Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
23Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Perkembangan Peserta Didik

Makalah Perkembangan Peserta Didik

Ratings: (0)|Views: 5,200|Likes:
Published by Puguh Gita Januar

More info:

Published by: Puguh Gita Januar on Dec 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/03/2013

pdf

text

original

 
Perkembangan Biologis Manusia IndonesiaKita hidup dari kecil sampai saat ini pasti karena kita tumbuh dan berkembang, perkembangan itu terjadisecara bertahap dan dalam waktu yang relatif lama. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan materitentang Perkembangan biologis manusia Indonesia.Sebenarnya perkembangan itu dibagi menjadi perkembangan biologis, perkembangan motorik danperkembangan perseptual. Perkembangan biologis atau fisik sangat berkaitan erat dengan terjadinyaproses evolusi manusia seperti :1. Perubahan sikap tubuh dan cara bergerak2. Perubahan fungsi bagian tertentu tubuh manusia3. Perkembangan kepala4. Perkembangan alat pembau, dan5. Perkembangan alat penglihatan.Sedangkan pada perkembangan motorik anak akan menjadi lebih halus dan lebih terkoordinasidibandingkan dengan masa bayi. Anak-anak terlihat lebih cepat dalam berlari dan pandai meloncat sertamampu menjaga keseimbangan badannya. Untuk memperhalus ketrampilan-ketrampilan motorik, anak-anak harus terus melakukan berbagai aktivitas fisik informal dalam bentuk permainan. Sedangkanperkembangan perseptual adalah kemampuan memahami dan menginterprestasikan informasi sensori,atau kemampuan intelek untuk mencarikan makna dari data yang diterima oleh berbagai indra. Ada tigaproses aktivitas perseptual yang perlu dipahami, yaitu : sensasi, persepsi, dan atensi. Sensasi adalahperistiwa penerimaan informasi oleh indra penerima, persepsi adalah interprestasi terhadap informasiyang ditangkap oleh indra penerima, sedangkan atensi mengacu kepada selektifitas persepsi.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan individu. Yang pertama adalah faktorhereditas atau keturunan, dalam hal ini hereditas diartikan sebagai totalitas karakteristik individu yangdiwariskan orang tua kepada anak atau segala potensi, baik fisik maupun psikis yang dimiliki individusejak masa konsepsi sebagai pewarisan dari pihak orang tua melalui gen. Adapun yang diturunkan orangtua kepada anaknya adalah sifat strukturnya, penurunan sifat ini mengikuti prinsip-prinsip berikut :a. Reproduksi, penurunannya hanya berlangsung melalui sel benih.b. Konformitas (keseragaman) merupakan penurunan sifat yang mengikuti pola jenis generasisebelumnya.c. Variasi, karena jumlah gen dalam setiap kromosom sangat banyak, maka kombinasi gen pada setiappembuahan akan mempunyai kemungkinan yang banyak pula.d. Regresifillial merupakan penurunan sifat cenderung kearah rata-rata. Sedangkan individu yang lahirke dunia dengan suatu hereditas tertentu, warisan atau turunan yang dimiliki manusia adalah bentuktubuh dan warna kulit, sifat-sifat, intelegensi atau kecerdasan, bakat dan penyakit.Yang kedua adalah faktor lingkungan, yang dimaksud faktor lingkungan adalah keluarga yang mengasuhdan membesarkan anak, sekolah tempat mendidik, masyarakat tempat anak bergaul juga bermainsehari-hari dan keadaan sekitar dengan iklim, flora dan faunanya. Faktor lingkungan terdiri dari :
 
