, penduduk, kondisi, dan lain-lain.Penyusunan anggaran jualan dimulai dari mempertimbangkan faktor yang mempengaruhianggaran jualan. Setelah itu menetapkan harga jual untuk produk tertentu dan daerah tertentu.Kemudian membuat taksiran tiap jenis produk yang akan dijual dan penentuan produk yang akandijual pada daerah tertentu. Langkah selanjutnya adalah memperhitungkan anggaran jualan, dankemudian disusunlah anggaran jualan.
Pengertian Produksi dan Anggaran Biaya Produksi
Biaya pabrik beda dengan biaya produksi, biaya pabrik meliputi biaya bahan baku (BBB), biayatenaga kerja langsung (BTKL), dan biaya overhead pabrik (BOP) yang terjadi pada satu periode,yaitu periode ini, sedangkan biaya produksi meliputi BBB, BTKL, dan BOP yang terjadi padadua periode, yaitu periode lalu dan periode ini.Anggaran produksi berarti anggaran kegiatan, karena produksi adalah proses kegiatan membuat produk. Produksi tidak perlu dianggarkan, tetapi dijadwalkan. Dengan demikian istilah anggaran produksi tidak tepat. Oleh karena itu Kegiatan Belajar 1 ini diberi judul anggaran produk, karena produk perlu dianggarkan.Untuk menyusun anggaran produksi atau anggaran produk jadi dihasilkan periode ini dihitung berdasarkan anggaran jualan ditambah sediaan produk jadi akhir yang dianggarkan,menghasilkan produk jadi siap dijual. Produk jadi siap dijual dikurang sediaan produk jadi awal

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nita Manurung liked this
Raniz TeeCat liked this
Sriana Iana Ana liked this
IR Cahyadi liked this
Nia Cutez liked this
arkonin_cl liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->