Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
12Activity
P. 1
HALUSINASI 4

HALUSINASI 4

Ratings: (0)|Views: 2,819|Likes:
Published by Arief Ferri N

More info:

Published by: Arief Ferri N on Dec 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

 
BAB IILANDASAN TEORIA.Konsep Dasar1.Pengertian
Halusinasi adalah penerapan tanpa adanya rangsangan apapun pada pancaindra seseorang pasien, yang terjadi pada keadaan sadar atau bangun,dasarnya mungkin organic, fungsional, psikotik ataupun histerik (W.FMarammis, 1998 hal 199)Halusinasi adalah pengalaman panca indra tanpa adanya rangsangan, artinyaindividu mendengar suara-suara atau bisikan-bisikan tanpa adanya rangsangandari luar dan orang lain tidak mendengarnya. (Kelliat Budi Anna, 2001 hal 44)Halusinasi adalah persepsi sensori yang palsu yang tidak disentralkan denganstimulasi eksternal yang nyata, mungkin terdapat atau tidak terdapatinterprestasi waham tentang pengalaman halusinasinya (Kaplan dan Sodoek 1997 hal 462).Dari beberapa pengertian diatas maka dapat disimpulkan HalusinasiPendengaran adalah individu merasa mendengar suara orang yangmembicarakan, mengejek, menertawakan atau mengancam dirinya, padahaltidak ada suara disekitarnya.
 
2.Psikodinamikaa.Etiologi
1).Halusinasi dapat terjadi pada klien dengan gangguan jiwaseperti Schizoprenia, depresi atau keadaan psikosa lainnya, dimensia,keadaan delirium dan kondisi yang berhubungan dengan penggunaanalkohol dan substansi lainnya. Menurut Mary Durant Thomas, 1991.Halusinasi juga dapat terjadi dengan epilepsi,kondisi infeksi sistemik dan penggunaan metabolik. Halusinasi dapat juga dialami sebagai efek samping dari berbagai pengobatan yang meliputi anti depresi,antikolinergik, anti inflamasi, dan antibiotik. Sedangkan obat-obatanhalusinogen dapat membuat terjadinya halusinasi sama seperti pemberian obat diatas. Halusinasi dapat terjadi pada saat individunormal, yaitu pada individu yang mengalami isolasi, perubahansensori seperti kebutaan, kurangnya pendengaran atau adanya permasalahan pada saat pembicaraan.2).Halusinasi terjadi akibat kemampuan kognitif yang terganggu.Hal ini dikarenakan informasi atau beban sensori terlalu berlebihanatau overload, dan menghasilkan halusinasi Menurut Mc. Farland danThomas, 1991.
 
a)Teori PsikoanalisaHalusinasi terjadi karena defisit fungsi ego atau pertahanan diri,sehingga terjadi konflik psikologis. Dan penggunaan mekanisme pertahanan seperti distori, denial, dan proyeksi (halusinasi). b)Teori LingkunganHalusinasi dapat terjadi bila seseorang berada dalam situasi ataulingkungan yang penuh dengan stresor. Bila individu tersebut tidak dapat mengatasi dan hanya berfokus pada kecemasan yangdiakibatkan stressor,maka individu tersebut akan melamun dan berangan-angan, bila didiamkan berlarut-larut akan menyebabkanhalusinasi.c)Teori BiologiHalusinasi akibat struktur otak yang abnormal sehingga tidak mampu menerima stimulus dengan baik, faktor genetik jugamenjadi penyebab besar dan faktor biokimia yang mempengaruhiotak dengan adanya dopamin.3).Halusinasi disebabkan karena adanya gangguan pada otak.a)Teori BiologiOtak tidak berkembang secara sempurna, menurunnya volumeotak dan fungsi abnormal. Menurut Stuard and Laraia.Sehingga kesulitan dalam memfilter otak mengalami sensori dankesulitan dalam memproses informasi.

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Zoe Firenze liked this
Anye Amiruddin liked this
Nopy Culakcono liked this
Nela Fayza liked this
Nazar Acan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->