Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah akhlak terpuji

makalah akhlak terpuji

Ratings: (0)|Views: 5,182|Likes:
Published by appror
kalo mo file dalam bentuk Ms. Word masuk aja di http://bisnisbook.wordpress.com/ ato http://ebookloe.wordpress.com
kalo mo file dalam bentuk Ms. Word masuk aja di http://bisnisbook.wordpress.com/ ato http://ebookloe.wordpress.com

More info:

Published by: appror on Dec 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/07/2013

pdf

text

original

 
Versi file Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
BAB I
 
PENDAHULUANA.
 
Pendahulaun
Keberhasilan Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam benar-benarmengagumkan. Hanya dalam waktu kurang dari 25 tahun beliau berhasil mengubahmasyarakat jahiliah yang sangat dekaden menjadi masyarakat yang berperadaban tinggi dansangat disegani bangsa-bangsa di sekitarnya. Beliau berhasil menegakkan suatu negara yangoleh sosiolog modern seperti Robert M. Bella diakui sebagai negara yang boleh disebutsebagai negara modern.Konstitusinya yang dikenal dengan Piagam Madinah (Al-Shahifah Al-Madinah)dipandang oleh Cak Nur (Dr. Nurcholish Madjid) mirip dengan Undang-Undang Dasar 1945yang mengatur suatu masyarakat majemuk. Kemudian, tidak lebih dari 200 tahun bangsaArab telah menjadi satu-satunya super power di dunia saat itu, tidak saja dalam bidangpolitik, tetapi juga dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Hingga abad 18, karya-karyakaum Muslim zaman Abbasiah dipelajari dan dijadikan referensi di berbagai perguruantinggi Eropa. Oleh karena itu, para sejarawan dan ahli-ahli dalam berbagai disiplin ilmu, baik dari kalangan Islam sendiri maupun dari luar Islam, terus-menerus mempelajari sejarah hidupRasulullah saw. Mereka yakin, di dalam dakwah Rasulullah saw., terdapat kunci-kuncisukses yang dapat diteladani dan direaktualisasikan di zaman modern. Dengan semangatseperti itulah tulisan ini disajikan.
B.
 
Rumusan Masalah
 Dalam makalah ini secara garis besar rumusan masalahnya adalah :a.
 
Seberapa pentingkah akhlakul karimah dalam kehidupan modern dan makna amanah dalamkonteks akhlak bangsa ?
 
Versi file Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
BAB II
 
PEMBAHASANA.
 
Pengertian Moral dan Akhlak (etika)
 Moral adalah prinsip-prinsip yang berhubungan dengan benar atau salah, pengertiantentang perbedaan antara salah dan benar. Sedangkan akhlak ialah seperangkat tata nilai yangbersifat samawi dan azali, yang mewarnai cara berfikir, bersikap dan bertindak seorangmuslim terhadap alam lingkungannya.Menurut Al-Ghazali :Akhlak ialah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa yang daripadanya timbulperbuatan-perbuatan dengan mudah, dengan tidak memerlukan pertimbangan pikiran lebihdahulu.Akhlak umumnya disama artikan dengan arti kata budi pekerti, kesusilaan atau sopansantun dalam bahasa Indonesia, atau tidak berbeda pula dengan arti kata ethic (etika).Dimana-mana setiap kesempatan dan situasional orang berbicara tentang etika.Memang etika ini menarik untuk dibicarakan, akan tetapi sulit untuk dipraktekkan. Etikaadalah sistem daripada prinsip-prinsip moral tentang baik dan buruk. Baik dan buruk terhadap tindakan dan atau perilaku.Ethics dapat berupa etika (etik), yaitu berasal dari dalam diri sendiri (hati nurani)yang timbul bukan karena keterpaksaan, akan tetapi didasarkan pada ethos dan esprit, jiwadan semangat. Ethics dapat juga berupa etiket, yaitu berasal dari luar diri (menyenangkanorang lain), timbul karena rasa keterpaksaan didasarkan pada norma, kaidah dan ketentuan.
 
Versi file Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
Etika dapat juga berarti tata susila (kesusilaan) dan tata sopan santun (kesopanan) dalampergaulan hidup sehari-hari baik dalam keluarga, masyarakat, pemerintahan, berbangsa danbernegara. Dalam kelompok tertentu misalnya memiliki kode etik, rule of conduct, misalnyastudents of conduct, kode etik kedokteran, dan atau kode etik masing-masing sesuai denganprofesinya.Kesusilaan adalah peraturan hidup yang berasal dari suara hati manusia. Kesusilaanmendorong manusia untuk kebaikan akhlaknya. Kesusilaan berasal dari ethos dan esprit yangada dalam hati nurani. Sanksi yang melanggar kesusilaan adalah batin manusia itu sendiriseperti penyesalan, keresahan dan lain-lain.Kesopanan adalah peraturan hidup yang timbul karena ingin menyenangkan oranglain, pihak luar, dalam pergaulan sehari-hari, bermasyarakat, berpemerintahan dan lain-lain.Kesopanan dasarnya adalah kepantasan, kepatutan, kebiasaan, kepedulian, kesenonohan yangberlaku dalam pergaulan (masyarakat, pemerintah, bangsa dan negara). Kesopanan dititik beratkan kepada sikap lahiriah setiap subyek pelakunya, demi ketertiban dan kehidupanmasyarakat dalam pergaulan. Sanksi terhadap pelanggaran kesopanan adalah mendapatcelaan di tengah-tengah masyarakat lingkungan dimana ia berada, misalnya dikucilkan dalampergaulan.
B.
 
Akhlakul Karimah dalam Kehidupan Modern
 Saat ini kita berada di tengah pusaran hegemoni media, revolusi iptek tidak hanyamampu menghadirkan sejumlah kemudahan dan kenyamanan hidup bagi manusia modern,melainkan juga mengundang serentetan permasalahan dan kekhawatiran. Teknologimultimedia misalnya, yang berubah begitu cepat sehingga mampu membuat informasi cepatdidapat, kaya isi, tak terbatas ragamnya, serta lebih mudah dan enak untuk dinikmati.Namun, di balik semua itu, sangat potensial untuk mengubah cara hidup seseorang, bahkandengan mudah dapat merambah ke bilik-bilik keluarga yang semula sarat dengan normasusila .

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ai Mio Qchuue liked this
Silvani Oktavina liked this
N- Zulmi Bae liked this
Lindha Iji liked this
Nurull Fadhillah liked this
Jihan Us liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->