Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bimbingan Dan Konseling

Bimbingan Dan Konseling

Ratings: (0)|Views: 619|Likes:
Published by Mattobi'i
Pengembangan Diri melalui Layanan BK
Pengembangan Diri melalui Layanan BK

More info:

Published by: Mattobi'i on Dec 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/14/2011

pdf

text

original

 
PENGEMBANGAN DIRIMELALUIPELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Paradigma, Visi, dan MisiA.Paradigma
Paradigma konseling adalah pelayanan bantuan
 psiko-pendidikan
dalam
bingkai budaya
. Artinya, pelayanan konseling berdasarkan kaidah-kaidahkeilmuan dan teknologi pendidikan serta psikologi yang dikemas dalam kaji-terapan pelayanan konseling yang diwarnai oleh budaya lingkungan pesertadidik.
B.Visi
Visi pelayanan konseling adalah terwujudnya kehidupan kemanusiaan yangmembahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberiandukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar peserta didikberkembang secara optimal, mandiri dan bahagia.
C.Misi
1.
Misi pendidikan
,
yaitu memfasilitasi pengembangan peserta didikmelalui pembentukan perilaku afektif-normatif dalam kehidupankeseharian dan masa depan.
2.
Misi pengembangan
,
yaitu memfasilitasi pengembangan potensidan kompetensi peserta didik di dalam lingkungan sekolah, keluarga danmasyarakat.
3.
Misi pengentasan masalah
,
yaitu memfasilitasi pengentasanmasalah peserta didik mengacu pada kehidupan efektif sehari-hari.
Tugas Perkembangan Peserta Didik SMP
Arah pelayanan konseling dalam mencapai visi dan misi di atas didasarkanpada pemenuhan tugas-tugas perkembangan peserta didik SMP, yaitu:
1.
Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman danbertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positif serta dinamisterhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untukkehidupan yang sehat.3.Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalamperanannya sebagai pria dan wanita.4.Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterimadalam kehidupan yang lebih luas.5.Mengenal kemampuan, bakat, dan minatr serta arahkecenderungan karir dan apresiasi seni.6.Mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengikutidan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karir serta berperandalam kehidupan di masyarakat.7.Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupanmandiri secara emosional, social, dan ekonomi.8.Mengenal system etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagaipribadi, anggota masyarakat, dan warga Negara.
SMP Negeri 5 Trenggalek 
1
 
Program Bimbingan dan Konseling
A.Pengertian
Bimbingan
pada prinsipnya adalah proses pemberian bantuan yangdilakukan oleh orang yang ahli kepada seorang atau beberapa orangindividu dalam hal memahami diri sendiri,menghubungkan pemahaman tentang dirinya sendiri dengan lingkungan,memilih, menentukan dan menyusun rencana sesuai dengan konsep dirinyadan tuntutan lingkungan berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Konseling 
adalah usaha membantu konseli/klien secara tatap muka dengantujuan agar klien dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadapberbagai persoalan atau masalah khusus. Dengan kata lain, teratasinyamasalah yang dihadapi oleh konseli/klien.
B.Tujuan
Tujuanpemberian layanan bimbingan ialah agar siswa dapat:1.Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir sertakehidupannya di masa yang akan datang.
2.
Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinyaseoptimal mungkin.3.Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakatserta lingkungan kerjanya.4.Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi,penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupunlingkungan kerja.Secara khusus bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu siswaatau peserta didik agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannyayang meliputi aspek pribadi-sosial, belajar (akademik), dan karir.Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, siswa harus mendapatkankesempatan untuk:
1.
Mengenal dan memahami potensi, kekuatan, dan tugas-tugasperkembangannya,
2.
Mengenal dan memahami potensi atau peluang yang ada dilingkungannya.3.Mengenal dan menentukan tujuan dan rencana hidupnya serta rencanapencapaian tujuan tersebut.4.Memahami dan mengatasi kesulitan-kesulitan sendiri.
5.
Menggunakan kemampuannya untuk kepentinyan dirinya, kepentinganlembaga tempat bekerja dan masyarakat.6.Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tuntutan dari lingkungannya.7.Mengembangkan segala potensi dan kekuatan yang dimilikinya secaraoptimal.
SMP Negeri 5 Trenggalek 
2
 
C.Fungsi Bimbingan
1.Fungsi pemahaman2.Fungsi preventif 3.Fungsi Pengembangan4.Fungsi perbaikan (penyembuhan)5.Fungsi penyaluran6.Fungsi adaptasi7.Fungsi penyesuaian
D.Prinsip-prinsip Bimbingan
Terdapat beberapa prinsip dasar yang dipandang sebagai fundasi ataulandasan bagi layanan bimbingan. Prinsip-prinsip ini berasal dari konsep-konsep filosofis tentang kemanusiaan yang menjadi dasar bagi pemberianlayanan bantuan atau bimbingan, baik di sekolah maupun di luar sekolah.Prinsip-prinsip itu adalah sebagai berikut:1.Bimbingan diperuntukkan bagi semua siswa(guidance is for all).2.Bimbingan sebagai proses individuasi.3.Bimbingan menekankan hal yang positif.4.Bimbingan merupakan usaha bersama.5.Pengambilan keputusan merupakan hal yang esensial dalam bimbingan.6.Bimbingan berlangsung dalam berbagai setting (adegan) kehidupan.
E.Asas Bimbingan dan Konseling
Keterlaksanaan dan keberhasilan pelayanan bimbingan dan konselingsangat ditentukan oleh diwujudkannya asas-asas berikut:1.Asas kerahasiaan2.Asas kesukarelaan3.Asas keterbukaan4.Asas kegiatan5.Asas kemandirian6.Asas kekinian7.Asas kedinamisan8.Asas keterpaduan9.Asas keharmonisan10.Asas keahlian11.Asas alih tangan kasus
F.Bidang Bimbingan
1.Pengembangan kehidupan pribadi
2.
Pengembangan kehidupan sosial3.Pengembangan kemampuan belajar 4.Pengembangan karir 
SMP Negeri 5 Trenggalek 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->