Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
52Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Perekonomian Indonesia

Makalah Perekonomian Indonesia

Ratings: (0)|Views: 4,124 |Likes:
Published by nurudinhanif
Makalah dari buku Faisal Basri, berisi tulisan beliau yang masih bisa didiskusi dan dikritisi. hopefully helpful.
Makalah dari buku Faisal Basri, berisi tulisan beliau yang masih bisa didiskusi dan dikritisi. hopefully helpful.

More info:

Published by: nurudinhanif on Dec 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Indonesia adalah negara yang diberkahi oleh sumber daya melimpah. Itu semuasudah kita ketahui sejak masih duduk di bangku SD. Para guru kita denganbersemangat berusaha menumbuhkan semangat kebangsaan melalui pemahaman akankondisi faktual betapa kita sebenarnya memiliki modal besar untuk melangkah maju.Yang biasanya tidak diajarkan sampai kita kuliah adalah mengapa dengan modalbegitu besar, Indonesia tidak kunjung sejahtera, makmur, dan berkeadilan sebagaimanadiamanatkan oleh pembukaan UUD 1945. Kita juga acap kali bingung dengankenyataan betapa pemerintah yang seharusnya bertugas mengarahkan danmembimbing seluruh rakyat menuju kondisi yang serba lebih baik justru begitu seringmengecewakan dan malahan tampak kebingungan sendiri dalam menentukan langkah.Kita juga sering merasa aneh mengapa masyarakat, apalagi yang sudah berpendidikanseperti mahasiswa, yang setidaknya sudah menikmati hasil pembangunan, malahmerusak fasilitas umum dan fasilitas pemerintah yang sebenarnya diperuntukkan jugauntuk memelihara kepentingan masyarakat.Salah satu alternatif untuk menjawab berbagai kegalauan itu adalah denganmengetahui betapa banyak masalah struktural yang melilit kita. Yang dimaksud denganmasalah struktural adalah berbagai masalah berskala besar, sistematis dan mendasar,baik yang disadari atau tidak, yang sejak lama terus mengikat kita pada keterpurukan.Mengingat masalahnya begitu mengakar dan meluas, maka pembenahan tidak dapatdilakukan oleh satu pihak saja, termasuk oleh pemerintah, melainkan harus melibatkansemua dari kita, dalam posisi dan kedudukan masing-masing, tinggi atau rendah, untuk 
 
2bersama-sama secara sadar mengatasinya. Seberapa lama kita harus menunggupenyelesaian semua masalah struktural tersebut, itu berpulang pada kita semua,seberapa serius kita mau mengupayakanya.Lantas, apa saja yang menjadi masalah struktural Indonesia yang menyebabkanperekonominannya tidak optimal dalam memakmurkan penduduknya? Di sini kitakemungkinan akan berbeda pendapat. Tiap orang akan punya pendapat sediri yangberlainan satu sama lain. Karena kebenaran mutlak itu hanya dari sisi Allah, makatidak apa-apa kalau kita berbeda pendapat asal tidak menyalahi syariat. Karena itu,mari kita saling belajar dan bertukar pikiran, demi memperoleh pendapat, atausekurang-kurangnya pemahaman yang lebih baik. Bertolak dari semangat itu, padamakalah yang bersumber dari buku Lanskap Ekonomi Indonesia yang dikarang olehFaisal Basri ini, beliau mengajukan pendapat tentang apa saja yang menjadi masalahstruktural di Indonesia.Sekurang-kurangnya, ada tiga masalah besar yang menurut hemat penulismerupakan persoalan paling mendasar yang harus segera dibenahi. Jika ketiga masalahstruktural ini dapat diatasi dengan baik, penulis merasa yakin situasi negara kita secaraberarti dan signifikan akan lebih baik, sehingga akan jauh lebih siap menghadapaiberbagai perubahan dan dinamika globalisasi di segala bidang. Ketiga masalah ituadalah:a.
 
Minimnya sumber daya manusia yang berkualitas yang terutamadisebabkan oleh masih lemahnya kinerja pendidikan maupun kualitaspendidikan itu sendiri.b.
 
Keterbatasan infrastruktur, baik fisik maupun non fisik.
 
3c.
 
Kelemahan kerangka kelembagaan (
institutional framewor
) atau bisa puladisebut infrastuktur lunak (
soft infrastructure
).Makalah ini akan menyajikan sejauh mana masalah struktural tersebut mengikat kakikita untuk sulit bergerak maju, serta lebih spesifik mengulas masalah stuktural pertamayaitu Pendidikan.

Activity (52)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Riky Krebo liked this
Erhamna Amrul liked this
Novhyraz Bayan liked this
Ronni Situmorang liked this
Gw Amrand liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->