Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
87Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pembuatan Tepung Tapioka dari Ubi Kayu

Pembuatan Tepung Tapioka dari Ubi Kayu

Ratings: (0)|Views: 15,541|Likes:
Published by ivan ara

More info:

categoriesTypes, Research, Science
Published by: ivan ara on Dec 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/31/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUMM.K. PASCA PANEN TANAMAN PERTANIAN(AGH 440)”Pembuatan Tepung Tapioka dari Ubi Kayu”
Oleh:
1.
Ricki Susilo A24070032
2.
Qori Lelyana A24070068
3.
Marcha Nanda H. A24070093
4.
Annisa Rachmi A.A24070094
5.
Azdy FransedoA24070166
6.
Ira Fauziah N.A24070185
DEPARTEMEN AGRONOMI DAN HORTIKULTURAFAKULTAS PERTANIANINSTITUT PERTANIAN BOGOR 2010
 
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sistem pangan saat ini sedang gencar-gencarnya mengupayakandiversifikasi pangan dari padi ke bahan pangan lain. Bahan pangan tersebut dapatdiperoleh dari umbi-umbian maupun yang lainnya. Umbi-umbian yang biasadikonsumsi masyarakat Indonesia yakni ubi kayu dan ubi jalar. Kedua jenis umbi-umbian ini banyak dikonsumsi karena selain murah, teknik budidayanya jugatidak terlalu rumit. Ubi jalar memiliki peran yang besar dalam pembangunan pertanian sehingga prospeknya sangat cerah apabila dikelola dan dikembangkandengan pola agribisnis. Untuk ubi kayu, permasalahan umum yang ada adalahrendahnya produksi dan produktivitas yang disebabkan penerapan teknologi budidaya yang kurang tepat.Tanaman ubi kayu atau singkong (
Manihot esculenta
) merupakan salahsatu komoditi yang mudah hidup hanya dengan perbanyakan stek dan sangatdigemari oleh masyarakat. Disamping sebagai bahan makanan, ubi kayu jugadapat digunakan sebagai bahan baku industri dan pakan ternak. Ubinyamengandung air sekitar 60%, pati 25-35%, serta protein, mineral, serat, kalsiumdan fosfat. Ubi kayu merupakan sumber energi yang lebih tinggi dibanding padi, jagung, ubi jalar dan sorgum. Ubi kayu memiliki beberapa macam varietas, yakniAdira 1, Adira 2, Adira 4, Malang 1 dan Malang 2. Dari beberapa varietastersebut, Adira 1 memiliki kadar tepung tertinggi yakni sebesar 45%, disusulAdira 2 (41%), Malang 1 dan 2 (32-36%) dan Adira 4 (18-22%) (Pusat Penelitiandan Pengembangan Tanaman Pangan, 1993).Pengolahan produk setengah jadi merupakan salah satu cara pengawetanhasil panen, terutama untuk komoditas yang berkadar air tinggi, seperti anekaumbi dan buah. Keuntungan lain dari pengolahan produk setengah jadi yaitusebagai bahan baku yang fleksibel untuk industri pengolahan lanjutan, amandalam distribusi, serta menghemat nuangan dan biaya penyimpanan. Teknologi inimencakup teknik pembuatan sawut/chip/granula/grits, teknik pembuatan tepung,teknik separasi atau ekstraksi dan pembuatan pati (Widowati, 2009).
 
Salah satu pemanfaatan dari ubi kayu adalah pembuatan tepung tapioka.Tepung tapioka merupakan tepung pati ubi jalar. Pati adalah bahan utama yangdihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan kelebihan glukosa (sebagai produk fotosintesis) dalam jangka panjang. Pati tersusun dari dua macam karbohidrat,amilosa dan amilopektin, dalam komposisi yang berbeda-beda. Amilosamemberikan sifat keras (pera) sedangkan amilopektin menyebabkan sifat lengket.Amilosa memberikan warna ungu pekat pada tes iodin sedangkan amilopektintidak bereaksi.Pati digunakan sebagai bahan yang digunakan untuk memekatkanmakanan cair seperti sup dan sebagainya. Dalam industri, pati dipakai sebagaikomponen perekat, campuran kertas dan tekstil, serta pada industri kosmetika.
Tujuan
Tujuan dari kegiatan praktikum ini adalah untuk melatih mahasiswa dalammemanfaatkan ubi kayu menjadi produk setengah jadi, yaitu salah satunya dengan pembuatan tepung tapioka, serta untuk mengetahui persentase bobot tepungtapioka yang dihasilkan dari ubi kayu segar yang diolah.

Activity (87)

You've already reviewed this. Edit your review.
Abu Dardak liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Nur Azizah liked this
Zuhdi Anwarudin liked this
Siti Meisaroh liked this
Amilya Romdhani liked this
VenNdi PhenNDott liked this
Sudar Yanto added this note|
syukron buat infonya...

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->