Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
38Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Buku Panduan an Pertama

Buku Panduan an Pertama

Ratings: (0)|Views: 2,080 |Likes:
Published by bektiwidi1060
Buku panduan pertolongan pertama
Buku panduan pertolongan pertama

More info:

Published by: bektiwidi1060 on Dec 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
 
Buku Panduan
PERTOLONGAN PERTAMA Tingkat Dasar
Health Safety and Environmen(HSE Dept.)
Buku Panduan Pertolongan Pertama 
1
 
 
BAB IPertolongan Pertama
Kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan dapat terjadi dimana saja dan kapansaja. Kejadian ini dapat berupa suatu insiden kecil atau suatu bencana yang melibatkanpenderita dalam jumlah besar.Orang pertama yang akan memberikan pertolongan adalah mereka yang berada ditempat kejadian. Mereka yang berupaya memberikan pertolongan ini memiliki berbagaitingkat pengetahuan mulai dari yang tidak mempunyai pengetahuan pertolonganpertama dan tidak terlatih sampai yang sudah berpengalaman & terlatih. Ada waktuantara pertolongan di lokasi kecelakaan sampai korban dapat memperoleh pertolonganoleh tenaga medis di fasilitas kesehatan, sehingga masa tenggang inilah yang harus diisioleh
orang pertama yang terdekat
dengan korban yang telah memiliki keterampilanPertolongan Pertama.Pertolongan yang diberikan harus menjadi satu kesatuan pertolongan korban darilapangan sampai perawatan lanjutan di rumah sakit.Pertolongan ini dikenal dengan
Pelayanan Gawat Darurat
. Pelayanan ini dibagi dalamdua fase :
a.Fase Pra Rumah Sakit
Pada fase ini dilakukan perawatan di tempat kejadian dengan atau tanpa melakukantransportasi penderita ke fasilitas kesehatan. Konsep dasar dari pertolonganpertama adalah memberikan bantuan hidup dasar dan mempertahankan nyawadengan melakukan tindakan pertolongan pertama secepatnya setelah kejadian.
b.Perawatan Rumah Sakit
Perawatan pada fase inik seharusnya tidak dibedakan. Keduanya harus salingmenunjang, fase pra rumah sakit dilakukan dengan baik sehingga rumah sakit tinggalmelanjutkan apa yang sudah dilakukan dan tidak mundur kembali dan kalau perlusistem rujukan harus diaktifkan. Sistem inilah yang sebenarnya dikenal dengan
Sistem Pelayanan Gawat Darurat Terpadu.1.Tujuan Pertolongan PertamaPelaku pertolongan pertama
adalah penolong yang pertama kali tiba dan terdekatdengan korban, yang memiliki kemampuan dan terlatih dalam penanganan medis dasar.
Tujuan Pertolongan Pertama :
a.Menyelamatkan Jiwa Penderitab.Mencegah Cacatc.Memberikan rasa nyaman dan menunjang proses penyembuhan.Siapa yang boleh menolong dalam keadaan darurat? Secara umum semua orang bolehmenolong, namun
 pertolongan
 
yang salah akan menjadi bencana atau memperparahkeadaan si korban atau menambah daftar cedera yang sudah terjadi.
Buku Panduan Pertolongan Pertama 
2
 
 
2. Prinsip Pokok Pelaksanaan Pertolongan Pertama
a. Menjaga keselamatan diri sendiri, anggota tim, penderita dan orang sekitarnya.
Menjaga keselamatan diri sendiri adalah
wajib
dilakukan oleh PelakuPertolongan Pertama sebelum menolong penderita. Disadari kita tidak akan mampumemberikan pertolongan bila kita sendiri mengalami cedera, sebelum mencapaipenderita atau pada saat sedang menolong penderita, sehingga keselamatan diri dantim harus menjadi prioritas. Masalah keselamatan mencakup bahaya dari orang orangsekitar, bangunan yang tidak stabil, api, ledakan, hewan buas dan bahaya lainnya.
b. Dapat Menjangkau Penderita
Sebagai penolong kita harus mampu untuk menjangkau penderita, baik dalamkendaraan, ditengah kerumunan massa, terperangkap dalam bangunan, kalau perlugunakan alat-alat sederhana. Dalam kasus kecelakaan atau bencana, kemungkinanpelaku penolong harus memindahkan penderita lain untuk dapat menjangkau penderitayang lebih parah. Namun ingat keselamatan (para) penolong selalu nomor satu. Janganberupaya melampui batas kemampuan.
c. Dapat Mengenali dan Mengatasi Masalah yang Mengancam Nyawa
Ingatlah bahwa kita berada di lokasi kecelakaan untuk menyelamatkan nyawa, makaselayaknyalah kita mengenali dan mengatasi keadaan yang mengancam nyawa.
d. Meminta Bantuan / Rujukan
Pelaku Pertolongan Pertama harus bertanggungjawab sampai bantuan rujukanmengambil alih penangan penderita. Hubungi segera Ambulans dan Fasilitas Kesehatanterdekat.
e. Memberikan Pertolongan Dengan Cepat danTepat Berdasarkan Keadaan Korban
Carilah masalah / gangguan penderita dan berikanPertolongan Pertama dengan menggunakanperalatan sesedikit mungkin. Masalah penderitadapat kita peroleh dari informasi yang diperoleh ditempat kejadian, saksi dan penderita itu sendiri,serta melakukan pemeriksaan dan penilaianpenderita. Berdasarkan semua informasi ini kitamemberikan pertolongan sesuai dengankemampuan dan wewenang kita. PertolonganPertama dapat sederhana saja misalnyamenenangkan penderita.
 f. Membantu Pelaku Pertolongan Pertama Lainnya.
Kita mungkin merupakan tim kedua yang tiba di lokasi, maka menjadi kewajiban kitauntuk membantu tim yang sudah ada.
g. Mempersiapkan Penderita untuk Ditransportasi ( dipindahkan )
Pengangkatan dan pemindahan penderita hanya dilakukan bila perlu. Jangan sampaitindakan ini mengakibatkan cedera baru yang memperparah keadaan penderita.
Buku Panduan Pertolongan Pertama 
3

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Zefanya Wijaya T liked this
Yuddi Tau Gra liked this
Atika Wulandari liked this
dian_andika_1 liked this
Dian Pratiwi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->