Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PUSTAKA SUCI VEDA

PUSTAKA SUCI VEDA

Ratings: (0)|Views: 373 |Likes:
Published by Gung Ngara

More info:

Published by: Gung Ngara on Dec 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/09/2013

pdf

text

original

 
PUSTAKA SUCI VEDA
I. ASAL-USUL VEDA1. Veda berarti pengetahuan. Veda berasal dari dan disabdakan oleh Tuhan YME. Veda sendiri menyatakan sbb.
a. RG, YAJUR, SAMA DAN ATHARVA VEDA DAN ITIHASASEMUANYA KELUAR (BERASAL) DARINAFAS KEBENARAN MUTLAK, TUHAN YME (BRHAD-ARANYAKA UPANISAD2.4.10).b. BRAHMAKSARA-SAMUDBHAVAM, PENGETAHUAN VEDA LANGSUNG DI WEJANGKAN OLEHTUHAN YME (BG.3.15)
2. Karena itu, Veda bersifat mutlak (absolut), benar dengan sendirinya (self-authoritative),apauruseya(bukan buatan manusia) dan berhakekat menga-tasi hal-hal duniawi (transendental).3. Veda disabdakan oleh Tuhan Krishna kepada Brahma sebelum alam mate-terial tercipta (Yo brahmanam vidadhati purvam yo vai vedam ca gapayatisma krsnah-Atharva-veda. Tene brahma hrdaya adi kavaye-Bhag. 1.1.1).4. Kemudian Brahma mengajarkan Veda tersebut kepada putra-putranya yak-ni para Rishi. Selanjutnya melalui proses menurun (deduktip) yang disebutparampara dalam garis perguruan (sampradaya) resmi, para Rishiitu me-ngajarkan Veda kepada murid-muridnya (perhatikan Bg.4.2).
 
5. Demikianlah melalui proses deduktip (parampara) pengetahuan Veda ak-hirnya menyebar di masyarakat manusia.II. TUJUAN VEDA1. Tujuan pustaka suci Veda adalah mem-bimbing umatmanusia menuju kehidupan damai dan sejahtera di du-nia fana (jagadhita) dan mencapai mukti, kelepasan da-ri derita kehidupan material dunia fana yang selalu menyengsarakan.2. Untuk mencapai tujuan ini, Veda menyajikan pengetahuan spiritual supayasetiap orang insyaf diri dan mengerti ³kebenaran´ bahwa hidup di dunia fa-na adalah samsara, penderitaan.3. Ada 4 (empat) derita utama di dunia fana yaitu: Kelahiran (jan-ma), usia tua (jara), penyakit (vyadhi) dan kematian (mrtyu-Bg13.9). Disamping itu, dalam kehidupan sehari-hari setiap orangselalu didera oleh 3 (tiga) macam derita rutin yaitu: a.Adhyat-ma-klesa, derita yang imbul dari badan dan pikiran. b. Adhiba-utika-klesa, derita yang disebabkan oleh makhluk lain, dan c.Adhidaivika-klesa, derita akibat bencana alam.4. Karena itu Tuhan Krishna berulang-kali menyatakan, ³Duhkhalayam asas-vatam, alam fana adalah tempat sementara penuh duka (Bg.8.15). Anityamasukam lokan, alam fana adalah tempat tidak kekal dan menyengsarakan(Bg. 9.33). Abrahma bhuvanal lokah punar..., dari planet tertinggi Brahma-
 
loka sampai planet terbawah (Patala-loka) di alam material adalah tempatmenyengsarakan (Bg.8.16)´.5. Jadi masalah kehidupan manusia adalah janma(kelahiran), klesa(berbagaiderita rutin), jara(usia-tua), vyadhi(penyakit) dan kematian (mrtyu). Semuamasalah ini tidak bisa diatasi dengan cara-cara material apapun kecuali de-ngan hidup sesuai petunjuk Veda.III. TUJUAN VEDA DISALAH MENGERTI1. Oleh karena secara tegas menyatakan bahwa alammaterial adalah tempat derita dan mewajibkan seti-ap orang menjauhi kehidupan duniawi dengan hi-dup sebagai sannyasimenjelang usia tua, maka para sarjana dan pilosof materialistik menuduh bahwa Veda mengajarkan paham pesimistik, meng-anjurkan hidup pasrah yang mencelakakan dan menolak kehidupan mate-rial secara bodoh.2. Veda tidak mengajarkan hal-hal seperti itu, tetapi menga- jarkan agar orang berjuang keras untuk mencapai kehidu-pan bahagia kekal-abadi di dunia rohani Vaikuntha-loka.3. Menurut Veda, kehidupan sebagai manusia adalah kesem-patan amat baik untuk mengatasi segala macam derita ma-terial dan mencapai kemenangan atas kematian dengan memanfaatkan pe-ngetahuan Veda dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muhammad Shofwan liked this
Ekha Quall liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->