Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Analisis Sepasang Merpati Tua

Analisis Sepasang Merpati Tua

Ratings: (0)|Views: 645 |Likes:
Published by hasnun_152
ANALISIS DRAMA SEPASANG MERPATI TUA
ANALISIS DRAMA SEPASANG MERPATI TUA

More info:

Published by: hasnun_152 on Dec 14, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR 
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan jasmanidan rohani kepada penulis guna menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.Makalah ini dimungkinkan ada berkat bantuan dari dosen mata kuliah kajian drama.Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada semua yang tak bisa saya sebut satu persatu yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini dengan hasil yagdapat memuaskan bagi saya walaupun mungkin bagi orang lain makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Ucapan terakhir untuk pembaca karena telaah ini masihterdapat kekurangan yang perlu disepurnakan, karenanya penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna kesempurnaan tulisan ini.Kendari, 11 April 2009
 
1.
PENDAHULUAN
1.1.
LATAR BELAKANG
D
rama adalah sebuah karya sastra yang dibuat dengan tujuan untuk dipentaskan. Seperti karya-karya sastra yang lain, drama juga terdiri dari berbagaiunsur yang membentuknya yang dalam unsur-unsur tersebut terdapat tanda-tandayang bisa menjadi petunjuk bagaimana sebenarnya cerita dalam drama tersebut.
D
rama yang dilihat sebagai sebuah karya sastra, memiliki tanda-tanda yangdapat dianalisis dengan menggunakan pendekatan semiotik yang merupakan pendekatan yang melihat tanda-tanda yang ada dalam sebuah karya sastra.
D
alammakalah ini akan dianalisis sebuah naskah drama dengan menggunakan pendekatansemiotik Preminger yang melihat tanda-tanda pemaknaan dengan dua tingkatan, yaknitingkat pertama melihat tanda-tanda yang berada dalam karya tersebut, seperti kata-kata yang memberikan sebuah petunjuk mengenai karya tersebut atau semacamnya.Kemudian pada pemaknaan tingkat kedua pemaknaan dilihat dengan mengambiltanda-tanda yang berasal dari luar karya sastra tersebut atau dengan kata lainmengambil hubungan yang berada dalam sebuah karya sastra dengan dunia luar yangmenjadi kenyataan.Adapun perlunya analisis seperti ini yaitu dengan diketahuinya tanda-tandayang ada dalam naskah yang pada penelaahan ini akandianalisis naskah drama yang berjudul ³Sepasang Merpati Tua´, maka bisa diketahui apa yang menjadi pengantar dalam menentukan apa isi dari cerita yang ada dalam naskah tersebut. Selain itudengan menentukan pemaknaan tingkat kedua pada naskah yang dianalisis, maka kitadapat mengetahui apa yang ingin dikatakan oleh pengarang dalam menulis naskahtersebut baik tema maupun amanat yang ada dalam naskah yang ingin disampaikankepada orang lain. Oleh karena itu dengan mengetahui tanda-tanda yang terdapat baik di dalam maupun yanag ada di luar teks, maka kita juga dapat mengetahui hal-hal lainyang berasal dari luar yang berhubungan dengan naskah drama.
 
1.2.
RUMUSAN MASALAH
D
alam penelaahan naskah drama ³Sepasang Merpati Tua" ini terdapat duamasalah yang akan dibahas. Adapun masalah yang akan dibahas adalah1.
 
Menentukan tanda-tanda yang ada dalam naskah drama dengan menggunakanmetode semiotik Preminger yaitu dengan teknik pemaknaan tingkat pertama.2.
 
Menentukan tanda-tanda yang berada di luar teks yang berhubungan dengan penceritaan dalam naskah drama dengan menggunakan metode semiotik Preminger yaitu dengan teknik pemaknaan tingkat kedua.
1.3.
TUJUAN
D
alam menganalisis sebuah karya sastra, yang menjadi tujuan utama adalahdengan mengetahui maksud maksud dari pengarang yang dilihat melalui isi suatukarya sastra yang dianalisis. Adapun dalam tujuan dalam menganalisis naskah drama³Sepasang Merpati Tua´ ini adalah tidak berbeda dari tujuan dalam menganalisiskarya sastra yang lain yaitu untuk mengetahui apa arti dan makna yang dimaksud olehsi pengarang dalam membuat naskah tersebut.
1.4.
MANFAAT
Setelah menganalisis suatu karya sastra tentunya kita akan mengetahui apamakna yang ada dibalik suatu karya tersebut.
D
engan menganalisis naskah drama³Sepasang Merpati Tua´ dengan menggunakan pendekatan semiotik Preminger, makakita akan mengetahui apa arti dari tanda-tanda yang terdapat dalam naskah dramatersebut yang dapat memberi petunjuk tentang makna yang terkandung dalam naskahyang tentunya merupakan suatu refleksi dari jiwa pengarang yang merupakangambaran dari dunia nyata yang dapat memberi pengajaran pada para pembaca dalammemaknai kehidupan yaitu kita bisa belajar cara mempertahankan hubungan antarasesama manusia agar tetap baik seperti yang ditunjukkan dalam naskah drama³Sepasang Merpati Tua´ yang mengisahkan tentang dua pasang suami istri yangselalu rukun sampai menginjak masa tua dimana mereka terus mempertahankanhubungan perkawinan mereka dengan penuh kemesraan.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anggi Dwi R liked this
dhy09 liked this
bojes liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->