Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RANCANGAN PEDOMAN KERJASAMA

RANCANGAN PEDOMAN KERJASAMA

Ratings: (0)|Views: 1,733 |Likes:
Published by jaxassss

More info:

Published by: jaxassss on Dec 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
RANCANGANPEDOMAN POKOK KERJASAMA PEMERINTAH DAERAHDENGAN PIHAK KETIGADI BIDANG PELAYANAN PUBLIKBAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Negara Republik Indonesia adalah sebagai Negara Kesatuan,dalam penyelanggaraan pemerintahannya menganut azas desentralisasi,dekonsentrasi dan tugas pembantuan. Wujud dari penyelenggaraan azasdekonsentrasi yaitu sebagian kewenangan pemerintah diserahkan kepadadaerah untuk menjadi urusan rumah tangganya sendiri.Pemberian kewenangan yang luas kepada daerah diarahkanuntuk dapat memberikan pelayanan publik secara optimal, makapelayanan publik perlu memperoleh perhatian dan penanganan secarasungguh-sungguh baik dalam pelayanan administrasi, barang dan jasaserta pelayanan pengembangan sektor unggulan.Tingkat kualitas kinerja pelayanan publik mempunyai implikasiyang luas dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu upayapenyempurnaan pelayanan publik harus dilakukan secara terus menerus,berkelanjutan dan dilaksanakan oleh jajaran aparatur Pemerintah Daerah.Dengan demikian, Pemerintah Daerah mempunyai kewajiban untukmengadakan dan memfasilitasi terselenggaranya pelayanan publik bagimasyarakat secara mudah, cepat dengan biaya terjangkau. Untuk itu perluada terobosan yang inovatif dan kreatif dalam memfasilitasi pengadaanpelayanan umum dengan melibatkan berbagai pihak yang mempunyaikompetensi dan kredibilitas yang memadai.
1
 
Melalui Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 dan kebijakanpemerintah untuk mengelola pelayanan publik, telah dibuka kesempatanbagi Pemerintah Daerah untuk melakukan kerjasama dengan Pihak Ketigayaitu lembaga yang berbadan hukum, baik yang berada di dalam negerimaupun di luar negeri. Lembaga di luar negeri adalah Pemerintah NegaraBagian, badan khusus PBB, lembaga internasional, perguruan tinggi,organisasi swasta di luar negeri.
B.Manfaat Kerjasama
Bahwa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat,khususnya penyediaan pelayanan publik, Daerah dapat bekerjasamadengan Pihak Ketiga. Manfaat yang diperoleh dari kerjasama yangdilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan Pihak Ketiga ataupun antar entitas lain adalah :1.Membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesejahteraanmasyarakat, dalam arti tersedianya pelayanan kepada masyarakatyang lebih baik.2.Meningkatkan kemampuan pihak yang bekerjasama untukmenyelesaikan masalah tertentu.3.Meningkatkan persahabatan antar pihak.4.Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemanfaatan sumber dayadan potensi yang ada di daerah masing-masing dalam upayamelanjutkan serta mengembangkan usaha.5.Meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.6.Meningkatkan kemampuan masing-masing daerah dalammenstimulasi mobilitas sumber daya, dan memperoleh manfaat darisumber daya yang tersedia.Untuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga, agamempertimbangkan karakteristik pelayanan publik yang diembanPemerintah Daerah yang memiliki fungsi-fungsi sosial daneksternalitasnya, yang secara spesifik dapat dikelompokkan dalam :
2
 
1.
Optimalisasi pemanfaatan sumber daya daerah dan perlu peluangdalam menggunakan berbagai potensi daerah, baik sumber dayamanusia, sumber daya alam maupun sumber daya buatan yang dimilikidaerah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialmasyarakat.
2.
Memajukan peluang daerah yang dapat menciptakan danmeningkatkan strategi dan manajemen keuangan daerah.
3.
Pembangunan infrastruktur bagi kepentingan bersama.4.Pembangunan budaya dengan pemanfaatan ketersediaan tanga kerja.5.Meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat sertamemajukan Sumber Daya Aparatur Daerah. 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->