Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEP biologi

KEP biologi

Ratings: (0)|Views: 1,034 |Likes:
Published by causahrul

More info:

Categories:Types, Reviews, Book
Published by: causahrul on Dec 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/16/2013

pdf

text

original

 
ABSTRAK 
Risnawati.
 Biologi Keperawatan Abstrak 
Sitogenetika: Berasal dari kata
Sitologi:
Ilmu yang mempelajari struktur, fungsi, perkembangan, reproduksi, dan sejarah hidup dari sel;
Genetika:
Ilmu yangmempelajari struktur materi genetik, replikasi dan transmisi materi genetik, mutasi,dan segregasi gengen dari tetua (parental) kepada keturunannya;
Sitogenetika:
Merupakan ilmu yang berkembang dari ilmu pengetahuan sitologi dan genetika. Ilmuini mempelajari perilaku kromosom-kromosom selama mitosis dan meiosis,hubungan kromosom dengan transmisi dan rekombinasi dari gen-gen, danmempelajari penyebab serta akibat dari perubahan struktur dan jumlah kromosomHereditas Mendel: Percobaan hukum Mendel menggunakan kacang ercis yaitu:mudah untuk dilakukan persilangan, cepat menghasilkan keturunan, memiliki pasangan-pasangan yang mencolok (bersifat galur murni), menghasilkan banyak keturunan, daur hidupnya pendek (cepat menghasilkan keturunan). Hukum Mendelada 2 yaitu: Hukum Mendel I yaitu hukum segregasi menyatakan bahwa pasangan- pasangan alel selama pembentukan gamet dan berpasangan kembali secara acak padasaat fertilisasi antar gamet;Hukum Mendel II yaitu hukum pemisahan bebasmenyatakan bahwa pada persilangan dengan dua sifat beda atau lebih maka sifatyang sepasang tidak tergantung dengan sifat pasangannya. Macam-macamPersilangan: Persilangan Monohibrid adalah persilangan antar induk yang memilikisatu sifat beda.Aberasi Kromosom: Penyimpangan struktur atau jumlah kromosom dari keadaanyang normal. Aberasi kromosom dapat terjadi secara spontan atau diinduksi olehmutagen kimiawi, radiasi dan sebagainya. Aberasi kromosom dapat dideteksi secarasitologis selama pembelahan mitosis dan meiosis yaitu dengan membuat kariotip.Probabilitas adalah ekspresi matematis dari kemungkinan (chance), yakni merupakanrasio atau perbandingan dari jumlah kejadian dari suatu peristiwa dengan jumlah darisemua kemungkinan yang dapat terjadi.Darah diklasifikasikan menjadi empat kelompok utama berdasarkan antigen permukaan sel darah merah, antibodi yang bersirkulasi dalam plasma, dan adatidaknya antigen Rhesus (D). Gen-gen yang mengkode antigen memiliki tiga alel,yaitu A, B, dan O. Gen A dan B merupakan ko-domain sehingga dapat muncul bersama-sama, tetapi jika A atau B berpasangan dengan O, maka fenotipe O tidak diekspresikan.
 
KATA PENGANTAR 
Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT atassegala nikmat iman, rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan kepada penulissehingga dapat menyelesaikan penulisan resume Biologi Keperawatan ini walaupundalam bentuk yang sederhana. Teriring pula salam dan syalawat kepada junjungankami Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabatnya.Banyak hal yang diperoleh penulis selama melaksanakan prosedur  pemunculan ide penulisan dan pengolahan usulan resume hingga selesainya penyusunan makalah proposal ini, dan hal tersebut menjadi suatu tantangan yangdapat memotivasi penulis untuk menyelesaikan penyusunannya.
Akhirnya dengan segala kerendahan hati penulis sampaikan resume ini kepada dunia pendidikan, khususnya bidang keperawatan, walaupun penulis menyadari bahwa resume inimasih jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yangdimiliki penulis, olehnya itu diharapkan adanya saran dan kritikan yang sifatnya membangundari semua pihak. Semoga ini dapat bermanfaat dan mendapat pahala di sisi Allah SWT.Amin.
Makassar, Desember 2010P e n u l i s

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->