Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah sosiologi sastra

makalah sosiologi sastra

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 2,440 |Likes:
Published by hasnun_152

More info:

Published by: hasnun_152 on Dec 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/18/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Karya sastra adalah sebuah hasil ciptaan manusia yang mengandung nilai keindahan yangtinggi karena semua bentuk dari karya sastra dibuat berdasarkan dengan hati dan pemikiran yang jernih atau dengan kata lain karya sastra adalah cerminan dari hati seseorang dalam hal ini pengarang. Sehingga dalam memaknai suatu karya sastra memerlukan banyak pertimbangandalam menentukan apa maksud dan tujuan dari karya sastra ini dengan kata lain bahwa suatukarya sastra adalah dunia kemungkinan, jadi jika pembaca berhadapan dengan sebuah karyasastra, maka pembaca akan dihadapkan dengan banyak kemungkinan atas suatu penafsiran.Secara utuh karya sastra terbagi atas tiga macam, yakni puisi, prosa dan drama. Ketiga jenis karya sastra tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda, namun ketiganya juga memilikikesamaan yang tidak bisa terpisahkan, yakni sama-sama memiliki makna yang terpendam jauh didalam sehingga tidak tampak jelas jika kita melihatnya secara kasat mata, kasat mata yangdimaksud adalah cara memaknai sebuah karya sastra tanpa mengacu pada sebuah pendekatanatau teori-teori sastra.Oleh karena itu, untuk memaknai sebuah karya sastra tentunya harus digunakan danmengacu pada sebuah pendekatan, ibaratnya jika ingin memotong sesuatu tentunya kita harusmenggunakan alat pemotong bukan alat transportasi.Dalam makalah singkat ini akan dianalisis sebuah karya sastra yang berjenis drama. Dandrama yang akan dianalisis adalah drama yang berjudul ³Sebelum Sembahyang´ karya Kecuk Ismadi C.R. Adapun pendekatan yang akan digunakan adalah penulis akan menggunakan sebuah
 
 pendekatan yang disebut pendekatan sosiologi sastra dan untuk lebih mendetailkan hasil analisis, penulis akan menggunakan pendekatan sosiologi sastra yang mengacu pada sosiologi karyasastra.Diharapkan dari hasil analisis ini akan tercipta sebuah literatur yang bisa berguna bagi pembaca nantinya mengenai pendekatan sosiologi dan menambah pengetahuan bagi pembacamakalah ini nantinya.
B.
 
Rumus
an Ma
s
alah
 Dalam menganalisis sebuah karya sastra, tentunya penulis selaku pelaku analisis akandihadapkan dengan berbagai masalah akan penafsiran yang ada pada suatu karya sastra yangdalam hal ini adalah drama ³Sebelum Sembahyang´ karya Kecuk Ismadi C.R. Oleh karena itu,dalam menganalisis penulis tentunya akan berhadapan dengan masalah-masalah mengenai pemaknaan dan penafsiran naskah drama ³Sebelum Sembahyang´ karya Kecuk Ismadi C.R.Adapun masalah yang akan dibahas oleh penulis dalam makalah ini adalah:1.
 
Menentukan konflik sosial yang terdapat dalam naskah drama ³Sebelum Sembahyang´karya Kecuk Ismadi?2.
 
Menentukan apakah hubungan antara konflik yang terdapat dalam naskah dengankenyataan dalam masyarakat?
C
.
 
T
uju
an
Alasan-alasan yang telah dikemukakan pada latar belakang merupakan faktor pendorongdibuatnya makalah ini dan setelah mengungkapkan masalah dalam makalah ini, maka tentunya penulis memiliki tujuan yang ingin dicapai dalam membuat makalah ini. Sebagaimana yang telah
 
disebutkan dalam poin B yakni terdapavt masalah, maka sehubungan dengan itu penulis inginmenyelesaikan masalah tersebut. Adapun tujuannya adalah sebegai berikut:1.
 
Untuk mengetahui konflik yang terdapat dalam naskah drama, dalam hal ini masalahyang diangkat oleh pengarang untuk disampaikan pada pembaca.2.
 
Untuk menentukan hubungan atau korelasi antara konflik dengan kenyataan yang adadalam kehidupan.
D. Manfaat
Adapun dalam membuat suatu hasil analisis dalam hal ini menganalisis suatu karya sastratentunya secara otomatis memiliki manfaat yang akan didapat, baik itu untuk penulis maupununtuk pembaca makalah ini nantinya. Manfaat yang akan didapat setelah pembuatan makalah ini,yakni:1.
 
Dengan diketahuinya konflik yang terdapat dalam naskah drama, maka kita sebagai pembaca tentunya akan mendapat cerminan diri dari naskah drama ini dan akan membuatkita untuk melakukan introspeksi terhadap diri sendiri.2.
 
Setelah mengetahui hubungan yang terdapat antara konflik yang terdapat dalam drama,maka sebagai pembaca kita akan mengetahui maksud dan tujuan dari pengarang dalammembuat naskah tersebut.

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Delfa Alfonso liked this
good bget
Lis Eko liked this
Edi Saputra liked this
Rama Ramdan liked this
Abdul Cholik added this note
fgfgg
LUCKYPURPLE7 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->