Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
31Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Peradangan

Makalah Peradangan

Ratings: (0)|Views: 6,246|Likes:
Published by Ridwan Onzhue

More info:

Published by: Ridwan Onzhue on Dec 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
Peradangan 
 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Radang (bahasa Inggris:
inflammation
) adalah rangkaian reaksi yang terjadi padatempat jaringan yang mengalami cedera, seperti karena terbakar, atau terinfeksi.Radang atau inflamasi adalah satu dari respon utama sistem kekebalan terhadapinfeksi dan iritasi. Inflamasi distimulasi oleh faktor kimia (histamin, bradikinin,serotonin, leukotrien, dan prostaglandin) yang dilepaskan oleh sel yang berperansebagai mediator radang di dalam sistem kekebalan untuk melindungi jaringansekitar dari penyebaran infeksi.Salah satu jenis radang yang paling sering terjadi adalah radang tenggorokan.Radang tenggorokan artinya tenggorokan menjadi merah, sakit dan mungkin agak membengkak (patio amandel). Sebesar 85% kasus radang tenggorokan pada bayi /anak disebabkan oleh infeksi virus sehingga tidak diperlukan antibiotik. Radangtenggorokan kerap pula menimbulkan keluhan serak hingga kesulitan bicara pada penderitanya. Pasalnya, radang sudah menyerang daerah pita suara. Ketika selaputlendir yang menutupi pangkal tenggorok bengkak, getaran pita suaaranya menjaditidak sempurna, meskipun otot-ototnya menggerakkan pita suara.Radang mempunyai tiga peran penting dalam perlawanan terhadap infeksi:1.
 
M
emungkinkan penambahan molekul dan sel efektor ke lokasi infeksi untuk meningkatkan performa makrofaga2.
 
M
enyediakan rintangan untuk mencegah penyebaran infeksi3.
 
M
encetuskan proses perbaikan untuk jaringan yang rusak.Respon peradangan dapat dikenali dari rasa sakit, kulit lebam, demam dll, yangdisebabkan karena terjadi perubahan pada pembuluh darah di area infeksi:1.
 
Pembesaran diameter pembuluh darah, disertai peningkatan aliran darah didaerah infeksi. Hal ini dapat menyebabkan kulit tampak lebam kemerahan dan penurunan tekanan darah terutama pada pembuluh kecil.
 
Peradangan 
 
2
2.
 
Aktivasi molekul adhesi untuk merekatkan endotelia dengan pembuluh darah.3.
 
Kombinasi dari turunnya tekanan darah dan aktivasi molekul adhesi, akanmemungkinkan sel darah putih bermigrasi ke endotelium dan masuk ke dalam jaringan. Proses ini dikenal sebagai ekstravasasi.Bagian tubuh yang mengalami peradangan memiliki tanda-tanda sebagai berikut:
y
 
tumor 
atau membengkak 
y
 
c
alor 
atau menghangat
y
 
olor 
atau nyeri
y
 
rubor 
atau memerah
y
 
 fun
c
tio laesa
atau daya pergerakan menurun
B.
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa Pengertian dari Peradangan2.
 
M
acam-macam Peradangan yang Sering Terjadi3.
 
Apa Gejala-gejala Peradangan4.
 
Cara
M
engurangi Peradangan
C
.
 
Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini yaitu agar pembaca dapat mengetahui pengertiandari Peradangan, macam-macam Peradangan yang sering terjadi, gejala-gejalaPeradangan, dan pembaca bisa mengetahui bagaimana caranya mengurangi peradangan.
 
Peradangan 
 
 3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Peradangan
Selama ini radang diartikan sebagai suatu keadaan akibat infeksi kuman. Radang/ inflamasi artinya merah, bengkak dan sakit. Selain karena infeksi kuman, radang juga bisa disebabkan oleh infeksi bukan kuman, misalnya karena kondisi sepertialergi, trauma, autoimun atau teething. Kesemuanya tidak dapat diobati denganantibiotik. Upaya terbaik mengatasi alergi adalah pencegahan, yaitu mengurangikemungkinan eksposur hal-hal yang bisa menimbulkan alergi (debu, karpet, binatang berbulu, mainan berbulu, AC, makan tertentu dengan pewarna, pengawet,Sea food .Salah satu jenis radang yang paling sering terjadi adalah radang tenggorokan.Radang tenggorokan artinya tenggorokan menjadi merah, sakit dan mungkin agak membengkak (patio amandel). Sebesar 85% kasus radang tenggorokan pada bayi /anak disebabkan oleh infeksi virus sehingga tidak diperlukan antibiotik. Radangtenggorokan kerap pula menimbulkan keluhan serak hingga kesulitan bicara pada penderitanya. Pasalnya, radang sudah menyerang daerah pita suara. Ketika selaputlendir yang menutupi pangkal tenggorok bengkak, getaran pita suaaranya menjaditidak sempurna, meskipun otot-ototnya menggerakkan pita suara.Cohnheim (1873) mempelajari peradangan pada lidah kodok. Dia melihat lekositmeninggalkan pembuluh darah kecil dan menjalar seperti gerakan amuba ke jaringan yang rusak (dan kepada bakteri). Pada peradangan bakteri terlihat padastadium awal permeabilitas kapiler yang bertambah yang disebabkan oleh bahanyang berasal dari jaringan yang rusak. Cairan dan protein merembes keluar darikapiler. Cairan akan mengencerkan bahan2 toksik yang berasal dari kuman,immunoprotein dari darah akan melumpuhkan kuman dan fibrin akan membentuk  benang halus yang menjadi jembatan bagi lekosit untuk sampai ketempat peradangan. Kemudian lekosit akan melekat pada dinding pembuluh darah dan

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
AzraShr liked this
Fauziah Zhi liked this
Fauziah Zhi liked this
Fauziah Zhi liked this
Hartanti Wardani liked this
Ami Zaturrahmi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->