Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal PKPP Bina Desa POPMASEPI 2011 (Universitas Sumatera Utara)

Proposal PKPP Bina Desa POPMASEPI 2011 (Universitas Sumatera Utara)

Ratings: (0)|Views: 1,990|Likes:
Published by Fahmi Baihaqi
Silahkan download
Silahkan download

More info:

Published by: Fahmi Baihaqi on Dec 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/19/2013

pdf

text

original

 
PEKAN KEPROFESIAN DAN PENGABDIAN POPMASEPI
PERHIMPUNAN ORGANISASI PROFESI MAHASISWA SOSIAL EKONOMI PERTANIAN INDONESIA(POPMASEPI)
 
IKATAN MAHASISWA SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (IMASEP)FAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS SUMATERA UTARA
 
PEKAN KEPROFESIAN DAN PENGABDIAN POPMASEPI
PERHIMPUNAN ORGANISASI PROFESI MAHASISWA SOSIAL EKONOMI PERTANIAN INDONESIA(POPMASEPI)
 
IKATAN MAHASISWA SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (IMASEP)FAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Kondisi pertanian di Indonesia yang masih labil, salah satunya disebabkan karenatidak diperkuat oleh profil lulusan dari pertanian. Kebanyakan dari mereka keluar jalur dari bidang pertanian setelah menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian. Saat ini yang bergelutdi bidang pertanian baik dalam tataran pembuat kebijakan maupun di kalangan petani masihdi dominasi oleh angkatan kerja yang telah lama. Tidak adanya regenerasi Ini menunjukkan bahwa profesionalitas dikalangan mahasiswa sosial ekonomi pertanian rendah. Untuk itudiperlukan suatu upaya untuk meningkatkanya mengingat bidang pertanian tidak pernah tidak dibutuhkan di masa yang akan datang.Saat ini tingkat kesejahteraan petani masih dinggap yang paling rendah di Indonesia.Permasalahan yang ada di sektor pertanian masih dianggap pada tataran teknis saja. Padahaluntuk meningkatkan kesejahteraan petani perlu diperhatikan hal-hal diluar teknis pertanian.Misalnya dalam hal manajemen dan usaha tani, agar posisi tawar petani menjadi tinggisehingga tidak dipermainkan oleh pihak lain. Dalam hal ini sudah menjadi tugas kita yang bergerak di bidang sosial ekonomi pertanian untuk membantu petani memberikan informasidan pengetahuan yang berkaitan dengan agribisnis serta teknologi baru dalam rangkameningkatkan kesejahteraan petani.Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia(POPMASEPI) atau Association of Indonesian Student of Agricultural Social EconomicsOrganization berdiri secara
de-jure
pada tanggal 28 September 1990. Ide pendirianPOPMASEPI diawali dari pembicaraan informal di antara peserta seminar di UniversitasJenderal Soedirman, Purwokerto, yang akhirnya menyepakati diadakannya pertemuan untuk membentuk suatu Organisasi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian tingkat Nasional. Sebagaitindak lanjutnya adalah diadakannya Temu Nasional Himpunan Mahasiswa Sosial EkonomiPertanian se-Indonesia yang diselenggarakan oleh HIMASETA Fakultas Pertanian UNSSurakarta pada tanggal 22-23 Mei 1990. Presidium Temu Nasional tersebut adalahUniversitas Hasanuddin (Andi Hatta Tajang), Universitas Gadjah Mada (Jangkung HandoyoMulyo), dan Institut Pertanian Bogor (Sunardi). Tujuan berdirinya organisasi ini adalahmeningkatkan profesionalisme mahasiswa sosial ekonomi pertanian Indonesia dalamkerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi. Memacu arus sambung nalar lintas almamater antarsesama mahasiswa sosial ekonomi pertanian Indonesia guna memperluas cakrawala pandangan, mempertajam analisis, mempertinggi objektivitas dan menghilangkan rasakebangsaan yang sempit. Dengan visi mewujudkan insan akademis yang berkepribadian, berwawasan kebangsaan, berpola pikir serba cakup dinamis serta berorientasi kerakyatan.POPMASEPI sebagai bagian dari elemen masyarakat memiliki kewajiban untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan pertanian Indonesia tersebut. KontribusiPOPMASEPI ini diejawantahkan dalam rumusan program kerja POPMASEPI. POPMASEPI bekerjasama dengan Ikatan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Sumatera Utara(IMASEP USU) membuka ruang dialektika dan ilmiah sekaligus mengaplikasikannya dalamwadah Pekan Keprofesian dan Pengabdian POPMASEPI (PKPP) dengan tema ³Implementasi Keprofesian mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian dalam PembangunanPertanian´. Diharapkan melalui kegiatan ini mampu meningkatkan profesionalitas di kalanganmahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian.
PENDAHULUAN
 
 
PEKAN KEPROFESIAN DAN PENGABDIAN POPMASEPI
PERHIMPUNAN ORGANISASI PROFESI MAHASISWA SOSIAL EKONOMI PERTANIAN INDONESIA(POPMASEPI)
 
IKATAN MAHASISWA SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (IMASEP)FAKULTAS PERTANIANUNIVERSITAS SUMATERA UTARA
1.
 
Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga POPMASEPI2.
 
Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga IMASEP USU Periode 2010/2011 
³
PEKAN KEPROFESIAN DAN PENGABDIAN POPMASEPI
´ dapat disingkat menjadi
PKPP BINA DESA
.³Aplikasi dan Penerapan Bidang Agribisnis dalam Upaya Pengembangan Potensi DesaTertinggal.´1.
 
Merumuskan suatu grand design bagi institusi anggota POPMASEPI dalam mengkaji permasalahan di bidang sosial ekonomi pertanian, mencarikan solusi lalumengaplikasikannya ke masyarakat, agar institusi anggota POPMASEPI memiliki koridor yang tepat dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.2.
 
Meningkatkan profesionalitas mahasiswa sosial ekonomi pertanian, karena banyak mahasiswa sosial ekonomi pertanian setelah menyelesaikan kuliahnya lar i ke bidanglainnya. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memantapkan kecintaan mahasiswaterhadap sosial ekonomi pertanian dan fokus di dalamnya karena mahasiswa sosialekonomi pertanian merupakan generasi harapan bangsa yang nantinya akan menjadi ujungtombak pembangunan pertanian Indonesia sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.3.
 
Melaksanakan peran mahasiswa sosial ekonomi pertanian di masyarakat dalam kaitannyadengan pembangunan pertanian yakni sebagai fasilitator dalam menyelesaikan permasalahan di bidang sosial ekonomi pertanian di masyarakat.4.
 
Meningkatkan interaksi mahasiswa sosial ekonomi pertanian dengan masyarakatkhususnya petani melalui aplikasi ilmu yang dimilkinya baik berupa wawasan di tataranteknis pertanian maupun kecakapan non teknis dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani.
DASAR PEMIKIRANNAMA KEGIATANTEMA KEGIATANTUJUAN KEGIATAN

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ekonoprizon liked this
Hilda Maisyarah liked this
Awan added this note|
thanks
joko_novianto liked this
Polindo Hendrik liked this
Andi Hasrullah liked this
Martin Mubaraq liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->