Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Macam-macam Alat Tangkap ikan

Macam-macam Alat Tangkap ikan

Ratings: (0)|Views: 2,552 |Likes:
Published by Fadhli

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Fadhli on Dec 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
Jenis-Jenis Alat Tangkap Ikan
1.
 
Pukat Udang
Pukat udang atau biasa juga disebut pukat harimau adalah jaring yang berbentuk kantong yang ditarik oleh satu atau dua kapal, bisa melalui samping atau belakang. Alatini merupakan alat yang efektif namun tidak selektif sehingga dapat merusak semua yangdilewatinya. Oleh karena itu kecenderungan alat tangkap ini dapat menjurus ke alattangkap yang destruktif. Aturan-aturan yang diberlakukan pada pengoperasian alat inirelatif sudah memadai, namun pada prakteknya sering kali dijumpai penyimpangan- penyimpangan yang pada akhirnya dapat merugikan semua pihak. Tujuan utama pukatudang adalah untuk menangkap udang dan juga ikan perairan dasar (demersal fish).
2
.
 
Pukat Kantong
Pukat kantong adalah jenis jaring menangkap ikan berbentuuk kerucut yangterdiri dari kantong atau bag, badan(body), dua lembar sayap (wing) yang dipasang padakedua sisi mulut jaring, dan tali penarik (warp). Alat ini tergolong tradisional, tidak merusak lingkungan, dan ukurannya mesh sizenya relatif kecil. Pukat kantong terdiri atas payang, dogol, dan pukat pantai.
 
 
3
.
 
Pukat Cincin (Purse Seine)
Pukat cincin adalah jaringan yang terbentuk empat persegi panjang, dilengkapitali kerut yang bercincin yang diikatkan pada bagian bawah jaring sehingga membentuk kerut dan seperti mangkuk. Alat penangkap ini ditujukan untuk menangkap gerombolanikan permukaan (pelagic fish). Alat tangkap ini tergolong efektif terhadap target spesiesdan kecenderungan tidak destruktif.
4
.
 
Jaring Insang
Jaring insang adalah jaring berbentuk empat persegi panjang, mata jaring berukuran sama dilengkapi dengan pelampung pada bagian atas dan pemberat pada bagian bawah jaring. Dioperasikan dengan tujuan menghadang ruaya gerombolan ikanoleh nelayan secara pasif dengan ukuran mesh size. Alat penangkap ini terdiri daritingting (piece) dengan ukuran mata jaring, panjang, dan lebar yang bervariasi. Dalamoperasi biasanya terdiri dari beberapa tinting jaring yang digabung menjadi satu unit jaring yang panjang, dioperasikan dengan dihanyutkan, dipasang secara menetap pada
 
suatu perairan dengan cara dilingkarkan atau menyapu dasar perairan. Contohnya jaringinsang hanyut (drift gillnet), jaring insang tetap(set gillnet), jaring insang lingkar (encircling gillnet), jaring insang klitik (shrimp gillnet), dan trammel net.
5
.
 
Jaring Angkat
Jaring angkat adalah suatu alat pengkapan yang cara pengoperasiannya dilakukandengan menurunkan dan mengangkatnya secara vertikal. Alat ini terbuat dari nilon yangmenyerupai kelambu, ukuran mata jaringnya relatif kecil yaitu 0,5 cm. Bentuk alat inimenyerupai kotak, dalam pengoperasiannya dapat menggunakan lampu atau umpansebagai daya tarik ikan. Jaring ini dioperasikan dari perahu, rakit, bangunan tetap ataudengan tangan manusia. Alat tangkap ini memiliki ukuran mesh size yang sangat kecildan efektif untuk menangkap jenis ikan pelagis kecil. Kecenderungan jaring angkat bersifat destruktif dan tidak selektif. Contoh jaring angkat adalah bagan perahu atau rakit(boat / raft lift net), bagan tancap (bamboo platform lift net), dan serok (scoop net).
6
.
 
Alat Pancing
Pancing adalah salah satu alat penangkap yang terdiri dari dua komponen utama,yaitu : tali (line) dan mata pancing (hook). Jumlah mata pancing berbeda-beda, yaitumata pancing tunggal, ganda, bahkan sampai ribuan. Prinsip alat tangkap ini merangsangikan dengan umpan alam atau buatan yang dikaitkan pada mata pancingnya. Alat ini pada

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Agoes Swagger liked this
Muhammad Alfid liked this
Andi Amri added this note
dimana lagi bos
oseanik liked this
Naufa Muna liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->