Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dampak Freon AC Terhadap Ozon

Dampak Freon AC Terhadap Ozon

Ratings: (0)|Views: 5,043 |Likes:
Published by Gede Ferdika

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Gede Ferdika on Dec 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
Dampak Freon AC Terhadap Ozon
Abstrak Ozon ( O3) terbentuk dari pemecahan molekul oksigen (O2) oleh sinar ultra violet mataharidan bergabung dengan oksigen dan atom atom oksigen lainnya membentuk ozon (O3). Posisi pada atmosfir bumi di lapisan stratosfer kira kira 15 – 20 Km diatas pernukaan bumi.Lapisanozon sangat membantu mencegah radiasisinar ultra violetyang mengakibatkan penyakit, antaralain kanker kulit, kanker mata dll.Dewasa ini kerusakan ozon menjadi isue internasional, diseluruh belahan bumi kerusakan ozondibahas oleh setiap negara, proses kerusakan ozon bermula dari bahan kimia CFCs(Chlorofluorocarbon) yang dapat melepaskan atom Chlorine dan Haloncarbon yang dapatmelepaskan atom Bromine, dimana kedua atom tersebut akan mengikat atom oksigen darimolekul ozon sehingga lapisan ozon menjadi rusak.Penggunaan Freon pada alat AC, lemari es, dan alat pendingin lain merupakan salah satu bentuk yang turut andil dalam pengrusakan ozon, karena alat ini menggunakan CFCs dalam proses kerjanya. Alat lain yaitu zat cair pemadam kebakaran (aerosol fire extinguiser) danaerosol spray lainnya menggunakan bahan kimia Haloncarbon yang dampaknya sama menjadi penyebab kerusakan ozon.
 
Pendahuluan
Fungsi AC adalah mendinginkan udaradengan cara mensirkulasikan udara dariruangan dilewatkan pada media pendinginkemudian udara yang sama dihembuskankembali ke ruangan, demikian seterusnya.Sehingga pada dasarnya, udara dinginyang terjadi adalah udara yang itu-itu jugadari ruangan tersebut. Trend teknologi ACrumah tangga sekarang banyak yangdilengkapi filter, ozonasi atau media pengikat bakteri. Tapi bagaimana pun jugatidak sebaiknya mempercayai keefektifan perangkat kelengkapan AC tersebut danmempertaruhkan kesehatan danlingkungan.Hal lain yang juga perlu perhatian adalah,di dalam unit AC terhadap zat media yangdisirkulasikan untuk dimanfaatkan sebagaifungsi pendinginan, yang saat ini masihdominan memakai zat dengan nama Freon.Walaupun saat ini sudah beredar Freon jenis ramah lingkungan, tapi Freon lamayang kurang ramah lingkungan masih banyak disukai karena sifatnya yangefisien.Zat Freon ini, tidak membahayakanlingkungan selama tidak terlepas ke udaraalias instalasi AC tidak ada kebocoran.Oleh karena itu perlu kiranya, paling tidak setahun sekali perlu mengundang teknisiAC untuk sekedar memeriksa kebocoranFreon ini.Indikasi terhadap kebocoran Freon jugamungkin sekali terjadi bila ruanganmenjadi tidak sesejuk biasanya ketika ACdinyalakan.Bila instalasi bocor, Freon yang terlepas diudara, bila masuk ke ruangan, jelas akansangat membahayakan, karena zat Freonini termasuk gas tidak tampak dan tidak  berbau, tapi sangat beracun. Sedang bilaterlepas ke udara bebas di luar, walaupunmungkin kontribusinya kecil, tetap secarakolektif, hal ini akan berdampak padamenipisnya lapisan ozon di atmosfir dan peningkatan efek rumah kaca.Menipisnya lapisan ozon berdampak padatidak tersaringnya sinar ultraviolet darimatahari yang berbahaya bagi kesehatankulit. Sementara peningkatan efek rumahkaca, dapat mengakibatkan kenaikan suhu bumi secara global yang dapatmengganggu keteraturan iklim dunia.
PembahasanPengertian Freon AC
Freon termasuk dalam syntetic refrigerantatau pendingin buatan, yaitu: Hidro,Chloro, Fluoro dan Carbo. Ada banyak macam jenis freon, tapi tipe yang umumdipakai sebagai pendingin ada tiga.Pertama R-12 CFC (Chloroflurocarbon), banyak ditemukan pada kulkas, dispanser,maupun AC mobil di bawa tahun 1993.Kedua R-22 HCFC(Hidrochlorofluorocarbo), banyaditemukan pada pendingin ruangan bersekala besar, seperti AC split, ACwindow, dan AC central pada gedung perkantoran. Dulu pun rumah sakitmenggunakan pendingin dengan tipe freonR-22. Dan yg terakhir R-134a HFC(Hidrofluorocarbo), paling banyak digunakan oleh AC mobil dewasa ini, dansebagian produk kulkas. 
R-12
 
