Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
11Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Agama - Sejarah Islam

Makalah Agama - Sejarah Islam

Ratings: (0)|Views: 2,416|Likes:

More info:

Published by: Dhiyaa Putri Kaniawati on Dec 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/16/2012

pdf

text

original

 
Gambar 1 Menara Masjid Kudus
 Islam tersebar di berbagai daerah diIndonesia. Bukti keberadaan Islam itu dapat dilihat bukan saja dari parapemeluknya yang memiliki pengikut paling besar di Indonesia.Bukti historis dan arkeologis juga mendukung keberadaan Islam di Indonesia.Bukti historis dan arkeologis dapat dilihat pada budaya dan tradisi yang telah lama hidup dan berkembangpadamasyarakat.Peninggalan Islam yang dapat kita saksikan hari ini merupakan perpaduan antara kebudayaan Islam dankebudayaan setempat. Hasil-hasil kebudayaan yang bercorak Islam dapat kita temukan antara lain dalambentuk bangunan (masjid, makam) dan seni.
 
a.
Peninggalan dalam Bentuk Bangunan
 Bangunan yang menjadi ciri khas Islam antara lain ialah masjid, istana/keraton, dan makam (nisan).1)
Masjid
 Masjid merupakan tempat salat umat Islam. Masjid tersebar di berbagai daerah.Namun, biasanya masjid didirikan pada tepi barat alun-alun dekat istana. Alun-alun adalah tempatbertemunya rakyat dan rajanya. Masjid merupakan tempat bersatunya rakyat dan rajanya sebagai sesamamahkluk Illahi dengan Tuhan. Raja akan bertindak sebagai imam dalam memimpin salat.Bentuk dan ukuran masjid bermacam-macam. Namun, yang merupakan ciri khas sebuah masjid ialah atap(kubahnya). Masjid di Indonesia umumnya atap yang bersusun, makin ke atas makin kecil, dan tingkatanyang paling atas biasanya berbentuk limas.Jumlah atapnya selalu ganjil. Bentuk ini mengingatkan kita pada bentuk atap candi yang denahnya bujursangkar dan selalu bersusun serta puncak stupa yang adakalanya berbentuk susunan payung-payung yangterbuka. Dengan demikian, masjid denganbentuk seperti ini mendapat pengaruh dari Hindu-Buddha.
 
Beberapa di antara masjid-masjid khas Indonesia memiliki menara, tempat muadzin menyuarakan adzandan memukul bedug. Contohnya menara Masjid Kudus yang memiliki bentuk dan struktur bangunan yangmirip dengan bale kul-kul di Pura Taman Ayun. Kul-kul memiliki fungsi yang sama dengan menara, yaknimemberi informasi atau tanda kepada masyarakat mengenai berbagai hal berkaitan dengan kegiatan suciatau yang lain dengan dipukulnya kul-kul dengan irama tertentu.Ciri-ciri masjid adalah sebagai berikut :1. Atapnya berbentuk tumpang yaitu atap bersusun yang semakin keatas semakin mengecil2. Terdapat menera yang berfungsi untuk mengumandangkan adzan3. Didalam kompleks biasanya terdapat kolam untuk berwudlu4. Pintu kerbangnya dilengkapi gapura seperti keratin / candiPeninggalan sejarah Islam dalam bentuk masjid, dapat kita lihat antara lain pada beberapa masjid berikut.(1) Masjid Banten (bangun beratap tumpang)(2) Masjid Demak (dibangun para wali)(3) Masjid Kudus (memiliki menara yang bangun dasarnya serupa meru)(4) Masjid Keraton Surakarta, Yogyakarta, Cirebon (beratap tumpang)(5) Masjid Agung Pondok Tinggi (beratap tumpang)(6) Masjid tua di Kotawaringin, Kalimantan Tengah (dibangun ulama penyebar siar pertama di Kalteng)(7) Masjid Raya Aceh, Masjid Raya Deli (dibangun zaman Sultan Iskandar Muda)2)
Makam dan Nisan
 Makam memiliki daya tarik tersendiri karena merupakan hasil kebudayaan. Makam biasanya memiliki batunisan. Di samping kebesaran nama orang yang dikebumikan pada makam tersebut, biasanya batu nisannyapun memiliki nilai budaya tinggi. Makam yang terkenal antara lain makam para anggota Walisongo danmakam raja-raja.Pada makam orang-orang penting atau terhormat didirikan sebuah rumah yang disebut cungkup atau kubahdalam bentuk yang sangat indah dan megah. Misalnya, makam Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, dan sunan-sunan besar yang lain.Peninggalan sejarah Islam dalam bentuk makam dapat kita lihat antara lain pada beberapa makam berikut.(1) Makam Sunan Langkat (di halaman dalam masjid Azisi, Langkat)
 
(2) Makam Walisongo(3) Makam Imogiri (Yogyakarta)(4) Makam Raja GowaPeninggalan sejarah Islam dalam bentuk nisan dapat kita lihat antara lain pada beberapa nisan berikut.(1) Di Leran, Gresik (Jawa timur) terdapat batu nisan bertuliskan bahasa dan huruf Arab, yang memuatketerangan tentang meninggalnya seorang perempuan bernama Fatimah binti Maimun yang berangka tahun475 Hijriah (1082 M);(2) Di Sumatra (di pantai timur laut Aceh utara) ditemukan batu nisan Sultan Malik alsaleh yang berangkatahun 696 Hijriah (!297 M);(3) Di Sulawesi Selatan, ditemukan batu nisan Sultan Hasanuddin;(4) Di Banjarmasin, ditemukan batu nisan Sultan Suryana Syah; dan(5) Batu nisan di Troloyo dan Trowulan.b.
Peninggalan dalam Bentuk Karya Seni
 Peninggalan Islam dapat juga kita temui dalam bentuk karya seni seperti seni ukir, seni pahat, senipertunjukan, seni lukis, dan seni sastra. Seni ukir dan seni pahat ini dapat dijumpai pada masjid-masjid diJepara. Seni pertunjukan berupa rebana dan tarian, misalnya tarian Seudati. Pada seni aksara, terdapattulisan berupa huruf arab-melayu, yaitu tulisan arab yang tidak memakai tanda (harakat, biasa disebut arabgundul).Salah satu peninggalan Islam yang cukup menarik dalam seni tulis ialah kaligrafi.Kaligrafi adalah menggambar dengan menggunakan huruf-huruf arab. Kaligrafi dapat ditemukan padamakam Malik As-Saleh dari Samudra Pasai.Karya sastra yang dihasilkan cukup beragam. Para seniman muslim menghasilkan beberapa karyasastra antara lain berupa syair, hikayat, suluk, babad, dan kitab-kitab.Syair banyak dihasilkan oleh penyair Islam, Hamzah Fansuri. Karyanya yang terkenal adalah Syair Dagang,Syair Perahu, Syair Si Burung Pangi, dan Syair Si Dang Fakir.Syair-syair sejarah peninggalan Islam antara lain Syair Kompeni Walanda, Syair Perang Banjarmasin, danSyair Himop. Syair-syair fiksi antara lain Syair Ikan Terumbuk dan Syair Ken Tambunan.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Zul Fuadi liked this
Tedjo Cjdw liked this
Shin Jeeyeon liked this
Ali Fakhrudin liked this
Rickho Annkara liked this
Suraya Banyal liked this
Muhammad Ikhsan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->