Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Wawancara Manajemen Tl- Pt. Pindad

Laporan Wawancara Manajemen Tl- Pt. Pindad

Ratings: (0)|Views: 1,569 |Likes:
So, me and other members in our group made this report of our assignment. We Interview the management of the company (PT. PINDAD) , and we see from environmental perspective :)
So, me and other members in our group made this report of our assignment. We Interview the management of the company (PT. PINDAD) , and we see from environmental perspective :)

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Vera Yulia Rachmawaty on Dec 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/19/2014

pdf

text

original

 
STUDI MENGENAI MANAJEMEN PT. PINDAD
LAPORAN STUDI
Diajukan sebagai salah satu syarat kelulusan mata kuliah Manajemen TeknikLingkunganPada semester I tahun akademik 2010-2011
Ramces A. Hutasoit (12506Nodi Winata (12507002)M. Reza Firdaus (12507012)Vera Yulia Rachmawaty (12507014)Nimrod Kurniawan (12507016)Surya Adi Wijaya Kusuma (12507018)Irvan Aji Pratama (12507022)
PROGRAM STUDI TEKNIK LINGKUNGANINSTITUT TEKNOLOGI BANDUNGBANDUNG2010
 
I.
 
LATAR BELAKANG
PT. PINDAD merupakan salahsatu BUMN besardi bidang casting di Indonesia.PT.PINDAD adalah salah satu perusahaan besar di Indonesia yang memproduksi senjata.Dalam pemilihan PT. PINDAD sebagai objek penelitian, kami mempertimbangkankesinambungan jurusan kami (Metalurgi) dengan matakuliah yang sedang kami ambilyaitu Manajemen Teknik Lingkungan.Semua perusahaan besar tentu membutuhkan manajemen yang baik dan sehat.Sebagai perusahaan manufaktur yang menyediakan berbagai produk mesin sepertigenerator dan senjata untuk militer, PT. PINDAD telah sukses memproduksi berbagaisenjata ringan yang sudah digunakan TNI dan Polri. Oleh sebab itu, kami sangattertarik untuk melihatdan mempelajari sistem manajemen di PT. PINDAD.
II.
 
TUJUAN
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mempelajari sistem manajemen diPT. PINDAD. Selain itu, tujuan kami yang lain adalah untuk mengetahui aplikasi sistemmanajemen yang diajarkan di perkuliahan dalam dunia kerja. Dalam pembuatanmakalah ini, kami melihat sistem manajemen pada PT. PINDAD secara keseluruhan.
III.
 
METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang kami lakukan untuk meneliti sistem manajemen di PT.PINDAD adalah dengan wawancara danstudi literatur.
 
IV.
 
PEMBAHASAN1.
 
Sejarah Singkat
PT. PINDAD adalah Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia yang bergerakdalam bidang Produk Militer dan Produk Komersial. Kegiatan PT. PINDAD mencakupdesain dan pengembangan, rekayasa, perakitan dan fabrikan serta perawatan. Berdiripada tahun 1908 sebagai bengkel peralatan militer di Surabaya dengan nama ArtillerieConstructie Winkel (ACW), bengkel ini berkembang menjadi sebuah pabrik dansesudah mengalami perubahan nama pengelola menjadi Artillerie Inrichtingen (AI)kemudian dipindahkan lokasinya ke Bandung pada tahun 1923. Pada tahun 1942, dimasa penjajahan Jepang, namanya berganti menjadi Dai Ichi Kozo (DIK) dan padatahun 1947 berganti nama menjadi Leger Productie Bedrijven (LPB).Setelah kemerdekaan, Pemerintah Belanda pada tahun 1950 menyerahkanpabrik tersebut kepada Pemerintah Indonesia, dan pada tanggal 29 April 1950, yangselanjutnya diperingati sebagai hari jadi Perusahaan, pabrik tersebut diberi namaPabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT. PINDAD sekarang ini. Pada tahun1962 Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) berubah menjadi sebuah industri alat peralatanmiliter yang dikelola oleh Angkatan Darat, sehingga namanya menjadi PerindustrianAngkatan Darat (PINDAD).PT. PINDAD berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengannama PT. PINDAD (Persero) pada tanggak 29 April 1983, kemudian pada tahun 1989perusahaan ini berada dibawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS)yang kemudian pada tahun 1999 berubah menjadi PT. Prakarya Industri (Persero) dankemudian berubah lagi namanya menjadi PT. Bahana Prakarya Industri Strategis(Persero). Tahun 2002 PT. BPIS (Persero) dibubarkan oleh Pemerintah, dan sejak ituPT. PINDAD beralih status menjadi PT. PINDAD (Persero) yang langsung beradadibawah pembinaan Kementerian Negara BUMN (KN-BUMN).

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Candra Candcand liked this
Arifin Zaky liked this
Muhammad Aziz liked this
Deresyati Cicie liked this
gomblink liked this
Antonius Heru liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->