Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
60Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEBUTUHAN GIZI ANAK

KEBUTUHAN GIZI ANAK

Ratings: (0)|Views: 2,725 |Likes:
Published by part13

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: part13 on Dec 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

 
A.KEBUTUHAN GIZI ANAK USIA 1 -13 TAHUN
Masa anak-anak sangat penting bagi perkembangan fisik dan mental. Pola makan dannutrisi yang diberikan harus memenuhi untuk menjamin kesehatan anak. Masa anak-anak (1sampai 13 tahun) adalah periode kehidupan yang sangat penting bagi perkembangan fisik danmental. Dalam fase ini, dibutuhkan asupan nutrisi yang tinggi.1.
Kebutuhan Gizi Untuk Balita dan Pra sekolah (1-5 tahun)
Usia balita tidaklah tumbuh sepesat pada masa bayi, tetapi kebutuhan nutrisi merekatetap merupakan prioritas yang utama. Di masa balita ini, nutrisi memegang peranan yang penting dalam perkembangan anak. Masa balita adalah masa transisi terutama pada usia 1 – 2 tahun dimana anak akan mulai memakan makanan yang padat dan menerima rasa sertatekstur makanan yang baru.Kebutuhan nutrisi pada balita sebenarnya juga dipengaruhi oleh usia, besar tubuh, dantingkat aktivitas yang dilakukannya.
Energi : biasanya balita membutuhkan sekitar 1.000 samapi 1.400 kalori per hari.
Kalsium : dibutuhkan kurang lebih 500 mg per hari.
Zat besi : anak balita membutuhkan 7 mg per hari.
Vitamin C dan D.Tubuh anak terdiri dari struktur tulang, otot, peredaran darah, jaringan otak, dan organ-organ lain. Perkembangan tiap struktur ini sangat dipengaruhi oleh masukan (intake) berbagai macam nutrisi makanan penunjang pertumbuhan.Pada usia 2 tahun ini, anak-anak memiliki kerangkan tubuh berupa tulang rawan sehingadengan pemberian masukan gizi berupa vitamin dan mineral akan mempercepat pembentukan tulang (osifkasi).Anak usia 2 tahun juga sudah mampu untuk berjalan dan melakukan semua gerakantubuh yang dilakukan oleh otot. Hal ini terjadi karena ribuan serabut otot yang semakinmembesar dan terus bekerja. Artinya, otot membutuhkan zat-zat dari asupan makanan yangdiberikan pada anak.2.
Kebutuhan Gizi untuk anak sekolah (6 – 13 tahun)
Pada usia sekolah ini, anak akan melakukan banyak aktivitas fisik maupun mental,seperti : bermain, belajar, berolahraga, dll. Zat gizi yang diberikan pada nya akan membantudalam meningkatkan kesehatan tubuh anak sehingga sistem pertahanan tubuhnya berkembang dengan baik atau tidak mudah untuk terserang penyakit. Hal yang tidak mudahadalah mengawasi jenis makanan atau jajanan anak baik disekolah maupun dilingkungannya karena pada saat ini anak sudah mulai berinteraksi dengan orang lain (temansebaya).
 
Anak usia sekolah membutuhkan lebih banyak energi dan zat gizi yang lebih dibandingdengan anak balita. Diperlukan pula tambahan energi, protein, kalsium, fluor, zat besikarena pertumbuhan pada kisaran usia ini sedang pesat dan aktivitas anak semakin bertambah.Untuk memneuhi kebutuan energi dan zat gizi, anak terkadang makan hingga 5 kalisehari. Namun sebaiknya anak tetap diajari untuk makan 3 kali sehari dengan menu giziyang tinggi, yaitu : sarapan, makan siang, dan makan malam. Anak juga perlu untuk diajarisarapan pagi agar dapat berfikir dengan baik di sekolah.
3.Jenis Nutrisi Yang Dibutuhkan Anak –ana
a.EnergiKalori yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan ini adalah sekitar 1.900 kalori.Menu yang diberikan untuk mereka sebaiknya tidak terlalu padat tetapi berserat.Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti : nasi, roti, dan kentang adalahsumber karbohidrat yang bagus. Gula bukanlah merupakan sumber enrgi yang baik karena tidak mengandung vitamin dan mineral. Pemberian gula yang terlalu banyak padaanak akan menyebabkan kerusakan pada gigi. b.ProteinProtein harus dikonsumsi secara seimbang agar anak mendapat asupan kombinasi asamamino yang tepat. Protein dibutuhkan anak untuk perkembangan dan pemeliharaan jaringan tubuh.Berikut adalah angka kecukupan protein dalam sehari menurut kisaran umur anak :c.LemaLemak dibutuhkan oleh anak untuk berbagai fungsi tubuh dan penyediaan energi, proses produksi hormon, dan perlindungan tubuh. Lemak juga dapat menjamin ketersediaanvitamin A,D,E,K pada anak karena lemak dapat melarutkan vitamin tersebut.d.KalsiumAnak membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi, pembekuan darah,serta kontaksi otot.
 
e.KolinKolin merupakan nutrisi penting bagi membran otak dalam meningkatkan kemampuandaya ingat dan konsentrasi. Anak telah memasuki masa sekolah sehingga dalam prosesini mereka membutuhkan asupan makanan untuk membantu pemikiran.f.Zat BesiPenting bagi anak-anak yang sedang tumbuh serta meningkatkan kesehatan darah.Banyak jenis sayuran yang merupakan sumber zat besi yang bagus meskipun zat besiyang berasal dari non-hewan lebih sulit diserap tubuh. Dalam hal ini harus diberikan pula supan zat besi dari susu.g.SengSeng merupakan mineral penting yang menyususn banyak enzim pada tubuh. Seng berperan untuk memerangi infeksi, untuk pertumbuhan, perkembangan aspeseksualitas, dan indera perasa, serta pemulihan luka.h.Vitamin DVitamin D penting dalam proses penyerapan kalsium. Vitamin D ditemukan pada produk susu, telur, dan makanan yang difortifikasi seperti margarin, sereal, dan dapatdiproduksi tubuh melalui proses penyerapan sinar matahari pada kulit.i.Antioksidan dan BuahMakan 3-5 porsi buah atau sayuran bervitamin C dan beta karotin tinggi, dapatmeningkatkan daya tahan tubuh anak pada serangan penyakit.
4.Karakteristik Pola Maka Anak Terkait Dengan Pemenuhan Kebutuhan Gizi
a.Anak Usia Todler atau Batita (1-2 tahun)*) Anak sukar untuk makan.*) Nafsu makan sering berubah-ubah.*) Anak cenderung menyukai jenis makanan tertentu.*) Anak cepat bosan untuk makan sambil duduk, harus dengan bermain-main. b.Anak Usia Prasekolah (3-5 tahun)*) Nafsu makan berkurang.*) Anak lebih tertarik pada aktivitas bermain dengan teman atau lingkungannya daripadamakan.*) Anak senang untuk mencoba jenis makanan baru.*) Waktu makan merupakan kesempatan yang baik bagi anak utnuk belajar dan bersosialisasi dengan keluarga.c.Anak Usia Sekolah (6 tahun 13 tahun)*) Anak dapat mengatur pola makannya sendiri.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->