Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tata Tertib Siswa Smp Muh Ygya

Tata Tertib Siswa Smp Muh Ygya

Ratings: (0)|Views: 489 |Likes:
Published by Agung Jbank

More info:

Published by: Agung Jbank on Dec 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

 
Tata Tertib Siswa
TATA TERTIB SISWASMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTATAHUN PELAJARAN 2008/2009
BAB IKETENTUAN UMUNPASAL 1
Yang dimaksud dengan tata tertib adalah :1. Seperangkat peraturan/kaidah yang wajib ditaati dan dilaksanakan oleh pelaksana Tata Tertibdalam hal ini siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.2. Pemantau adalah Kepala Sekolah, Staf Wakaur, Wali Kelas, Guru dan karyawan SMPMuhammadiyah 2 Yogyakarta.3. Kewajiban pemantau adalah sebagai Pengawas tata tertib dan menindaklanjuti secarakonsisten, kontinue dan bertanggung jawab.
BAB IIDASAR PASAL 2
1. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan kota Yogyakarta Nomor 188/1472/ tahun 2008, tanggal30 Juni 2008. tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Wali Kota Penyususnan Tata TertibSekolah.2. SK Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta Nomor 026/ KEP/III.o/ C/ 2008,tanggal 20 Mei 2008 tentang ketentuan penggunaan Seragam Sekolah bagi SMP/ MTs/SMA/ MAMuhammadiyah di lingkungan Perguruan Muhammadiyah Kota Yogyakarta.3. Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 24 tahun 2008 tentang Pedoman Penyusunan TataTertib Sekolah.4. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.5. INPRES No. 14 tahun 1981 tanggal 1 Desember 1981 Tentang Penyelengaraan PengibaranMerah Putih.6. Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No 0461/U/1984 Tentang Pembinaan Siswa.7. Petunjuk Pelaksanaan Upacara Di Sekolah
 
8. Tentang Wawasan Wiyata Mandala9. Tujuan Pendidikan Muhammadiyah
BAB IIITUJUANPasal 3
1. Mengatur kehidupan siswa sehari-hari di sekolah sesuai tujuan Pendidikan Muhammadiyahdan Persyarikatan Muhammadiyah.2. Menjaga proses belajar mengajar agar Tata Tertib lancar dan tenang3. Mengatur sikap dan tingkah laku siswa sesuai Tujuan Pendidikan di PersyarikatanMuhammadiyah .4. Meningkatkan pembinaan siswa dalam rangka menunjang Wawasan Wiyata mandala.5. Meningkatkan Ketahanan Sekolah.
BAB IVPAKAIAN SERAGAM SEKOLAHPasal 4
1. Pakaian HarianSenin s.d Kamis : Mengenakan seragam OSIS terbaru yang terdiri dari rok panjang/celana panjang biru san baju putih lenga panjang berbadge OSIS,lokasi dan merah putih , keudung merah putih yang diberikan olehsekolah san memakai daleman/mukena bagi putri (poni rambuttidak kelihatan) dan untuk siswa putra berpeci warna hitam, kaoskaki putih dan sepatu warna hitam/ tidak ada warna lain (khusus hariSenin). Baju atas panjangnya 5 cm di atas lutut bagi putri.Jum’at : Untuk Kelas VII mengenakan seragam HW terdiri rok/ celana panjang biru, baju coklat, kerudung HW, baret untuk siswa putraserta seleyer HW, kelas VIII dan kelas IX mengenakan seragamkhusus, pink bagi yang putri dan merah anggur bagi yang putra.Sabtu : Mengenakan seragam IRM terdiri dari rok/ celana coklat, bajukuning dan kerudung IRM bagi putri dan putra berpeci.2. Pemakaian baju seragam harus memakai baju dalam warna putih polos/ kaos putih baik siswa putra maupun putri.3. Baju dimasukkan ke dalam celana bagi siswa putra kecuali seragam IRM bagi kelas VIII danIX.4. Pakaian seragam tidak boleh di corat-coret atau dirubah modelnya sesuai dengan ketentuanyang berlaku..
BAB VUPACARA BENDERAPasal 5
1. Upacara Bendera wajib diikuti seluruh siswa yang kelasnya upacara2. Pelaksanaan upacara dilaksanakan setiap hari Senin mulai pukul 06.45 WIB atau hari lain yangsudah dengan kegiatan nasional.3. Petugas uacara diatur secara bergilir kecuali hari/ upacara khusus akan dilaksanakan oleh
 
OSIS/ IRM.
BAB VIKEGIATAN BELAJAR MENGAJAR Pasal 6
1. Kegitan belajar Mengajar dimulai dengan tadarus selama 10 menit dari Pukul 07.00 s.d 07.10WIB dipimpin oleh guru jan pertama atau wali kelasnya.2. Kegiatan Belajar Mengajar dinulai pukul 07.10 s.d 13.30 WIB.3. Kegiatan Belajar Mengajar diatur dengan jadwal pelajaran yang telah disusun oleh pihak sekolah.4. Siswa yang terlambat boleh masuk mengikuti kegiatan belajar mengajar apabila mendapat ijinguru piket dan guru BK.5. Siswa yang mengikuti pelajaran olahraga di lapangan apabila sudah selesai segera kembali kesekolah/ kelas untuk mengikuti pelajaran berikutnya sesuai jadwal.6. Siswa boleh menerima tamu pada jam istirahat dengan ijin guru piket kecuali ada keperluanyang sangat mendesak.7. Apabila berhalangan hadir wajib memberikan surat ijin ditunjukkan kepada Kepala Sekolahatau Wali kelas yang berangkutan.8. Setiap siswa wajib mengikuti seluruh mata pelajaran dengan ketentuan :a. Kehadiran 90 % dari setiap mata pelajaran yang diikuti (kurang dari 90 % tidak bolehmengikuti ulangan Mid Semester, ulangan semester atau ujian akhir). b. Setiap siswa harus dapat memenuhi standar nilai ketentuan yang telah ditentukan pada setiapmata pelajaran.c. Setiap siswa harus menyelesaikan tugas dan ulangan yang ditentukan oleh guru.9. Siswa yang tidak dapat meningkatkan prestasi belajarnya dan atau tidak naik kelas, maka siswatersebut bersedia mengulang ditingkatnya atau mengundurkan diri dari SMP Muhammadiyah 2Yogyakarta.
PASAL VIIPOTONG RAMBUTPasal 7
.1. Siswa putra berpotongan rambut pendek, rapi wajar, tengkuk kelihatan dan rambut depan tidak menutupi alis serta samping tidak menutupi daun telinga, tidak berwarna selain hitam.2. Siswa putri tidak boleh kelihatan poni rambut dan harus memakai daleman.
BAB VIIILARANGANPasal 8
SISWA DILARANG1. Meninggalkan pelajaran sekolah pada jam efektif tanpa ijin guru piket.2. Merusak nama baik disengaja atau tidak disengaja.3. Membawa, memakai, menyimpan, mengedarkan obat terlarang, VCD porno, bacaan asusiladan sejenisnya dan yang dilarang oleh Negara.4. Untuk siswi putri memakai make-up, perhiasan yang berlebihan.5. Membuat keonaran baik disekolah maupun dilingkungan sekolah.6. Mengotori lingkungan sekolah berupa corat-coret, membuang sampah atau hal lain yang tidak semestinya.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
apridia liked this
Afina Fina liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->