Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kebijakan

kebijakan

Ratings: (0)|Views: 535|Likes:
Published by David Sigalingging

More info:

Published by: David Sigalingging on Dec 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
DASAR-DASAR KEBIJAKAN DI BIDANGPENDIDIKAN 
Setelah selesai mempelajari Uraian Materi Kegiatan Pembelajaran 1 modul ini,diharapkan Anda dapat :1. Menyebutkan dasar-dasar kebijakan di bidang pendidikan2. Menjelaskan kedudukan Pancasila dan UUD 45 dalam kaitannya dengankebijakan pendidikan3. Menjelaskan kebijakan umum bidang pendidikan yang terdapat dalam GBHN4. Menguraikan ketentuan-ketentuan pokok yang diatur dalam UU No.2 tahun 1989tentang Sistem Pendidikan Nasional5. Menguraikan substansi materi yang terdapat dalam UU No. 22- tahun 1999khususnya yang terkait dengan bidang pendidikan .6. Mengidantifikasikan kewenangan-kewenangan pendidikan dari PP No. 25 tahun20007. Menguraikan pokok-pokok kebijakan di bidang pendidikan dasar dan menengahdalam propenas 2001-2005Kebijakan-kebijakan pendidikan di Indonesia berpijak pada legalitas hukum yang diatursecara hirarkis dari yang tertinggi sampai yang paling rendah. Berdasarkan logika yuridis,kebijakan mengenai kebijakan pendidikan yang ada dewasa ini pada saatnya sudahdibuat sedemikian rupa sehingga selaras dengan logika hukum tersebut.Sebagai orang yang bertugas di wilayah praktis pendidikan. Sudah selayaknya Andamemahami betul tentang kebijakan-kebijakan bidang pendidikan. khususnya yang adadalam lingkup pendidikan dasar dan menengah. Hal ini, sangat penting untukdiperhatikan, agar Anda selaku guru jenjang pendidikan dasar dan menengah memilikipedoman yang jelas dalam melaksanakan tugas sehari-hari sambil terus meningkatkanprofesionalisme diri.
 
Agar diperoleh gambaran yang jelas dan sitematis mengenai kebijakan-kebijakan bidangpendidikan dasar dan menengah, pelajarilah dengan seksama uraian materi berikut ini.Secara umum kegiatan pembelajaran 1 mengulas tentang pokok-pokok materi sebagaiberikut:Kedudukan Pancasila dan UUD 45 sebagai landasan idiil dan konstitusional darisistem pendidikan di IndonesiaPokok-pokok kebijakan bidang pendidikan yang tertera dalam GBHNUU No.2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan NasionalKebijakan desentralisasi pendidikan (UU No. 22 tahun 1999)Propenas 2001 - 2005 di bidang pendidikan.
MATERI PEMBELAJARAN
 
A. Apa yang Dijadikan landasan Idiil dan Konstitusional Sistem Pendidikan diIndonesia?
 Pancasila yang berkedudukan sebagai Dasar Negara adalah landasan idiil sistempendidikan di Indonesia. Pancasilalah yang secara filosofos menjadi landasan pijakansekaligus tujuan ideal penyelenggaraan pendidikan di negara kita. Konsekwensi logisnyaadalah iklim pendidikan di Indonesia harus kondusif terhadap terciptanya manusia yangPancasilais, dalam arti:1. Memiliki kuitur religius, sesuai tuntutan Sila Ketuhanan yang adil dan beradab.2. Memiliki komitmen yang tinggi terhadap keutuhan bangsa, sesuai kehendak silaPersatuan Indonesia.3. Mampu mengembangkan kultur demokratis sesuai Sila Kerakyatan yang dipimpinoleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.4. Memiliki kepedulian terhadap terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyatIndonesia.Bagaimana amanat yang digariskan UUD 1945 di bidang pendidikan? Para BapakPendiri Bangsa (founding fathers) sejak awal kemerdekaan ternyata sudah sangat.
 
menyadari arti pentingnya pendidikan bagi pertumbuhan bangsa. Sebagai bukti silahkanAnda hayati makna yang terkandung dalam alinea ke IV Pembukaan UUD 45 berikut ini."Kemudian daripada itu untuk membentuk pemerintahan negara. Indonesia yangmelindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untukmemajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa ...."Perhatikan bagian kelima yang dicetak tebal, "
mencerdaskan kehidupan bangsa
"adalah cermin komitmen yang tinggi dari founding fathers terhadap pendidikanditempatkan sebagai kunci kemajuan suatu bangsa.Secara instrumental amanat Pembukaan UUD 45 dijabarkan ke dalam Pasal 31 UUD1945 yang menggariskan bahwa pendidikan merupakan hak dari tiap-tiap. warga negara.Implikasinya adalah pemerintah wajib mengusahakan dan menyelenggarakan satusistem pendidikan nasional yang diatur melalui undang-undang. Asas keseimbanganantara hak dan kewajiban dalam bidang pendidikan antara Pemerintah dengan WargaNegara secara eksflisit tergambar melalui pasal 31 UUD 45.
B. Sampai Sejauh Mana Kemauan Politik (Political Will) dari Lembaga TertinggiNagara (MPR) dalam Memajukan Pendidikan?
 Untuk mengetahui seberapa jauh MPR memberikan perhatian terhadap masalahpendidikan, simaklah dengan cermat ketetapan politik bidang pendidikan yang digariskanTap MPR No. IV/MPR/1999 tentang GBHN.Ulasan mengenai pendidikan dalam GBHN. Diawali dengan pemaparan mengenaimasalah-masalah yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia dewasa ini. Beberapamasalah pendidikan yang mendapat sorotan tajam para wakil rakyat tersebut adalahsebagai berikut:1. Berlangsungnya pendidikan yang kurang bermakna bagi pengembangankepribadian watak peserta didik yang berakibat hilangnya kepribadian dankesadaran akan makna hakiki kehidupan.2. Pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi belumdimanfaatkan secara berarti dalam kegiatan ekonomi, sosial dan budaya,sehingga belum memperkuat kemampuan Indonesia dalam menghadapikerjasama dan persaingan global.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->