Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
warna

warna

Ratings: (0)|Views: 753|Likes:

More info:

Categories:Types, Maps
Published by: Abie Zainal Muttaqin on Dec 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/17/2012

pdf

text

original

 
Pengertin Warna Dalam Arsitektur  
 
Pengertian warna
 
³Warna´,
kita sudah tidak asing lagi mendengar ataupun melihatnya. Karena semua yang ada di alamsemesta ini mempunyai warna. Warna adalah sesuatu yang berhubungan dengan emosi manusia dandapat menimbulkan pengaruh psikologis. Sebagai contoh, kita dapat merasa nyaman dengan adanyawarna. Kita dapat merasakan sesuatu seperti ketenangan, bebas, bahkan kita bisa merasakan panasatau tertekan sesuai dengan karakter warna itu sendiri.Dalam dunia Arsitektur, warnapun berperan penting. Sebagai contoh, untuk pewarnaan tembokbangunan ataupun furniture yang ada di bangunan tersebut, sang arsitek harus memikirkan matang-matang warna apa yang cocok untuk bangunan yang ia bangun. Apakah warna yang dipakai sesuaidengan fungsi bangunan tersebut atau apakah menyamankan bagi pengguna bangunan tersebut. Sepertiwarna bangunan rumah sakit tentu tidak sama dengan warna untuk bangunan Sekolah Taman Kanak-kanak.Dan kepintaran sang arsitek dalam mengkombinasikan antara satu warna dengan yang lain.Untuk itu sang arsitek harus memahami akan karakter dari warna yang akan dipakai.Untuk mengetahui karakter dari warna, tentunya kita harus memahami pengertian dari warna.Dengan ilmu alam, warna adalah gelombang cahaya, yang dasar-dasar teorinya dikemukakan olehNewton. Menurut Newton, warna merupakan bagian sinar dalam spektrum yang tergantung padagelombang cahayanya.Kita ingat akan teori Newton tentang spektrum warna akibat berkas cahaya matahari yang melaluisebuah prisma. Urutan warna dalam spectrum warna terdiri dari warna merah, jingga, kuning, hijau, biru,nila dan ungu kemudian lebih dikenal sebagai lingkaran warna.Disamping warna-warna murni dikenal juga warna-warna kutub yang sebenarnya bukan merupakanwarna, yaitu putih dan hitam. Pencampuran sutau warna murni dengan warna putih atau hitam akanmenghasilkan skala warna lain yang disebut warna-warna pastel. Jadi warna murni dicampur putih akanmenjadi warna muda (tint). Warna murni dicampur hitam akan menghasilkan warna tua (shade). Sedangwarna murni dicampur warna abu-abu akan menghasilkan warna tanggung (tone).
 
K
arakter Warna
 Penerapan warna pada komposisi secara psikis dapat :* Member kesan tertentu pada ruang* Mempengaruhi dan mendorong kemauan kerja* Mendorong memusatkan perhatian* Mendorong kesenangan kerja* Membantu penerangan* Mempertinggi keselamatan kerja* Membantu orientasi kerja* Membantu aspek kebersihanKarakter warna dapat ditentukan oleh hal-hal berikut :
Hue :
adalah corak atau nada warna, yaitu kesan pertama terhadap suatu warna dengan mengabaikanvalue dan intensitas warna. Contoh Hijau daun.
Value :
adalah nilai terang gelap warna, diukur terhadap hitam dan putih dengan mengabaikan hue danintensitas warna. Contoh warna kuning jeruk.
Intensitas :
adalah kuat dan lemahnya warna diukur terhadap warna abu-abu yang netral. Kekuatannyaakan bertambah ke arah paling terang. Intensitas menunjukan jumlah hue yang bebas dari unsur putih.Warna dapat dibagi menurut :
*
K
emurnian
 1) Warna pokok atau
primer,
terdiri dari tiga warna :- Merah- Biru- Kuning
 
 2) Warna
sekunder,
merupakan percampuran warna primer, jadi :- Jingga adalah campuran warna merah dan kuning- Hijau adalah campuran warna biru dan kuning- Ungu adalah campuran warna merah dan biru

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->