Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teratai Dan Fungsinya Buat Obat

Teratai Dan Fungsinya Buat Obat

Ratings: (0)|Views: 649|Likes:
Published by Michael Edward
Mamfaat Bunga Terai Buat Pengobatan
Mamfaat Bunga Terai Buat Pengobatan

More info:

Published by: Michael Edward on Dec 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/31/2012

pdf

text

original

 
TERATAI
(Nelumbium nelumbo Druce)
 Sinonim : = Nelumbiurn nuciferum, Gaertn. = N. speciosum, Wilid. =Nelumbo nucifera, Gaertn. = Nyrnphaea nelumbo, Linn.Familia : NymphaeaceaeNama Lokal :Padma, seroia, terate, tarate, taratai besar.Uraian
Tanaman air menahun yang indah, asli dari daratan Asia. Teratai dibudidayakan di perairan dankolam, kadang ditemukan tumbuh liar di rawa-rawa. Tanaman air yang tumbuh tegak. Rimpangtebal bersisik, tumbuh menjalar. Daun dan bunga keluar langsung dari rimpangnya yang terikatpada lumpur di dasar kolam. Helaian daun lebar dan bulat, disangga oleh tangkai yang panjangdan bulat berdiameter 0,5-1 cm, panjangnya 75-150 cm. Daun menyembul ke atas permukaanair, menjulang tegak seperti perisai. Permukaan daun berlilin; warnanya hijau keputihan, tepi rata,bagian tengah agak mencekung, tulang daun tersebar dari pusat daun ke arah tepi, diameter 30-50 cm. Bunganya harum, tumbuh menjulang di atas permukaan air dengan tangkai bulat panjangdan kokoh, panjang tangkai bunga 75-200 cm. Diameter bunga 15-25 cm, benang sari banyakkepala sari kuning, mahkota bunga lebar, ada yang engkel dan ada yang dobel dengan warnamerah jambu, putih dan kuning. Bunga mekar sehari penuh dari pagi sampai sore hari. Setelahlayu, mahkota bunga berguguran sampai akhirnya tersisa dasar bunga yang akan menjadi bakalbuah, bentuknya seperti kerucut terbalik dengan permukaan datar semacam spons danberlubang-lubang berisi 15-30 biji, warnanya hijau kekuningan, kemudian hijau dan akhirnyacoklat hitam, garis tengah 6-11 cm. Biji bentuknya bulat seperti kacang tanah, terdapat dalamlubang-lubang buah yang berbentuk seperti sarang tawon. Biji yang sudah tua warnanya hijaukehitaman, umurnya kira-kira 1 bulan sejak bunganya mekar. Daunnya biasa dipakai sebagaibahan pembungkus, rimpang muda dan biji bisa dimakan. Pemeluk agama Budha menganggapbunga ini sebagai lambang kesucian, tercermin dalam berbagai lukisan dan patung yangmenggambarkan Sang Budha sedang duduk bersemedi di atas bunga teratai.
Penyakit yang Dapat di Obati :
Diare, disentri, keputihan, kanker nasopharynx, demam, insomnia; Hipertensi, muntah darah,
 
mimisan, batuk darah, sakit jantung; Beri-beri, sakit kepala, berak dan kencing darah, anemia,ejakulasi.
Pemamfaatan :BAGIAN YANG DIPAKAI:
Seluruh tanaman. Rimpang, daun dan tangkai, bunga dan benang sari, biji dan penyangga bungayang seperti sarang tawon/spons (reseptacle), serta tunas biji. Pemakaian segar atau yang telahdikeringkan.
KEGUNAAN:
Biji:- Gangguan penyerapan makanan (malabsorbtion).- Diare karena badan lernah, radang usus kronis (enteritis kronis).Disentri.- Muntah-muntah.- Keputihan, perdarahan pada wanita.- Mimpi basah (spermatorrhea).- Susah tidur, banyak mimpi.- Kencing terasa sakit dan keruh.- lesu tidak bersemangat (neurasthenia).- Kanker nasopharynx.Tunas biji teratai:- Demam, rasa haus.- Jantung berdebar, gelisah.- Muntah darah.- Ejakulasi dini.- Mata merah dan bengkak.- Susah tidur (insomnia).- Darah tinggi (hipertensi).Banang sari:- keluar sperma malam hari (sperrnatorrhea).- Keputihan (leucorrhea).- Perdarahan seperti muntah darah, disentri.- sering kencing.- Tidak dapat menahan kencing (enuresis).Remptacle:- Perdarahan kandungan yang berlebihan.- Darah haid berlebihan.- Perdarahan sewaktu hamil.- Keluar cairan (lochia) yang berlebihan setelah melahirkan.- Sakit perut bawah akibat sumbatan darah.- Berak darah, kencing darah.- Wasir, koreng basah.Rimpang:- Demam, rasa haus.- Batuk darah, muntah darah, mimisan.- Berak darah, kencing darah. Tekanan darah tinggi.- Sakit jantung.- Gangguan lambung.- Kurang darah (anemia).
 
- Gangguan pada mati haid (menopause).- Neurosis.Akar:- Muntah darah, mimisan.- Kencing panas dan merah.- Batuk darah, berak darah.Daun:- Pingsan karena hawa panas (heat stroke).- Diare karena panas atau lembab.- Pusing, sakit kepala.- Beri-beri.- Perdarahan seperti mimisan, muntah darah, berak darah.- Perdarahan pada wanita.Dasar daun:- Disentri berdarah, diare.- Bayi dalam kandungan tidak tenang.Batang:- Heat stroke, pingsan.- Dada terasa tertekan karena panas atau lembab.- Diare, muntah.- Keputihan.Bunga:- Terpukul (trauma).- Perdarahan.- Radang kulit bernanah (impetigo).Tepung rimpang:- Menambah selera makan,- Badan lemah dan kurang darah.- Diare.PEMAKAIAN:Untuk minum:Rimpang: 240 g. Direbus atau di juice.Daun: 5-12 g, rebus.Tangkai: 3-5 g, rebus.Bunga. 3-5 g, rebus.Benang sari: 3-10 g, rebus.Receptacle: 10-15 g, rebus.Biji: 5-12 g, rebus.Tunas biji teratai: 1,5-3 g, rebus.CARA PEMAKAIAN:1. Batuk darah, muntah darah:Rimpang teratai dicuci bersih lalu dijuice, sampai terkumpul 1 gelasukuran 200 cc. Minum, lakukan selama 3-5 hari berturut-turut.2. Muntah, diare :50 g rimpang teratai dan 15 g jahe dicuci lalu dijuice atau diparut,ambil airnya. Minum, sehari 3 kali.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->