Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
66Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan KP Henra

Laporan KP Henra

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 3,723 |Likes:
Published by Henra Nainggolan

More info:

Published by: Henra Nainggolan on Dec 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2014

pdf

text

original

 
PT. Chevron Pacific Indonesia
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
 
BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang
Kebutuhan manusia terhadap energi yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan perkembangan teknologi yang semakin pesatmenyebabkan masalah energi selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas.Energi listrik hampir diperlukan oleh semua sektor, sehingga kebutuhan akanlistrik seakan sudah berpindah kedudukan menjadi kebutuhan primer. Peningkatankualitas sistem tenaga listrik mengacu kepada keandalan dan kemampuan sistem.Keadaan ini tidak mungkin lepas dari masalah sistem proteksi yang berperandidalam mekanisme transmisi dan distribusi listrik agar sampai kepada konsumen.PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) merupakan salah satu perusahaaneksplorasi minyak asing di Indonesia dan memiliki wilayah kerja yang cukup luasyang memiliki sistem tenaga listrik sendiri dalam operasi produksi. Sebagai perusahaan besar, kebutuhan tenaga listrik sangat penting untuk perkantoran, perumahan, dan operasi eksplorasi minyak dan gas bumi.Keandalan dari sistem tenaga listrik sangat menentukan proses produksiyang dilakukan. Apabila gangguan terjadi pada sistem dan membuat sistem tidak  berfungsi dengan baik atau berhenti total, akan dapat menimbulkan kerugian yangsangat besar. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem tenaga listrik yang sangathandal dan bermutu yang mampu mencegah kerugian tersebut.
 
1
 
PT. Chevron Pacific Indonesia
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
 
Sistem transmisi dan distribusi yang baik didukung dengan keandalansistem proteksi dalam sistemnya. Sistem proteksi bertujuan untuk mengurangi danmencegah terjadinya gangguan yang mengakibatkan kerusakan pada jaringan dan peralatan listrik, serta menjaga keselamatan umum karena gangguan kelistrikanseperti hubung singkat, over load, dan gangguan yang disebabkan petir. Denganadanya sistem proteksi yang handal akan meningkatkan pelayanan kualitas listrik.
1.2.Tujuan Kerja Praktek.
Tujuan kerja praktek yang penulis laksanakan di PT. Chevron PacificIndonesia (CPI) adalah :1.Memenuhi salah satu persyaratan kurikulum serta syarat kelulusaanmahasiswa pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UniversitasSriwijaya2.Mengenal ruang lingkup PT. CPI secara umum3.Mengenal sistem dan manajemen kerja perusahaan4.Mengenal ruang lingkup Departemen PG & T5.Memepelajari sistem tenaga listrik di PT.CPI6.Melihat dan membandingkan hal-hal yang telah diterima di bangkukuliah dengan aplikasi yang ada di lapangan.7.Mengenal lebih dekat dunia kerja dilingkungan perusahaan.8.Menambah wawasan dan pengetahuan teknologi secara umum dan teknik tenaga listrik serta penerapannya di industri.
 
2
 
PT. Chevron Pacific Indonesia
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
 
9.
Memahami gambaran umum tentang sistem tenaga listrik danmempelajari sistem proteksi khusunya mengenai relay arus lebih di PT.CPI.
1.3.Batasan Masalah
Mengingat luasnya ruang lingkup dari sistem proteksi tersebut, makadalam pembahasan ini dibatasi hanya mengenai koordinasi relay proteksi aruslebih pada saluran distribusi di PT. CPI, departemen PG&T dan T&DO II Duri.
1.4.Waktu dan Tempat.
Kerja Praktek ini dilaksanakan selama satu bulan mulai dari tanggal 20September s/d 20 Oktober 2010 bertempat di T&DO II Duri (Transmission &Distribution Operation ) Departemen Power Generation and Transmission(PG&T) PT.CHEVRON PACIFIC INDONESIA, Duri - Riau.
1.5.Metoda Pengumpulan Data
Metoda pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam pelaksanaankerja praktek di PT. Chevron Pacifik Indonesia adalah :a.InterviewBertanya dan melakukan diskusi dengan mentor/pembimbing sertateknisi yang ada di kantor maupun di lapangan T&DO II Duri.
b.
Studi LiteratureDengan cara membaca manual book tentang power generation &transmission, mencari informasi dari buku-buku lain, dan searchinginternet yang berhubungan dengan proteksi sebagai referensi.
 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->