Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Pengadilan Agama RI

Sejarah Pengadilan Agama RI

Ratings: (0)|Views: 1,328|Likes:

More info:

Published by: Agus Jaya Kholid Saude on Dec 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/15/2013

pdf

text

original

 
Sejarah Pengadilan Agama/ Pengadilan Tinggi Agama
1
Oleh : Agus Jaya
PendahuluanSalah satu agenda nasional yang sejak masa sebelum reformasi hingga saatini banyak didengungkan adalah pembangunan hukum nasional, yang pasca erareformasi banyak disebut dengan istilah reformasi hukum nasional. Sebelumreformasi, pembangunan hukum nasional ditujukan terutama untuk melakukan perubahan berbagai aturan hukum produk kolonial yang dipandang sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pembangunan. Sedangkan pada era reformasi, kebutuhan untuk melakukan reformasi hukum semakin kuatdengan adanya perubahan UUD 1945 yang cukup mendasar dan mencakup berbagai aspek sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman, terutamademokratisasi dan perlindungan terhadap hak aqasasi manusia. Kebutuhan tersebutsemakin mendesak demi terwujudnya konsolidasi hukum sebagai suatu sistem yang banyak dilupakan karena euforia reformasi nasional.
2
Dalam lingkungan nasional, pembangunan hukum nasional tentu harusdilakukan secara koheren dengan politik hukum sesuai dengan UUD 1945 sebagaihukum tertinggi. Selain itu, pembangunan hukum nasional juga dipengaruhi danharus memperhatikan tuntutan dan kepentingan masyarakat lokal Nilai agama, adalah nilai yang sangat kuat dipegang dan dipatuhi oleh bangsa Indonesia. Karena masyarakat Indonesia mayoritas memeluk agama Islam,maka sudah lazim jika Islam memiliki peran dan posisi tersendiri dalam pembangunan hukum nasional.
3
1
Tugas Makalah Studi Islam Kawasan Nusantara, disampaikan pada seminar kelas,Jurusan Sejarah Peadaban Islam, Prodi : Tafsir Hadits, semester II, Pasca Sarjana IAIN Raden Fatah,Palembang Sumatera Selatan. Dosen pembimbing : Dr Nyimas Anisah Muhammad, MA.
2
Jimly Asshiddiqie,
 Hukum Islam dan Reformasi Hukum Nasional,
makalah disampaikandalam seminar penelitian Hukum tentang Eksistensi Hukum Islam Dalam Reformasi Sistem Hukum Nasional. Diselenggarakan oleh BPHN Departemen Kehakiman dan Hak Asasi Manusia, Jakarta 27September 2000.
3
 
 Ibid.
1
 
Dalam makalah ini Penulis paparkan gambaran tentang sejarah perjalananhukum Islam, sejak awal kedatangan agama ini ke bumi Indonesia hingga di erareformasi ini.
Sejarah Hukum Islam di Indonesiaa. Awal Islam di Indonesia sampai awal awal 1800 M
Hukum Islam sebagai bagian tak terpisahkan dari ajaran agama Islam,masuk dan menjadi bagian dari norma masyarakat sejak masuknya ajaran Islammulai abad I Hijriah atau abad 7-8 Miladiyah
4
. Sebagai gerbang masuk ke dalamkawasan nusantara, kawasan utara pulau Sumatera-lah yang kemudian dijadikansebagai titik awal gerakan dakwah para pendatang muslim. Secara perlahan,gerakan dakwah itu kemudian membentuk masyarakat Islam pertama di Peureulak,Aceh Timur. Berkembangnya komunitas muslim di wilayah itu kemudian diikutioleh berdirinya kerajaan Islam pertama di Tanah air pada abad ketiga belas.Kerajaan ini dikenal dengan nama Samudera Pasai. Ia terletak di wilayah AcehUtara.
5
 Bahkan Ibnu Batutah, pengembara Arab asal Maroko yang pada tahun 1345M singgah di Samudera Pasai sempat berjumpa dengan Sultan al-Malik al-Zahir yang sangat mahir dalam fiqh Mazhab Syafi’i. Pada masa VOC pernahdiperkenalkan hukum Belanda dan dibentuk lembaga peradilan yang juga berlaku bagi bangsa Indonesia. Namun upaya ini gagal dan akhirnya lembaga-lembaga yanghidup di masyarakat dibiarkan berjalan sebagaimana keadaan sebelumnya. Padatahun 1760 diterbitkan
Compendium Freijer 
yang menghimpun hukum perkawinandan hukum kewarisan Islam yang berlaku di pengadilan untuk menyelesaikansengketa di kalangan umat Islam. Hukum Islam sebagai hukum yang hidup dalammasyarakat tetap diakui pada masa VOC mulai tahun 1602 hingga tahun 1800.
6
b. Mahkamah Syar’iyah pada Masa Penjajahan Belanda
4
 
 Ibid 
5
Bahtiar Effendy,
 Islam dan Negara, Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islamdi Indonesia,
Paramadina, Jakarta Oktober, 1998
6
Jimly Asshidiqie,
2
 
Cikal bakal penjajahan Belanda terhadap kawasan nusantara dimulai dengankehadiran Organisasi Perdagangan Dagang Belanda di Hindia Timur, atau yanglebih dikenal dengan VOC. Sebagai sebuah organisasi dagang, VOC dapatdikatakan memiliki peran yang melebihi fungsinya. Hal ini sangat dimungkinkansebab Pemerintah Kerajaan Belanda memang menjadikan VOC sebagai perpanjangan tangan di kawasan Hindia Timur. Karena itu disamping menjalankanfungsi perdagangan, VOC juga mewakili Kerajaan Belanda dalam menjalankanfungsi-fungsi pemerintahan. Tentu saja dengan menggunakan hukum Belanda yangmereka bawa.Dalam kenyataannya, penggunaan hukum Belanda itu menemukankesulitan. Ini disebabkan karena penduduk pribumi berat menerima hukum-hukumyang asing bagi mereka. Akibatnya, VOC pun membebaskan penduduk pribumiuntuk menjalankan apa yang selama ini telah mereka jalankan.
7
Kaitannya dengan hukum Islam, dapat dicatat beberapa “kompromi” yangdilakukan oleh pihak VOC, yaitu:1.Dalam Statuta Batavia yag ditetapkan pada tahun 1642 oleh VOC,dinyatakan bahwa hukum kewarisan Islam berlaku bagi para pemeluagama Islam.2.Adanya upaya kompilasi hukum kekeluargaan Islam yang telah berlaku ditengah masyarakat. Upaya ini diselesaikan pada tahun 1760. Kompilasi inikemudian dikenal dengan Compendium Freijer.3.Adanya upaya kompilasi serupa di berbagai wilayah lain, seperti diSemarang, Cirebon, Gowa dan Bone.Di Semarang, misalnya, hasil kompilasi itu dikenal dengan nama KitabHukum Mogharraer (dari al-Muharrar). Namun kompilasi yang satu ini memilikikelebihan dibanding Compendium Freijer, dimana ia juga memuat kaidah-kaidahhukum pidana Islam.
8
Berakhirnya kekuasaan VOC digantikan oleh pemerintahan kolonialBelanda. Pada masa kolonial Belanda, Hukum Islam mengalami pergeseran yangsemakin melemah. Pada awalnya telah dibentuk Pengadilan Agama tahun 1882
7
Ramly Hutabarat,
 Kedudukan Hukum Islam
hal 64-66
8
 
 Ibid 
3

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
murianda liked this
Aziz Ashari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->