Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kamera

kamera

Ratings: (0)|Views: 482|Likes:
Published by Bayu Fakozux'e

More info:

Published by: Bayu Fakozux'e on Dec 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/03/2013

pdf

text

original

 
Kegitan Belajar 1
SEJARAH FOTOGRAFI
1.1Pendahuluan
Selamat berjumpa pada modul ini dalam kegiatan belajar 1. pada kegiatan belajar ini akan diuraikan mengenai sejarah fotografi sebagai uraian awalsebelum Anda mempelajari uraian selanjutnya agar Anda dapat lebih memahamifotografi dengan baik. Apakah Anda sudah siap mengikutinya, jika Anda sudahsiap Anda dapat membacanya dengan seksama uraian kegiatan belajar ini.
Tujuan Instruksional Umum
Setelah mempelajari modul kegiatan 1 ini diharapkan Anda memahami sejarahfotografi dan mengetahui bagaimana awalnya perkembangan fotografi dengan benar.
Tujuan Instruksional Khusus
Dengan modul kegiatan belajar 1 ini Anda diharapkan dapat memahami hal – hal sebagai berikut :
Asal mula fotografi.
Kamera yang telah dihasilkan.
Bahan peka dalam memotret.
Tokoh – tokoh dalam fotografi.Untuk itu Pelajarilah kegiatan belajar ini dengan baik. Selamat mengikuti Uraian berikut ini.
1.2Uraian1.2.1 Asal Mulanya
Fotografi seperti yang kita kenal sekarang adalah hasil dari penemuan. Yang pertama dalam bidang ilmu alam menghasilkan kamera, yang kedua dalam bidangkimia menghasilkan film. Asal mulanya kedua penemuan itu tidak ada hubungannyasatu sama lain dan sebelum masing – masing sampai kepada kesempurnaannyaModul Perkuliahan Fotografi1
 
seperti yang telah kita kenal sekarang serta melahirkan penemuan baru yaitufotografi, telah panjang yang ditempuh baik oleh kamera maupun oleh film.
1.2.1.1 kamera Obscura
Berabad – abad yang lalu orang telah mengetahui bahwa kalau cahaya lurus darisebuah lobang kecil kedalam sebuah ruangan yang gelap maka pada dindingdihadapannya kelihatan bayangan dari apa yang ada dimuka lubang itu. Hanyadalam keadaan terbalik, yang diatas kebawah dan sebaliknya. Ruangan seperti itudisebut “ Kamera Obscura “ yang artinya tidak lain dari pada kamar gelap. Dari perkataan kamera obcura itulah lahir perkataan kamera, nama yang diberikan untuk alat pemotret.Inilah yang mula – mula disebut Kamera Obscura ( kamera = kamar, Obscura =gelap ), yaitu sebuah ruangan yang gelap dengan lubang kecil pada salah satudindingnya.Siapa yang mula mula membuat kamera obscura berupa alat untu“menangkapbayangan tidak dapat dipastika. Banyak ilmuwan yang padazamannya menulis tentang alat itu termasuk Ibnu al Haitam, Roger Bacon,Copernicus, Kepler, Leonardo da Vinci, Newton dan Descartes. Giovanni BattistaDella Porta adalah orang pertama yang melengkapi alat kamera obscura dengansebuah lensa sederhana.
1.2.1.2 Pinhole Kamera
Dalam bentuknya yang paling sederhana, alat untuk memotret berupa sebuahkotak yang tertutup dengan sebuah lubang pada salah satu dindingnya. Dalam bahasa aslinya kamera ini disebut “ Pinhole Camera “ yang artinya lubang jarum.Pada pinhole kamera tidak terdapat lensa melainkan lubang sebesar ujung jarum.Lubang yang kecil itulah yang meluluskan cahaya untuk penyinaran.Modul Perkuliahan Fotografi2
 
Gambar menunjukan sebuah pinhole kamera dengan lubang sebesar ujung jarumuntuk meluluskan cahaya penyinaran. Yang menjulur ke bawah gunanya untuk menutup lubang.
1.2.1.3 Bahan Peka
Apakah anda mengetahui bahan apa yang digunakan dalam memotret. Yang pasti apapun kamera yang digunakan, yang sederhana atau yang mutakhir, kita tidak dapat memotret. Bila perak nitrat dicampur kapur lalu terkena cahaya akan berubah,mula – mula merah tua lalu lembayung biru. Dengan menyinari campuran itu padacahaya maka memotret kalau tidak ada bahan yang peka akan cahaya. Kalau bahan peka itu seperti yang terdapat pada film sekarang telah disinari dan kemudian dicuci, bahan peka itu menghasilkan negatif. Dari negatif dicetak gambar positif yang bernama foto. Baik pada negatif maupun pada foto, gambar hitam-putih dibentuk oleh berjuta-juta butir perak logam.Adapun bahan kimia yang peka akan cahaya sudah diketahui orang sebelumabad ke 12 Zuber seorang ahli kimia bangsa Arab telah menemukan perak nitratyang peka akan cahaya, kemudian Carl Wilhelm Scheele menemukan bahwa perak nitrat lebih cepat berubah bila kena sinar lembayung. Jadi pada waktu itu orangtelah mengetahui bahwa cahaya matahari dapat diuraikan melalui sebuah prisma.Sceele pula yang dapat menetapkan perubahan itu, sehigga tidak lenyap kembali,untuk itu dia menggunakan amoniak.Modul Perkuliahan Fotografi3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->