Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
47Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Administrasi Dan Supervisi Pendidikan

Makalah Administrasi Dan Supervisi Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 5,071 |Likes:
Published by dwiseptiana

More info:

Published by: dwiseptiana on Dec 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar BelakangPenjaminan mutu merupakan kata kunci yang menjadi fenomena dalam duniapendidikan, hal ini terjadi seiring dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 20 tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun2005 tentang standar nasional pendidikan. Implementasi dari kedua payung hukumtersebut di lakukan oleh pemerintah, antara lain dengan terbitnya Peraturan MenteriPendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah.Salah satu isi dari PerMendiknas tersebut adalah kompotensi manajerial, kepemimpinanmerupakan standar kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah. Disamping itupelaksanaan Otonomi Daerah mengharuskan kepala sekolah untuk mampu menyesuaikandengan situasi dan kondisi peraturan yang berlaku di daerah masing masing. Atas dasarpokok pikiran tersebut maka kepala sekolah harus mempunyai keterampilan dalambidang kepemimpinan.Banyak variabel yang bisa mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan, salahsatunya adalah peran kepala sekolah dan pengawas. Pengelolaan sekolah mencakupbeberapa unsur, antara lain mengembangkan dan merawat fasilitas sekolah;merencanakan dan mengusahakan pengadaan sumber belajar, buku, alat, dan bahan yangdibutuhkan guru untuk mengajar; bekerja sama dengan orang tua dan masyarakat; namunyang paling penting adalah menjamin mutu pendidikan yang diterima anak. Pengawas juga mempunyai potensi besar untuk mempengaruhi kepala sekolah, guru, orang tua danmasyarakat di wilayahnya supaya mereka secara aktif bekerja untuk meningkatkan mutupendidikan di sekolahnya. Ada beberapa kepala sekolah di masing-masing daerah yangberperan aktif dalam pengelolaan sekolahnya seperti yang diinginkan, namun masihbanyak yang pasif dimana mereka hanya melakukan administrasi wajib dan tidak berusaha mendorong kemajuan sekolahnya. Dalam bagian ini akan dibahas contoh perankepala sekolah dan pengawas yang aktif mendorong kemajuan pendidikan di sekolahnyaberdasarkan pengalaman nyata di lapangan.
 
2
B.
 
Rumusan Masalah1.
 
Mahasiswa dapat memahami tugas kepala sekolah sebagai administrator.2.
 
Mahasiswa dapat memahami tugas kepala sekolah sebagai supervisor.3.
 
Mahasiswa dapat mengetahui penerapan tugas kepala sekolah sebagaiadministrator dan supervisor.C.
 
TujuanTujuan pembuatan Makalah Kepala Sekolah Sebagai Administrator DanSupervisor ini adalah sebagai berikut:1.
 
Untuk memenuhi tugas kelompok pada mata kuliah Administrasi Pendidikan2.
 
Untuk mengetahui penerapan teori kepala sekolah sebagai administrator dansupervisor3.
 
Untuk mengambil kesimpulan bagaimana penerapan yang sesuai kepala sekolahmenjadi administrator sekaligus supervisor di sekolah yang dipimpinnya.D.
 
Metode Pembuatan LaporanMetode yang digunakan dalam penyusunan makalah Kepala Sekolah SebagaiAdministrator Dan Supervisor iniadalah dengan mencari teori pendukung yang terkait dimedia tulis juga media teknologi.
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
Tujuan pendidikan di masa penjajahan Belanda di sesuaikan dengan tujuan kolonialismeBelanda. Sedangkan tujuan pendidikan di Indonesia sekarang harus sesuai dengan dasar dantujuan Negara Republik Indonesia.Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah di masa penjajahan Belanda dapat dikatakanberhasil sebagai pemimpin sekolah jika ia dapat memerintah dan mengawasi para guru,menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan-peraturan serta ketentuan-ketentuanyang telah digariskan dan ditetapkan dari atasannya. Berlainan dengan kepala sekolah sekarangsetelah Indonesia berkembang, sesuai dengan pendidikan di Negara kita Indonesia yang bersifatnasional-demokratis, kepala sekolah tidak hanya bertanggung jawab atas kelancaran jalannyasekolah secara teknis akademis saja.Seorang kepala sekolah hendakya memenuhi syarat- syarat minimal sebagai berikut:a.
 
Kepala sekolah untuk kepala sekolah taman kanak-kanak dan sekolah dasar serendah-rendahnya berijazah SGA/SPG atau SGTK (SPG jurusan B).b.
 
Kepala sekolah untuk kepala sekolah SMTP serendah-rendahnya berijazah sarjana muda atauBIc.
 
Kepala sekolah untuk kepala sekolah SMTA serendah-rendahnya berijazah sarjana atau BIIKarena jenis SMTP dan SMTA bermacam-macam (SMP, SMA, SMEA, SPG, SMTK, STM,SMOA, SAA, SPMA, SKMA, SPDMA, dsb.) maka ijazah yang diperlukan bagi seorangkepala sekolah pun hendaknya sesuai dengan jurusan atau jenis sekolah yang dipimpinnya.Berikut penjelasan mengenai tugas kepala sekolah sebagai administrator dan supervisorakan dibahas lebih terperinci1.
 
Kepala Sekolah Sebagai AdministratorSergiovanni (1991) membedakan tugas kepala sekolah menjadi dua, yaitu tugas dari sisi
administrative process
atau proses administrasi, dan tugas dari sisi
task areas
atau bidanggarapan pendidikan. Tugas merencanakan, mengorganisir, meng-koordinir, melakukankomunikasi, mempengaruhi, dan mengadakan evaluasi merupakan komponen-komponen

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adi Setiawan liked this
Achmad Philip liked this
Lihin Saputra added this note
tingktkn motifasi bljr kta
Fifi Damita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->