Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
5Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
penginderaan jauh

penginderaan jauh

Ratings: (0)|Views: 1,389|Likes:
Published by Fadhli

More info:

categoriesTypes, Resumes & CVs
Published by: Fadhli on Dec 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/19/2012

pdf

text

original

 
Pengideraan Jauh Fotografik Latar Belakang
Penginderaan Jauh bisa dikatakan sebagai Ilmu karena memiliki berbagai karakteristik yang jelas. Karakteristik yang jelas itu antara lain terdapat pada lingkup studinya, konsepsidasarya, metodologi, serta filosofinya. Bila Peninginderaan jauh digunakan digunakan oleh pakar lain untuk menopang penelitian atau pekerjaannya, maka penginderaan jauh merupakan teknik  bagi mereka. Misalnya seorang pakar lingkungan hidup yang menggunakan bantuan citra satelituntuk mengetahui kerusakan hutanSistem ialah serangkaian obyek atau komponen yang saling berkaitan dan bekerja samasecara terkoordinasi untuk melaksanakan tujuan tertentu. Sistem penginderaan jauh ialahserangkaian komponen yang digunakan untuk penginderaaan jauh. Rangkaian komponen itu berupa tenaga, obyek, sensor, data, dan pengguna data.Input dalam penginderaan jauh berupa bermacam-macam data. Hasil proses rekaman data penginderaan jauh tersebut berupa:1.
 
D
ata digital atau data numerik untuk dianalisis dengan menggunakan komputer.2.
 
D
ata visual dibedakan lebih jauh atas data citra dan data non citra untuk dianalisisdengan cara manual.
D
ata citra berupa gambaran mirip aslinya, sedangkan datanon citra berupa garis atau grafik.Citra dapat dibedakan atas citra foto (photographic image) atau foto udara yang di dalammerekam obyek menggunakan kamera sebagai sensor, menggunakan film sebagai detektor, sertamemanfaatkan tenaga elektromagnetik dan citra non foto (non photographic image) dimanagambaran yang dihasilkan oleh sensor bukan kamera (citra infra merah thermal dan citragelombang mikro.
D
alam makalah ini, citra penginderaan jauh yang akan dibahas adalahmengenai citra foto (photographic image).
T
ujuan
T
ujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui prinsip kerja dariPengindraan jauh fotografik 
 
Penginderaan Jauh Fotografik Pengertian Penginderaan Jauh Fotografik 
Penginderaan jauh fotografik yaitu sistem penginderaan jauh yang di dalam merekamobyek menggunakan kamera sebagai sensor, menggunakan film sebagai detektor, sertamemanfaatkan tenaga elektromagnetik. Perekaman obyek atau pemotrentann dapat dilakukandari udara maupun dari antariksa. Hasil rekamannya setelah diproses menjadi foto udara ataufoto satelit.Penginderaan jauh fotografik pada umumnya menggunakan tenaga alamiah. Mataharimerupakan sumber tenaga yang utama, sedangkan sinar bulan dan sinar buatan bisa digunakan pada waktu malam hari.Obyek yang digambarkan pada foto udara terbatas pada obyek yang tampak, yaitu obyek di permukaan bumi yang tidak terlindung oleh obyek lainnya. Obyek di bawah permukaan tanahyang tertutup oleh vegetasi tidak dapat tergambar pada foto udara. Meskipun demikian, adaobyek tak tampak tetapi dapat ditafsirkan berdasarkan obyek yang tampak. Sebagai contoh, jenis batuan yang dapat ditafsirkan berdasarkan topografi, pola aliran, dan vegetasi penutupnya.
Citra Foto
Citra foto adalah gambaran suatu gejala di permukaan bumi sebagai hasil pemotretandengan menggunakan kamera. Guna melakukan pemotretan, kamera tersebut dipasang padawahana tertentu, contohnya layang - layang, balon udara, atau pesawat terbang. Hasil pemotreranyang menggunakan wahana-wahana itu di sebut foto udara, sedangkan apabila wahana yangdigunakan adalah satelit hasilnya disebut foto satelit.Citra foto dibedakan atas dasar spectrum elektromagnetik yang digunakan, posisi sumbukamera, sudut liputan kamera, jenis kamera, wahana yang digunakan, dan sistem wahananya.
a.
 
 Spektrum Elektromagnetik yang Digunakan
 
Berdasarkan spectrum elektromagnetik yang digunakan, citra foto dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu sebagai berikut.1)
 
Citra foto ultraviolet, yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spectrum ultraviolet.2)
 
Citra foto ortokromatik, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan spectrumtampak dari warna biru hingga sebagian warna hijau.
 
3
)
 
Citra foto pankromatik, yaitu citra foto yang dibuat demgan menggunakan seluruhspektrum tampak.4)
 
Citra inframerah asli, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan spektruminframerah.5)
 
Citra foto inframerah modifikasi, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakanspectrum tampak dari warna merah dan sebagian warna hijau.
D
ari kelima jenis citra foto tersebut yang paling banyak penggunaannya dalam indrajasistim fotografi adalah citra foto panakromatik.
b
 .
 
Posisi Sumbu Kamera
Berdasarkan posisi sumbu kamera terhadap permukaan bumi citra foto dibedakanmenjadi dua jenis, yaitu citra foto vertical dan citra foto condong.1)
 
Citra foto vertikal, yaitu citra foto yang dibuat dengan posisi sumbu kamera tegak lurusterhadap permukaan bumi. kemiringan sumbu kamera sebesar 1
0
- 4
0
 2)
 
Citra foto condong, yaitu citra foto yang dibuat dengan posisi sumbu kamera miring,umumnya membentuk sudut sebesar 10
0
atau lebih. Citra foto condong dibedakanmenjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.
y
 
Citra foto agak condong, yaitu apabila cakrawala tidak tergambar pada citra foto
y
 
Citra foto sangat condong, yaitu apabila cakrawala tergambar tergambar pada citrafoto.
c
 .
 
Jenis Kamera
 
Berdasarkan kamera yang digunakan, citra foto dibedakan menjadi dua jenis, yaitu citrafoto tunggal dan citra foto jamak.1)
 
Citra foto tunggal, yaitu citra foto yang dibuat dengan kamera tunggal. Oleh karena itu,setiap objek hanya tergambar dalam satu lembar foto.2)
 
Citra foto jamak, yaitu citra foto yang dibuat pada saat yang sama dan menggambarkanobjek liputan yang sama. Foto jamak dibuat dengan
3
cara, yaitu sebagai berikut.
y
 
Multikamera, yaitu menggunakan beberapa kamera yang masing-masing diarahkan kesatu objek.
y
 
Kamera multilensa, yaitu satu kamera dengan beberapa lensa.
y
 
Kamera tunggal berlensa tunggal dengan pengurai warna.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->