Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah evaluasi

makalah evaluasi

Ratings: (0)|Views: 82 |Likes:
Published by icha_art13

More info:

Published by: icha_art13 on Dec 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2013

pdf

text

original

 
RISKA RISMAYANTI09207244023PSKR GBAB IPENDAHULUANA. LATAR BELAKANGSalah satu komponen yang menjadi sasaran peningkatan kualitas pendidikan adalahsistem pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran ini merupakan tanggungjawab guru dalammengembangkan segala potensi yang ada pada siswa. Tujuan pokok proses pembelajaranadalah untuk mengubah tingkah laku siswa berdasarkan tujuan yang telah direncanakan dandisusun oleh guru sebelum proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Perubahantingkahlaku itu mencakup aspek intelektual.Ketika proses pembelajaran dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku siswa, peran penilaian dalam proses pembelajaran menjadisangat penting. Penilaian dalam proses pembelajaran merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menganalisa dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaiantujuanpembelajaran.Sebagai bagian yang sangat penting dari sebuah proses pembelajaran, penilaian dalam proses pembelajaran hendaknya dirancang dan dilaksanakanoleh guru. Dengan melakukan penilaian ketika melaksanakan proses pembelajaran, guru akandapat mengetahui tingkat keberhasilan proses pembelajaran dan akan memperoleh bahanmasukan untuk menentukan langkah selanjutnya. Dengan demikian, keefektifan suatu proses pembelajaran banyak ditentukan oleh peran penilaian dalam proses pembelajaran itu sendiri.Furqon (1999) menyatakan bahwa penilaian sebagai salah satu komponen utama proses pembelajaran harus dipahami, direncanakan dan dilaksanakan dalam upaya mendukungkeberhasilan peningkatan mutu proses pembelajaran. Mengingat hal tersebut, perlu dilakukan penilaian dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan berkesinambungan sebagaialat pemantau tentang keefektifan proses belajar serta kemampuan siswa belajar. Penilaiandalam proses pembelajaran merupakan bagian penting dari proses pembelajaran, karena itu
 
hendaknya dilakukan oleh guru agar dapat memperoleh informasi proses kemajuan belajar siswa dan informasi keefektifan pembelajaran yang sedang berlangsung. Guru yang hanyamengutamakan penilaian hasil tidak akan mendapatkan informasi yang akurat tentang siswayang benar-benar memahami materi dan siswa yang kurang memahami. Siswa yang dapatmenjawab dengan benar suatu persoalan, belum tentu mengetahui bagaimana mendapatkan jawaban tersebut. Penilaian dalam proses pembelajaran lebih dapat berfungsi memberikaninformasi tentang siswa yang sudah memahami materi atau yang belum. Penilaian ini berkesinambungan dengan penilaian hasil artinya hasil penilaian dalam proses pembelajaranakan memberikan sumbangan positif terhadap penilaian hasil. Dengan demikian perludiupayakan agar guru melakukan penilaian dalam proses pembelajaran disamping melakukan penilaian hasil belajar.B. RUMUSAN MASALAHBerdasarkan latar belakang di atas, disini kami merumuskan beberapa masalah yaitu:1.Apakah pengertian evaluasi dan evaluasi pembelajaran?2.Apakah sasaran evaluasi pembelajaran?3.Bagaimanakah peranan evaluasi pembelajaran?C. MANFAATManfaat yang dapat dipetik dari tujuan di atas adalah:1. Dapat memberi gambaran tentang peranan evaluasi dalam pembelajaran dengan demikiandiharapkan dapat memberi arti penting sebuah evaluasi itu sendiri.2. Agar kita dapat memberikan evaluasi yang benar nantinya.
 
BABIIPEMBAHASANA. PENGERTIAN EVALUASI PEMBELAJARANEvaluasi pembelajaran merupakan penilaian kegiatan dan kemajuan belajar mahasiswayang dilakukan secara berkala berbentuk ujian, prak-tikum, tugas, dan atau pengamatan olehdosen. Bentuk ujian meliputi ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan ujian tugasakhir. Pembobotan masing-masing unsur penilaian ditetapkan dengan kesepakatan antaradosen pembina matakuliah dan mahasiswa berdasarkan silabus matakuliah yang diatur dalam pedoman akademik masing-masing fakultas/program studi setara fakultas dan program pascasarjana.Suatu matakuliah (kecuali matakuliah seminar, kuliah kerja, magang, praktek lapangan, dan tugas akhir) boleh diujikan pada akhir semester apabila jumlah pertemuan/tatap muka sekurang-kurangnya 80% dari total tatap muka. Mahasiswa dapatmengikuti ujian akhir semester apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:1.
 
kehadiran  75% dari jumlah tatap muka untuk setiap matakuliah yang diprogram,kecuali ada alasan yang dapat dipertanggungjawabkan; dan2.
 
memenuhi ketentuan lain yang ditetapkan oleh fakultas/program studi setara fakultas.Mahasiswa diperkenankan mengikuti ujian susulan apabila sakit atau melaksanakan tugasdari institusi. Prosedur ujian susulan sebagai berikut:1.
 
mahasiswa mendaftar ujian susulan secara on-line dan mencetak formulir persetujuan(F1) dari SIAKAD serta melampirkan surat dokter atau surat tugas;2.
 
mahasiswa meminta persetujuan kepada dosen pengampu/pembina matakuliah denganmembawa formulir Permohonan Ujian Susulan (F1);3.
 
mahasiswa menyerahkan formulir persetujuan ujian susulan yang telah ditandatanganioleh dosen pengampu/pembina matakuliah kepada Operator Program Studi/Jurusan untuk dimintakan persetujuan Ketua Jurusan;

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->