 A. Keluarga, menurut F.J. Brown keluarga dapat diartikan dalam arti luas yaitu keluarga meliputi semuapihak yang ada hubungan darah atau keturunan yang dapat dibandingkan dengan clam atau marga,dalam arti sempit keluarga meliputi orang tua dan anak.B. Sekolah, merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan programbimbingan, pengajaran dan latihan dalam rangka membantu siswa agar mampu mengembangkanpotensinya, baik aspek moral-spiritual, intelektual, emosional, maupun sosial. Hurlock mengemukakanbahwa sekolah merupakan faktor penentu bagi perkembangan kepribadian anak (siswa) baik dalam caraberfikir, bersikap, maupun cara berperilaku.C. Masyarakat, adalah lingkungan tempat tinggal anak, mereka juga termasuk teman-teman anak di luarsekolah. Kondisi orang-orang di lingkungan desa atau kota tempat tinggal anak juga turutmempengaruhi perkembangan jiwanya.D. Teman sebaya, kelompok teman sebaya mempunyai peranan yang cukup penting terutama pada saatterjadinya perubahan dalam struktur masyarakat pada beberapa dekade terakhir ini. Aspek kepribadianremaja yang berkembang secara menonjol dalam pengalamannya bergaul dengan teman sebaya adalah:a. Social cognitium yaitu kemampuan untuk memikirkan tentang pikiran, perasaan, motif, dan tingkahlaku dirinya dan orang lain.b. Konformitas yaitu motif untuk menjadi sama, sesuai, seragam, kebiasaan, kegemaran, atau budayateman sebayanya.c. Keadaan alam sekitar, juga berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Keadaan alamyang berbeda akan berpengaruh terhadap perkembangan pola pikir atau kejiwaan anak. Lingkungansangat besar artinya bagi setiap pertumbuhan fisik. Sejak individu berada dalam konsepsi, lingkungantelah ikut memberi andil bagi proses pembuahan atau pertumbuhan.Antara hereditas dan lingkungan terjadi hubungan atau interaksi. Setiap faktor hereditas beroperasidengan cara yang berbeda-beda menurut kondisi dan keadaan lingkungan yang berbeda-beda pula.Sedangkan implikasinya bagi kegiatan belajar mengajar adalah agar pendidik memberikan perhatianyang cukup terhadap aspek perkembangan fisik dan perseptual anak. Implikasi yang biasa ditimbulkanantara lain :a. Implikasi bagi penyelenggaraan pembelajaran.b. Implikasi bagi penyelenggaraan pendidikan olahraga.c. Implikasi bagi pemeliharaan kesehatan dan nutrisi anak.Demikian penjelasan singkat mengenai perkembangan biologis manusia Indonesia, apabila masihbanyak kesalahan saya mohon maaf yang setulusnya. Semoga bermanfaat.
 
MotivasiMotif, sebenarnya apa yang dimaksud motif?, apakah motif batik atau motif yang lainnya?.MenurutWoolfolk (1993) motivasi adalah keadaan internal yang menaikkan, mengarahkan danmemelihara perilaku, sedangkan menurut Santrock dan Yussen (1992) motivasi dapat dipelajari sebagaimotif biologis, motif untuk kompetisi, motif yang dipelajari dan berprestasi.Pertama, motivasi yang berarti motif biologis dipahami sebagai pola yang terbangun dalam sistem syaraf sentral anak sejak lahir, terutama berwujud pola tindakan baku yaitu seperangkat respons yang berbasisbiologis yang terkait dengan perilaku yang distereotipkan. Misalnya seperti: memegang tangan anakuntuk memotivasinya, tentu saja ini dapat membuat kekuatan tersendiri bagi anak.Kedua, motivasi kompetensi pada waktu bayi terbukti memberikan dasar yang lebih baik dalammemprediksi kompetensi lebih lanjut daripada hasil skor tes perkembangan. Mereka diberikankesempatan untuk menentukan langkahnya sendiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri dalamberinteraksi dengan dan mengontrol lingkungan.Ketiga, motivasi dipelajari adalah motif yang diperoleh dari pengalaman berinteraksi dengan lingkungan.Tentu saja pertimbangan utamanya adalah dalam rangka menjaga eksistensi diri individu danmengembangkan diri , sehingga menjadi individu yang bermakna baik bagi dirinya maupun bagi oranglain.Keempat, motivasi berprestasi. Sebagai salah satu motif yabg dipelajari, merupakan dorongan untukmenyelesaikan sesuatu, mencapai suatu standar keunggulan, dan memperluas usaha untuk berhasilsecara. Sebagai salah satu motif yang dipelajari, merupakan dorongan untuk menyelesaikan sesuatu,mencapai suatu standar keunggulan, dan memperluas usaha untuk berhasil secara. Sebagai salah satumotif yabg dipelajari, merupakan dorongan untuk menyelesaikan sesuatu, mencapai suatu standarkeunggulan, dan memperluas usaha untuk berhasil secara memuaskan.Kelima, motivasi keridhoan merupakan dorongan yang keluar dari hati yang ingin mengharapkan ridhoTuhan dalam setiap peilakunya. Perilaku yang muncul benar-benar tidak didasarkan pada pencapainkepuasan yang bersifat dunia semata, melainkan kepuasan yang sangat tinggi yang hanyamengharapkan ridho dan pahala dari Tuhan.Hirarki motif merupakan konsep Maslow yang mengisyaratkan semua individu memiliki lima kebutuhanutama yang harus dipuaskan yaitu; Kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, dan kepemilikan, harga diridan aktualisasi diri.Adalah disadari bahwa di antara faktor internal dan eksternal, faktor internal lah yang memilikisumbangan yang besar bagi terciptanya kegiatan belajar mengajar yang efektif serta hasil pendidikanyang memuaskan. Adapun salah satu faktor psikologis yang sangat potensial untuk mendukungketerlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran adalah motivasi kompetensi dan berprestasi.

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ira Leokuna liked this
Lestari Ntu Tari liked this
Efri Arifin liked this
Layla Fauziyah liked this
Layla Fauziyah liked this
Nia Putrisasaka liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->