Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah SIG (Remote Sensing - Satellite Imaging)

Makalah SIG (Remote Sensing - Satellite Imaging)

Ratings: (0)|Views: 1,393|Likes:
Published by jzefehepta

More info:

Published by: jzefehepta on Dec 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

 
remote sensing (Penginderaan Jauh)
berdasarkan hasil penelitian para ahli penginderaan jauh selama ini serta adanyakebutuhan bagi pembangunan nasional, maka pemerintah telah memutuskanuntuk membangun suatu sistem Stasiun Bumi Satelit Penginderaan Jauh yangpelaksanaannya di percayakan kepada LAPAN(Lembaga Penerbangan danAntariksa Nasional). Sistem yang di bangun disesuaikan dengan perkembangansaat ini, yaitu dapat menerima dan mengilah data dari berbagai satelit yang diorbitkan dari bumi.Melalui pendidikan yang modern, para ahli diharapkan mampu mengolah(menginterpretasi, mengoreksi, dan menyajikan) data dari satelit agar dapatdigunakan untuk membantu pembangunan.Beberapa satelit yang diluncurkan dari bumi oleh beberapa negara maju antaralain:1. LANDSAT milik Amerika Serikat2. SPOT milik Perancis3. ERSI (Earth Resources Satellite) milik Badan Antariksa Eropa (ESA).Banyak kegunaan hasil pemotretan bumi dari satelit merupakan perkembangandari pengukuran permukaan bumi dengan alat ukur tanah yang dikembangkandengan foto udara dan kemudian dengan satelit.
Pengertian penginderaan jauh (remote sensing) menurut para ahli :1.Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu penggunaan sensor radiasielektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapatdiinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna (Curran,1985).2.Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu suatu pengukuran atauperolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumenlain di atas jauh dari objek yang diindera (Colwell, 1984). Foto udara, citrasatelit, dan citra radar adalah beberapa bentuk penginderaan jauh.3.Penginderaan jauh (remote sensing), yaitu ilmu untuk mendapatkaninformasi mengenai permukaan bumi seperti lahan dan air dari citra yangdiperoleh dari jarak jauh (Campbell, 1987). Hal ini biasanya berhubungandengan pengukuran pantulan atau pancaran gelombang elektromagnetikdari suatu objek.
HASIL TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH
DATA
1.Data penginderaan jauh dapat berupa data digital atau data numerikuntuk dianalisis dengan menggunakan komputer2.Selain itu, dapat berupa data visual yang pada umumnya dianalisis secaramanual.3.Data visual dibedakan lagi menjadi data citra dan noncitra.4.Data citra merupakan gambaran planimetrik. Data noncitra ialah grafikyang mencerminkan beda suku yang direkam di sepanjang daerahpenginderaan.
 
5.Di dalam penginderaan jauh yang tidak menggunakan tenagaelektromagnetik, contoh data noncitra antara lain berupa grafik yangmenggambarkan gravitasi ataupun daya magnetik di sepanjang daerahpenginderaan. Jadi, jelaslah bahwa citra dapat dibedakan menjadi citrafoto (photographic image) atau foto udara dan citra non foto(nonphotographic image).
PENGERTIAN CITRA MENURUT BEBERAPA AHLI
Citra merupakan gambaran yang terekam oleh kamera atau sensorlainnya (Hornby).
Citra adalah gambaran objek yang dibuahkan oleh pantulan ataupembiasan sinar yang difokuskan dari sebuah lensa atau cermin(Simonett, 1983).
 JENIS-JENIS CITRACitra foto
Citra foto adalah gambaran yang dihasilkan dengan menggunakan sensorkamera. Citra foto dapat dibedakan berdasarkan atas spektrum elektromagnetik,sumber sensor, dan sistem wahana yang digunakan.Berdasarkan sistem wahana yang digunakan :a. Foto udara adalah foto yang dibuat dari pesawat udara atau balon.b. Foto satelit atau foto orbital adalah foto yang dibuat dari satelit.
Citra Non Foto
Citra nonfoto adalah gambaran yang dihasilkan dengan menggunakan sensorbukankamera.
PEMANFAATAN PENGINDERAAN JAUHBIDANG KEHUTANAN
Bidang kehutanan berkenaan dengan pengelolaan hutan untuk kayu termasukperencanaan pengambilan hasil kayu, pemantauan penebangan danpenghutanan kembali, pengelolaan dan pencacahan margasatwa, inventarisasidan pemantauan sumber daya hutan, rekreasi, dan pengawasan kebakaran.Kondisi fisik hutan sangat rentan terhadap bahaya kebakaran maka penggunaancitra inframerah akan sangat membantu dalam penyediaan data dan informasidalam rangka monitoring perubahan temperatur secara kontinu dengan aspekgeografis yang cukup memadai sehingga implementasi di lapangan dapatdilakukan dengan sangat mudah dan cepat.
BIDANG PENGGUNAAN LAHAN
Inventarisasi penggunaan lahan penting dilakukan untuk mengetahui apakahpemetaan lahan yang dilakukan oleh aktivitas manusia sesuai dengan potensiataupun daya dukungnya. Penggunaan lahan yang sesuai memperoleh hasilyang baik, tetapi lambat laun hasil yang diperoleh akan menurun sejalan denganmenurunnya potensi dan daya dukung lahan tersebut. Integrasi teknologipenginderaan jauh merupakan salah satu bentuk yang potensial dalam
 
