Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
18Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Virus Papiloma Manusia

Virus Papiloma Manusia

Ratings: (0)|Views: 1,836 |Likes:
Published by Maulidiyah Megasari

More info:

Published by: Maulidiyah Megasari on Dec 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/19/2013

pdf

text

original

 
TUGAS PATOFISIOLOGIRESUME“Human Papiloma Virus (HPV)”Disusun Oleh :1.Dian Wulan Sari S(062310101026)2.Ahdya Islaha W(082310101055)3.Maulidiyah Megasari(092310101012)4.Aridha Silmi(092310101041)5.Mokhlas Kholidi (092310101059)6.Rozy Yudha(092310101071)
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANUNIVERSITAS JEMBER 2010
 
Virus Papiloma Manusia (HPV)A. Definisi
Virus papiloma manusia (HPV) adalah suatu patogen DNA yangmenyebabkan timbulnya berbagai tumor jinak (kutil) dan beberapa lesi pramaligma dan maligna. Sampai saat ini sudah diketahui lebih dari 100 subtipeHPV, dengan 33 diantaranya diketahui menginfeksi saluran genital. Infeksi HPVdapat menyebabkan kanker serviks, penis dan anus. Penularan HPV genitalhampir semata-mata melalui hubungan kelamin, walaupun autoinokulasi dan penularan melalui fomite juga dapat terjadi. Infeksi dapat ditularkan kepadaneonatus saat persalinan. Faktor resiko terbesar untuk timbulnya HPV adalah jumlah pasangan seks. Merokok, pemakaian kontrasepsi oral (KO), dan kehamilantampaknya meningkatkan kerentanan terhadap infeksi HPV.
B. Etiologi
Human Papillomavirus (HPV) diidentifikasi sebagai penyebab kondilomaakuminata. Kondiloma adalah kutil yang berlokasi di area genital (uretra, genitaldan rektum). Kondiloma merupakan penyakit menular seksual dan berpengaruh buruk bagi kedua pasangan. Masa inkubasi dapat terjadi sampai beberapa bulantanpa tanda dan gejala penyakit. Biasanya lebih banyak selama masa kehamilandan ketika terjadi pengeluaran cairan yang berlebihan dari vagina. Meskipunsedikit, kumpulan bunga kol bisa berkembang dan sebagai akibatnya adalahakumulasi bahan-bahan purulen pada belahan-belahan, biasanya berbau tidak sedap warnanya abu-abu, kuning pucat atau merah muda.Kondiloma akuminata merupakan tonjolan-tonjolan yang berbentuk bungakol atau kutil yang meruncing kecil yang bertumbuh kembang sampai membentuk kelompok yang berkembang terus ditularkan secara seksual. Kondilomaakuminata dijumpai pada berbagai bagian penis atau biasanya didapatkan melaluihubungan seksual melewati liang rectal disekitar anus, pada wanita dijumpai pada permukaan mukosa pada vulva, serviks, pada perineum atau disekitar anus.
 
Kondiloma sering kali tampak rapuh atau mudah terpecah, bisa terssebar multifocal dan multisentris yang bervariasi baik dalam jumlah maupun ukurannya.Lesinya bisa sangat meluas sehingga dapat menguasai penampakan normal dananatomi pada genitalia. Daerah tubuh yang paling umum adalah frenulum, korona,glans pada pria dan daerah introitus posterior pada wanita.
C. Manifestasi Klinis
Kondiloma akuminata sering muncul disaerah yang lembab, biasanya pada penis, vulva, dinding vagina dan dinding serviks dan dapat menyebar sampaidaerah perianal, berbau busuk, warts/kutil memberi gambaran merah muda, flat,gambaran bunga kolPada pria dapat menyerang penis, uretra dan daerah rektal. Infeksi dapatdormant atau tidak dapat dideteksi, karena sebagian lesi tersembunyi didalamfolikel rambut atau dalam lingkaran dalam penis yang tidak disirkumsisi.Pada wanita condiloma akuminata menyerang daerah yang lembab dari labiaminora dan vagina. Sebagian besar lesi timbul tanpa simptom. Pada sebagiankasus biasanya terjadi perdarah setelah coitus, gatal atau vaginal dischargeUkuran tiap kutil biasanya 1-2 mm, namun bila berkumpul sampai berdiameter 10, 2 cm dan bertangkai. Dan biasanya ada yang sangat kecil sampaitidak diperhatikan. Terkadang muncul lebih dari satu daerah. Pada kasus yang jarang, perdarahan dan obstruksi saluran kemih jika virus mencapai saluran uretra.Memiliki riwayat kehidupan seksual aktif dengan banyak pasangan.
D. Patofisiologi
HPV merupakan kelompok virus DNA double-strand. Sekitar 30 jenis HPVdapat menginfeksi traktus anogenital. Virus ini menyebabkan lokal infeksi danmuncul sebagai lesi kondiloma papilomatous. Infeksi HPV menular melaluiaktivitas seksual.

Activity (18)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
sriffauzia960 liked this
Abimaniu Gde liked this
Nanne Rumlaklak liked this
Endy'x Yrs liked this
Muhammad Najib liked this
Sigit Iqbal Sis liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->