Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Transplantasi ginjal

Transplantasi ginjal

Ratings: (0)|Views: 1,489 |Likes:
Published by barbie_azrina

More info:

Published by: barbie_azrina on Dec 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2014

pdf

text

original

 
Transplantasi ginjal (Cangkok ginjal)
Transplantasi ginjal adalah suatu metode terapi dengan cara "memanfaatkan" sebuahginjal sehat (yang diperoleh melalui proses pendonoran) melalui prosedur pembedahan.Ginjal sehat dapat berasal dari individu yang masih hidup (donor hidup) atau yang baru sajameninggal (donor kadaver). Ginjal µcangkokan¶ ini selanjutnya akan mengambil alih fungsikedua ginjal yang sudah rusak.Kedua ginjal lama, walaupun sudah tidak banyak berperan tetap berada pada posisinya semula, tidak dibuang, kecuali jika ginjal lama ini menimbulkan komplikasiinfeksi atau tekanan darah tinggi.
CaraTransplantasi
 Prosedur bedah transplantasi ginjal biasanya membutuhkan waktu antara 3 sampai 6 jam.Ginjal baru ditempatkan pada rongga perut bagian bawah (dekat daerah panggul) agar terlindung oleh tulang panggul. Pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh darah balik (vena) dariginjal µbaru¶ ini dihubungkan ke arteri dan vena tubuh. Dengan demikian, darah dapatdialirkan ke ginjal sehat ini untuk disaring. Ureter (saluran kemih) dari ginjal barudihubungkan ke kandung kemih agar urin dapat dialirkan keluar.
 
P
asca Transplantasi Ginjal
 Transplantasi Ginjal dinyatakan berhasil jika ginjal tersebut dapat bekerja sebagaiµpenyaring darah¶ sebagaimana layaknya ginjal sehat sehingga tidak lagi memerlukantindakan Dialisis (cuci darah).
Mencegah Reaksi
P
enolakan (Rejeksi) terhadap Ginjal 'Baru'
 Karena ginjal µbaru¶ ini bukan merupakan ginjal yang berasal dari tubuh pasien sendiri,maka ada kemungkinan terjadi reaksi tubuh untuk menolak µbenda asing¶ tersebut.Untuk mencegah terjadinya reaksi penolakan ini, pasien perlmengonsumsi obat-obat anti-rejeksi atau imunosupresan segerasesudah menjalani transplantasi ginjal. Obat-obat imunosupresan bekerja dengan jalan menekan sistem imun tubuh sehinggamengurangi risiko terjadinya reaksi penolakan tubuh terhadapginjal cangkokan.
Efek Samping Imunosupresan
 Obat imunosupresan dapat membuat sistem imun (daya tahan tubuh terhadap penyakit)menjadi lemah sehingga mudah terkena infeksi. Efek samping lainnya dari imunosupresan:wajah menjadi bulat, berjerawat, atau tumbuh bulu-bulu halus pada wajah, juga dapatmenyebabkan peningkatan berat badan. Beritahu dokter jika Anda mengalami efek-efek samping seperti ini untuk segera ditangani secara tepat.Transplantasi organ adalah transplantasi atau pemindahan seluruh atau sebagian organdari satu tubuh ke tubuh yang lain, atau dari suatu tempat ke tempat yang lain pada tubuhyang sama. Transplantasi ini ditujukan untuk menggantikan organ yang rusak atau tak  befungsi pada penerima dengan organ lain yang masih berfungsi dari donor. Donor organdapat merupakan orang yang masih hidup ataupun telah meninggal.Organ yang ditransplantasikan disebut Graft. Ada 5 macam Graft:- Allograft. Terjadi pada 2 orang yang sama spesisnya- Isograft. Terjadi pada kembar identik - Autograft. Terjadi dengan bahan tubuh sendiri. Contohnya operasi plastik.- Xenograft. Transplantasi organ yang berasal dari orang lain ataupun binatang spesies lain.
 
- Syhthetic graft. Transplantasi bahan buatan untuk menggantikan atau menambah fungsiaslinya.1. Apa yang menyebabkan penderita harus menerima transplantasi organ?Seseorang harus menerima transplantasi organ jika organ orang tersebut mengalamikerusakan atau tidak berfungsi lagi. Apabila hal tersebut terjadi, maka jalan terbaik adalahdengan mentransplantasikan organ ke dalam tubuh penderita agar penderita dapat tetaphidup.2. Bagaimana cara Transplantasi organ tersebut?Transplantasi GinjalTransplantasi ginjal adalah suatu metode terapi dengan cara memanfaatkan sebuahginjal sehat (yang diperoleh melalui proses pendonoran) melalui prosedur pembedahan.Ginjal sehat dapat berasal dari individu yang masih hidup (donor hidup) atau yang baru sajameninggal (donor kadaver). Ginjal µcangkokan¶ ini selanjutnya akan mengambil alih fungsikedua ginjal yang sudah rusak.Ginjal baru dapat diperoleh dari donor yang baru saja meninggal dunia, atau dari donor hidup. Donor hidup bisa keluarga, bisa juga bukan ± biasanya pasangan atau teman. Jikaanda tidak memiliki donor hidup, anda akan dimasukkan ke dalam daftar tunggu untuk memperoleh ginjal dari donor meninggal. Masa tunggu tersebut dapat berlangsung bertahun-tahun.Petugas transplantasi akan mempertimbangkan tiga faktor untuk menentukankesesuaian ginjal dengan penerima (resipien). Faktor tersebut akan menjadi tolak ukur untuk memperkirakan apakah sistim imun tubuh penerima akan menerima atau menolak ginjal baru tersebut.- Golongan darah. Golongan darah penerima (A,B, AB, atau O) harus sesuai dengangolongan darah donor. Faktor golongan darah merupakan faktor penentu kesesuaian yang paling penting.- Human leukocyte antigens (HLAs). Sel tubuh membawa 6 jenis HLAs utama, 3 dari ibudan 3 dari ayah. Sesama anggota keluarga biasanya mempunyai HLAs yang sesuai. Resipienmasih dapat menerima ginjal dari donor walaupun HLAs mereka tidak sepenuhnya sesuai,asal golongan darah mereka cocok, dan tes lain tidak menunjukkan adanya gangguankesesuaian.

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
Nia Khairy liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
fahmialhaqqi liked this
Iant Retalica liked this
Iant Retalica liked this
Yoelly Kamun liked this
Ayux Suarningsih liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->