penyusunan arahan fungsi penggunaan lahan. Dasar penggunaan lahan dapatdikembangkan untuk berbagai kepentingan penelitian, perencanaan, danpengembangan wilayah. Contohnya penggunaan lahan untuk usaha pertanianatau budidayapermukiman.
BIDANG PEMBUATAN PETA
Peta citra merupakan citra yang telah bereferensi geografis sehingga dapatdianggap sebagai peta. Informasi spasial yang disajikan dalam peta citramerupakan data raster yang bersumber dari hasil perekaman citra satelitsumber alam secara kontinu. Peta citra memberikan semua informasi yangterekam pada bumi tanpa adanya generalisasi. Peranan peta citra (space map)dimasa mendatang akan menjadi penting sebagai upaya untuk mempercepatketersediaan dan penentuan kebutuhan peta dasar yang memang belum dapatmeliput seluruh wilayah nasional pada skala global dengan informasi terbaru (upto date). Peta citra mempunyai keunggulan informasi terhadap peta biasa. Halini disebabkan karena citra merupakan gambaran nyata di permukaan bumi,sedangkan peta biasa dibuat berdasarkan generalisasi dan seleksi bentang alamataupun buatan manusia. Contohnya peta dasar dan peta tanah.
BIDANG METEOROLOGI (METEOSAT, TIROS, DAN NOAA)
Manfaat penginderaan jauh di bidang meteorologi adalah sebagai berikut :a.Mengamati iklim suatu daerah melalui pengamatan tingkatperawanan dan kandungan air dalam udara.b.Membantu analisis cuaca dan peramalan/prediksi dengan caramenentukan daerah tekanan. tinggi dan tekanan rendah serta daerah hujanbadai dan siklon.c.Mengamati sistem/pola angin permukaan.d.Melakukan pemodelan meteorologi dan set data klimatologi.
BIDANG OSEANOGRAFI (SEASAT)
Manfaat penginderaan jauh di bidang oseanografi (kelautan) adalah sebagaiberikut :a.Mengamati sifat fisis laut, seperti suhu permukaan, aruspermukaan, dan salinitas sinar tampak (0-200 m).b. Mengamati pasang surut dan gelombang laut (tinggi, arah, danfrekwensi).c.Mencari lokasi upwelling, singking dan distribusi suhu permukaan.d. Melakukan studi perubahan pantai, erosi, dan sedimentasi(LANDSAT dan SPOT).
BIDANG HIDROLOGI (LANDSAT/ERS, SPOT)
Manfaat penginderaan jauh di bidang hidrologi adalah sebagai berikut :a.Pemantauan daerah aliran sungai dan konservasi sungai.b.Pemetaan sungai dan studi sedimentasi sungai.c.Pemantauan luas daerah intensitas banjir.

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Jefry Leto liked this
Zakir Zainal liked this
Rieva Wahyuni liked this
Karsun Ahmad liked this
Hafidz Abidul liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->