Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hutan Hujan Tropika

Hutan Hujan Tropika

Ratings: (0)|Views: 408 |Likes:
Published by Hermanto Aulia

More info:

Published by: Hermanto Aulia on Dec 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH
JENIS- JENIS HUTAN
1. Hutan Hujan Tropika
Hutan hujan tropika adalah hutan yang terdapat didaerah tropis dengan curah hujansangat tinggi. Hutan jenis ini sangat kaya akan flora dan fauna. Di kawasan inikeanekaragaman tumbuh-tumbuhan sangat tinggi. Luas hutan hujan tropika di Indonesialebih kurang 66 juta hektar Hutan hujan tropika berfungsi sebagai paru-paru dunia. Hutan hujan tropika terdapat diPulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
2. Hutan hujan pegunungan tinggi
Hutan dengan pohon-pohon yang tinggi yang selalu menghijau karena tidak pernahmenggurkan daun serta tumbuh rapat.contoh: pohon pinus,jemuju DLL.
Della Desrina Savira
| 1
 
3. Hutan hujan pegunungan Rendah
Hutan hujan dataran rendah merujuk pada hutan yang berada pada lokasi dengan ketinggian 0-1200 m di lahankering (Whitmore, 1998), atau 0-1000 m (Indriyanto,2006) dari permukaan laut. Hutan basah dataran rendahselalu hijau adalah yang paling subur dan kaya akansemua komunitas tumbuhan, tumbuh di semua “kondisi pertumbuhan terbaik di lahan kering yang ada di mana pun di dunia”. Kondisi ini meliputi iklim yang selalu basah di mana presipitasi melebihi evaporasi (Monk,Fretes, Lilley, 2000). Hutan hujan tropis dataran rendahterdapat di iklim dataran rendah basah dimana cekamanair terjadi sesekali atau tidak ada (Whitmore, 1998). Ini berarti curah hujan total tahunan minimum adalah 2.000mm. Meskipun ada perbedaan pendapat tentang distribusi curah hujan ini, jumlah bulankering kurang dari dua bulan per tahun dapat diterima. Alternatif lain adalah palingsedikit harus terjadi dua puluh hari hujan pada empat bulan terkering dalam setahun,dengan tidak ada bulan yang menerima hujan kurang dari 60 mm. Pada kondisi sepertiini, kebanyakan tipe tanah, berpengaruh kecil terhadap hutan, karena air di dalam tanahlebih dari cukup untuk menggantikan kualitas tanah yang buruk. Kekayaan hutan-hutan basah tropis tidak selalu menunjukkan bahwa tanahnya subur (Monk, Fretes, Lilley,2000).
4. Hutan Rawa
Hutan rawa terdapat di hampir semua pulau, terutama Sumatera, Kalimantan, dan Papua.Spesies pohon rawa misalnya adalah nyatoh (Palaquium leiocarpum), kempas(Koompassia spp), dan ramin (Gonystylus spp).Berdasarkan pemanfaatan lahan
Della Desrina Savira
| 2
 
5. Hutan Pantai
Hutan pantai terdapat sepanjang pantai yang kering, berpasir, dan tidak landai, seperti di pantai selatan Jawa. Spesies pohonnya seperti ketapang (Terminalia catappa), waru(Hibiscus tiliaceus), cemara laut (Casuarina equisetifolia), dan pandan (Pandanustectorius).
6. Hutan Manggrove
Hutan mangrove Indonesia mencapai 776.000 ha dan tersebar di sepanjang pantai utaraJawa, pantai timur Sumatera, sepanjang pantai Kalimantan, dan pantai selatan Papua.Jenis-jenis pohon utamanya berasal dari genus Avicennia, Sonneratia, dan Rhizopheria.
Della Desrina Savira
| 3

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rahmy Ief liked this
gusmakmun liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->