R-22
 
R-134a
Dampak Freon AC
Freon memiliki Global Warming Potential(GWP) 510 kali lebih besar dari pada CO2.Karbondioksida dalam alam sendirimenyebabkan 9-26% efek rumah kaca.Dengan ditambahnya karbondioksida dari
 
kendaraan bermotor, pemanasan globalakibat efek rumah kaca semakinmeningkat. Tapi kejahatankarbondioksida belum sebanding denganfreon terkait penyebab pemanasan gelobal.Selain GWP yang lebih tinggi dari CO2,Freon pun memiliki ALT (Atmosfer LifeTime) yang sangat besar, yaitu 15. Artinyagas freon akan bertahan 15 tahun diatmosfer sebelum terurai! Berarti sejak  pertama kali AC ditemukan dan dijualsecara komersil (1950s), Freon baru teruraiempat kali di alam (genap tahun 2010).Tapi faktanya, penggunaan AC berjalansetiap tahun dan terus meningkat, penggunaan freon yang juga tidak hanya diAC; membuat sepanjang tahun freonsemakin lama bertahan di atmosfer.Dampak lingkungan secara tidak langsungadalah konsumsi listrik yang tinggi.Membuat pendingin rumah tangga lebih boros energi 25-40% dari konsumsi yangseharusnya. Selain berbahaya untulingkungan, freon pun berbahaya untuk kesehatan. Cara kerja freon mengikat air,sehingga dampak langsung yang dapatdirasakan adalah kulit yang kering. Sistem pernafasan pun sering terganggu untuk  jangka menengah dan jangka panjangnya,khususnya jika mengalami kebocoranfreon.Dampak paling fatal karena menggunakanfreon adalah berkurangnya molekul ozondi stratosfer yang mengakibatkan lapisanozon menjadi semakin tipis sehinggafungsi penyerapan radiasi UV-B menjadi berkurang. Sebagai akibatnya, intensitasradiasi UV-B semakin meningkat.Berdasarkan kajian ilmiah diketahui bahwa setiap 10 persen penipisan lapisanozon akan terjadi kenaikan radiasi UV-Bsebesar 20 persen. Paparan radiasi UV-Byang berlebih dapat menimbulkan dampak negatif.Pada manusia, radiasi UV-B berlebihdapat menimbulkan penyakit kangkekulit, katarak mata, serta mengurangi dayatahan tubuh terhadap penyakit infeksi.Selain itu juga dapat memicu reaksikimiawi di atmosfer bagian bawah, yangmengakibatkan penambahan jumlah reaksifotokimia yang menghasilkan asap beracun, hujan asam, serta peningkatangangguan saluran pernafasan.Pada tumbuhan, radiasi UV-B dapatmenghambat pertumbuhan berbagaitanaman, bahkan beberapa menjadi kerdil.Sebagai akibatnya hasil panen menurundan tidak jarang gagal panen.Di perairan laut, intensitas radiasi UV-Byang tinggi dapat memusnahkanorganisme kecil yang hidup di permukaanair. Phytoplanton yang menjadi sumber utama rantai makanan organisme lautdapat musnah, sehingga menimbulkan pengaruh berantai terhadap kehidupanorganisme laut. Radiasi UV-B juga akanmenurunkan kemampuan sejumlahorganisme menyerap gas karbon dioksida,yang merupakan salah-satu gas rumahkaca, sehingga konsentrasi gas rumah kacadi atmosfer akan meningkat danmenyebabkan terjadinya pemanasanglobal.
Efek Rumah Kaca

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ilham Tryawan liked this
Dily Gomes liked this
Oeloel Hidayah liked this
Putu Garjita liked this
suryojadmiko liked this
Engky Laula liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->