Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
25Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Minyak Bumi

Makalah Minyak Bumi

Ratings: (0)|Views: 9,498|Likes:

More info:

Published by: Dhiyaa Putri Kaniawati on Dec 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/26/2013

pdf

text

original

 
 Tugas Makalah Minyak Bumi
(Untuk Memenuhi Tugas dari Guru Kimia)Nama : Dhiyaa Putri KaniawatiKelas : X-6Absen : 12
 
Pembahasan Materi
Bagaimana terjadinya minyak dan gas bumi ?
Ada tiga faktor utama dalam pembentukan minyak dan/atau gas bumi,yaitu:1.Ada bebatuan asal(source rock) yang secara geologismemungkinkan terjadinya pembentukan minyak dan gas bumi.2.Adanya perpindahan (migrasi) hidrokarbon dari bebatuan asalmenuju ke “bebatuan reservoir” (reservoir rock), umumnyasandstone atau limestone yang berpori-pori (porous) dan ukurannyacukup untuk menampung hidrokarbon tersebut.3.Adanya jebakan (entrapment) geologis. Struktur geologis kulit bumiyang tidak teratur bentuknya, akibat pergerakan dari bumi sendiri(misalnya gempa bumi dan erupsi gunung api) dan erosi oleh airdan angin secara terus menerus, dapat menciptakan suatu“ruangan” bawah tanah yang menjadi jebakan hidrokarbon. Kalau jebakan ini dilingkupi oleh lapisan yang impermeable, makahidrokarbon tadi akan diam di tempat dan tidak bisa bergerakkemana-mana lagi.
4.
 Temperatur bawah tanah, yang semakin dalam semakin tinggi,merupakan faktor penting lainnya dalam pembentukan hidrokarbon.Hidrokarbon jarang terbentuk pada temperatur kurang dari 65oCdan umumnya terurai pada suhu di atas 260oC. Hidrokarbonkebanyakan ditemukan pada suhu moderat, dari 107 ke 177oC.
Apa saja komponen-komponen pembentuk minyak bumi ?
5.Minyak bumi merupakan campuran rumit dari ratusan rantaihidrokarbon, yang umumnya tersusun atas 85% karbon (C) dan 15%hidrogen (H). Selain itu, juga terdapat bahan organik dalam jumlahkecil dan mengandung oksigen (O), sulfur (S) atau nitrogen (N).
6.
Apakah ada perbedaan dari jenis-jenis minyak bumi ?
7.
Ada 4 macam yang digolongkan menurut umur dan letakkedalamannya, yaitu:
 young-shallow
,
old-shallow
,
 young-deep
dan
old-deep
.Minyak bumi young-shallow biasanya bersifat masam(sour), mengandung banyak bahan aromatik, sangat kental dankandungan sulfurnya tinggi.Minyak old-shallow biasanya kurangkental, titik didih yang lebih rendah, dan rantai paraffin yang lebihpendek. Old-deep membutuhkan waktu yang paling lama untukpemrosesan, titik didihnya paling rendah dan juga viskositasnyapaling encer. Sulfur yang terkandung dapat teruraikan menjadi H2Syang dapat lepas, sehingga old-deep adalah minyak mentah yangdikatakan paling “sweet”. Minyak semacam inilah yang palingdiinginkan karena dapat menghasilkan bensin (gasoline) yangpaling banyak.
8.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuminyak bumi ?
 
9.Sekitar 30-juta tahun di pertengahan jaman Cretaceous, pada akhir jaman dinosaurus, lebih dari 50% dari cadangan minyak dunia yangsudah diketahui terbentuk. Cadangan lainnya bahkan diperkirakanlebih tua lagi. Dari sebuah fosil yang diketemukan bersamaandengan minyak bumi dari jaman Cambrian, diperkirakan umurnyasekitar 544 sampai 505-juta tahun yang lalu.10.Para geologis umumnya sependapat bahwa minyak bumiterbentuk selama jutaan tahun dari organisme, tumbuhan danhewan, berukuran sangat kecil yang hidup di lautan purba. Begituorganisme laut ini mati, badannya terkubur di dasar lautan lalutertimbun pasir dan lumpur, membentuk lapisan yang kaya zatorganik yang akhirnya akan menjadi batuan endapan (sedimentaryrock). Proses ini berulang terus, satu lapisan menutup lapisansebelumnya. Lalu selama jutaan tahun berikutnya, lautan di bumiada yang menyusut atau berpindah tempat. Deposit yangmembentuk batuan endapan umumnya tidak cukup mengandungoksigen untuk mendekomposisi material organik tadi secarakomplit. Bakteri mengurai zat ini, molekul demi molekul, menjadimaterial yang kaya hidrogen dan karbon. Tekanan dan temperaturyang semakin tinggi dari lapisan bebatuan di atasnya kemudianmendistilasi sisa-sisa bahan organik, lalu pelan-pelan mengubahnyamenjadi minyak bumi dan gas alam. Bebatuan yang mengandungminyak bumi tertua diketahui berumur lebih dari 600-juta tahun. Yang paling muda berumur sekitar 1-juta tahun. Secara umumbebatuan dimana diketemukan minyak berumur antara 10-juta dan270-juta tahun.
Bagaimana caranya menemukan minyak bumi ?
Ada berbagai macam cara: observasi geologi, survei gravitasi, surveimagnetik, survei seismik, membor sumur uji, atau dengan educated guessdan faktor keberuntungan.
Survei gravitasi: metode ini mengukur variasi medan gravitasi bumiyang disebabkan perbedaan densitas material di struktur geologikulit bumi.
Survei magnetik: metode ini mengukur variasi medan magnetikbumi yang disebabkan perbedaan properti magnetik dari bebatuandi bawah permukaan. Survei magnetik dan gravitasi biasanyadilakukan di wilayah yang luas seperti misalnya suatu cekungan(basin).
Survei seismik menggunakan gelombang kejut (shock-wave) buatanyang diarahkan untuk melalui bebatuan menuju target reservoir dandaerah sekitarnya. Oleh berbagai lapisan material di bawah tanah,gelombang kejut ini akan dipantulkan ke permukaan dan ditangkapoleh alat receivers sebagai pulsa tekanan (oleh hydrophone didaerah perairan) atau sebagai percepatan (oleh geophone di darat).Sinyal pantulan ini lalu diproses secara digital menjadi sebuah petaakustik bawah permukaan untuk kemudian dapat diinterpretasikan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->