Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
bleparitis

bleparitis

Ratings: (0)|Views: 477|Likes:
Published by Dexzal

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Dexzal on Dec 24, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

 
www.teammedical.co.cc www.calvariatmc.blogspot.com 1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Blefaritis adalah radang pada kelopak mata. Radang yang sering terjadipada kelopak merupakan radang kelopak dan tepi kelopak. Radang bertukak atautidak pada tepi kelopak biasanya melibatkan folikel dan kelenjar rambut.Blefaritis ditandai dengan pembentukan minyak berlebihan di dalam kelenjar didekat kelopak mata yang merupakan lingkungan yang disukai oleh bakteri yangdalam keadaan normal ditemukan di kulit.
1
Biasanya orang sering menganggap kelelahan pada mata, mata yangberpasir, terasa silau juga tidak nyaman bila terkena sinar matahari atau pada saatberada pada lingkungan yang berasap, memberikan gambaran berupa mata merahdan seperti ada benda asing di dalam mata.
2
 Blefaritis biasanya dilaporkan sekitar 5% dari keseluruhan penyakit matayang ada pada rumah sakit (sekitar 2-5% penyakit blefaritis ini dilaporkan sebagaipenyakit penyerta pada penyakit mata). Blefaritis lebih sering muncul pada usiatua tapi dapat terjadi pada semua umur.
4
Blefaritis dapat disebabkan infeksi dan alergi biasanya berjalan kronis ataumenahun. Blefaritis alergi biasanya berasal dari debu, asap, bahan kimia iritatif,dan bahan kosmetik. Infeksi kelopak mata dapat disebabkan kuman streptococcusalfa atau beta, pneumococcus, dan pseudomonas. Bentuk blefaritis yang biasanyadikenal adalah skuamosa, blefaritis ulseratif, dan blefaritis angularis.
3
Gejala umum pada blefaritis adalah kelopak mata merah, bengkak, sakit,eksudat lengket dan epiforia. Blefaritis biasanya terjadi kolonisasi bakteri padamata. Hal ini mengakibatkan invasi mikrobakteri secara langsung pada jaringan,kerusakan sistem imun atau kerusakan yang disebabkan oleh produksi toksinbakteri, sisa buangan dan enzim. Kolonisasi dari tepi kelopak mata dapatditingkatkan dengan adanya dermatitis seboroik dan kelainan fungsi kelenjarmeibom.
1
 
www.teammedical.co.cc www.calvariatmc.blogspot.com 2Dalam banyak kasus, kebersihan dan rajin membersihkan kelopak matabisa mencegah blefaritis. Termasuk sering keramas dan mencuci muka. Padabeberapa kasus yang disebabkan karena bakteri, penggunaan antibiotik dapatdigantikan dengan hanya menjaga kebersihan kelopak mata. Pentingnyamembersihkan kelopak mata sebelum tidur, karena proses infeksi terjadi saatsedang tidur.Blefaritis sering disertai dengan konjungtivitis dan keratitis. Biasanyablefaritis sebelum diobati dibersihkan dengan garam fisiologik hangat, dankemudian diberikan antibiotik yang sesuia. Penyulit blefaritis yang dapat timbuladalah konjungtivitis, keratitis, hordeolum, kalazoin, dan madarosis. Blefaritisyang kronis biasanya sulit disembuhkan, meski membuat tidak nyaman danmenjadikan mata terlihat kotor, namun blefaritis tidak menyebabkan kerusakanpermanen pada organ penglihatan.
1,3,6
 
 
www.teammedical.co.cc www.calvariatmc.blogspot.com 3
BAB IITINJAUAN PUSTAKA2.1. Anatomi
Kelopak atau palpebra mempunyai fungsi melindungi bola mata, sertamengeluarkan sekresi kelenjarnya yang membentuk film air mata di depan korneaserta menyebarkan film air mata yang telah di produksi ini ke konjungtiva dankornea. Palpebra merupakan alat penutup mata yang berguna untuk melindungibola mata terhadap trauma, trauma sinar dan pengeringan mata, karena kelopak mata juga berfungsi untuk menyebarkan film air mata ke konjungtiva dan kornea.
1,7
Gambar 1 : anatomi kelopak mataPada kelopak terdapat bagian-bagian:
 
Satu lapisan permukaan kulit. Tipis dan halus, dihubungkan oleh jaringan ikatyang halus dengan otot yang ada dibawahnya, sehingga kulit dengan mudahdapat digerakkan dari dasarnya. Dengan demikian, maka edema danperdarahan mudah terkumpul disini, sehingga menimbulkan pembengkakanpalpebra. Di kulit ini pun terdapat kelenjar keringat Zeis dan Moll, rambutseperti pada bagian tubuh yang lain.
 
Kelenjar seperti kelenjar sebasea, kelenjar moll atau kelenjar keringat, kelenjarzeis pada pangkal rambut, dan kelenjar meibom pada tarsus dan bermuarapada tepi kelopak mata.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->