Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Profil Badan Lainnya Dalam Keuangan Negara

Profil Badan Lainnya Dalam Keuangan Negara

Ratings: (0)|Views: 1,336 |Likes:
Published by Ahmad Abdul Haq
Dalam rangka penyajian informasi yang memadai tentang Badan Lainnya Dalam Keuangan Negara, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Ditjen Perbendaharaan telah menyusun Profil Badan Lainnya Dalam Keuangan Negara.
Dalam rangka penyajian informasi yang memadai tentang Badan Lainnya Dalam Keuangan Negara, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Ditjen Perbendaharaan telah menyusun Profil Badan Lainnya Dalam Keuangan Negara.

More info:

Published by: Ahmad Abdul Haq on Dec 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

 
Kementerian Keuangan Republik IndonesiaDirektorat Jenderal PerbendaharaanDirektorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
PROFILBADANLAINNYADALAMKEUANGANNEGARA
Gedung Prijadi Praptosuharjo IIIJalan Budi Utomo No. 6Jakarta PusatTelp./Fax. : 021-3800275, 021-3520028
 
PENGANTAR 
Undang- Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara mengatur ruanglingkup Keuangan Negara termasuk dari pendekatan obyek dan subyek. Keuangan Negaradari sisi obyek meliputi semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang,termasuk kebijakan dan kegiatan dalam bidang fiskal, moneter, dan pengelolaan kekayaannegara yang dipisahkan, serta segala sesuatu baik berupa uang, maupun barang yang dapatdijadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut.Keuangan Negara dari sisi subyek meliputi seluruh obyek sebagaimana tersebut di atas yangdimiliki negara dan/atau dikuasai oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, PerusahaanNegara/Daerah, dan badan lain yang ada kaitannya dengan Keuangan Negara.Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negaramengamanatkan Menteri/Pimpinan Lembaga selaku Pengguna Anggaran menyelenggarakanakuntansi atas transaksi keuangan aset, utang, dan ekuitas dana, termasuk transaksipendapatan dan belanja, yang berada dalam tanggung jawabnya. Akuntansi tersebutdigunakan untuk menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Pusat sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. Laporan Keuangan tersebut merupakan bentupertanggungjawaban Menteri/Pimpinan Lembaga atas pelaksanaan anggaran yang beradadalam penguasaannya kepada Presiden yang disampaikan melalui Menteri Keuangan.Dalam operasional pelaksanaan anggaran dan kegiatan untuk mencapai tujuanKementerian/Lembaga, Pengguna Anggaran tersebut mendelegasikan kewenangannyakepada Kuasa Pengguna Anggaran. Secara kelembagaan, Pengguna Anggaran melekat kedalam jabatan Menteri/Pimpinan Lembaga yang ada di Pemerintah Pusat, sementara KuasaPengguna Anggaran melekat pada pimpinan unit vertikal yang secara struktural berada di bawah Kementerian/Lembaga.Selain Kementerian/Lembaga yang diuraikan di atas, terdapat Badan Lainnya yangmenggunakan dana dari APBN, tetapi badan tersebut tidak berada secara struktural dalamkelembagaan Pemerintah Pusat, misalnya Lembaga Non Struktural, Yayasan Pemerintah,dan Badan Hukum Milik Negara. Badan lainnya tersebut dibentuk pemerintah untuk mendukung fungsi Kementerian/Lembaga atau membantu pemerintah menangani masalah yang belum bisa dilaksanakan dan diselesaikan oleh lembaga negara formal, dapat terdiridari unit-unit yang independen dari Kementerian/Lembaga dan kelembagaan yang bersifat
ad hoc
atau tetap. Nomenklatur Badan Lainnya tersebut antara lain akademi, badan, dewan,komisi, komite, konsil, korps, lembaga, otorita, dan unit kerja.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->