Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Dan Jenis-Jenis Surat

Pengertian Dan Jenis-Jenis Surat

Ratings: (0)|Views: 193 |Likes:
Published by Imus

More info:

Published by: Imus on Dec 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2014

pdf

text

original

 
 TUGAS MATA KULIAH
HUKUM EKONOM ISLAM JUDUL : PERJANJIAN ASURANSI SYARIAH
DISUSUN
OLEH :KELOMPOK III KELAS HSEMESTER VTERDIRI DARI
1. HADIRAT SYUKUR. H (0810041600354)2. AAN SUHAENA (0810041600384)3. JABARI (0810041600095)4. RAFIZAL (0810041600358)5. PETRUS EDISON SILAEN (091000774201067)6. CERY ILVAN (0810041600439)7. DAYANA HARAHAP (0810041600468)
FAKULTAS HUKUMUNIVERSITAS LANCANG KUNINGPEKANBARU 2010
 
PENDAHULUAN
Judul makalah ini adalah Perjanjian AsuransI Syariah. Makalah ini dibuatsebagai tugas kelompok yang diberikan oleh Dosen Hukum Ekonomi Islam yaituBapak Syaifuddin Anshari, S.Ag M,Hum. Pembahasan mengenai makalah ini berupa Asuransi Syariah yan berupa konsep Asuransi Islam.Prinsip dari tafakul (Asuransi) adalah pembagian risiko dan berlawanandengan Asuransi Konvensional yaitu pemindahan risiko.Dalam skema risiko (asuransi) ada 3 hal yang harus dihindari : Gharar (Ketidak pastian), Maisir (Perjudian), dan riba (Bunga).Bahan-bahan makalah ini kami ambil dari 2 (dua) buah buku yaitu buku 1 :Judul adalah “Asuransi Syariah” karangan Ir. Muhammad Syakir Sula, AAIJ. FIISdan buku yang ke II judul adalah “Asuransi Syariah Dalam Praktik” karanganMuhaimin Iqbal.Sesungguhnya institusi syariah modern mendapat pijakan yang kuat yaitumengedepankan prinsip kerjasama saling menanggung dan membantu.Disinilah manusia mengupayakan cara berupa bersama-sama sallingmembantu, saling menjamin, ta’awuni, tadhamuni, takafuli.
 
Judul Perjanjian Asuransi Syariah
Adanya perbedaan pendapat-pendapat ulama serta perdebatan merekatentang halal-haramnya asruansi. Perbedaan pendapat ini memberikan suatukesimpulan bahwa sesungguhnya perbedaan pendapat di kalangan para ahliHukum Islam sekarang tentang Asuransi, lebih disebabkan karena mereka tidak mempunyai gambaran yang utuh tentang ta’min (Asuransi) itu sendiri.Asuransi Syariah adalah suatu pengaturan pengelolaan risiko yangmemenuhi ketentuan syariah, tolong menolong secara mutual yang melibatkan peserta dan operator syariah berasal dari ketentuan di dalam AL-Qur’an mengenaiAsuransi Syariah ini adalah antara lain solusi yang tampak benar dipermukaannamun tentu benar menurut Allah.Konsep Asuransi Islam bukanlah hal baru karena sudah ada di zamanRasulullah. Istilah lain sering digunakan untuk Asuransi Syariah adalah tafakulyang berarti secara Etimologis adalah menjamin atau salaing menanggung.Menurut pengertiannya Tafakul adalah saling memikul risiko diantarasesame sehingga antara satu dengan yang lainnya menjadi penanggung atas risikolainnya. Saling pikul risiko ini dilakukan atas dasar saling menolong dalamkebaikan dengan cara masing-masing mengeluarkan dana, dana ibadah,sumbangan, derma yang di tujukan, untung menanggung risiko Takaful yangsesuai dengan Al-Qur’an.Pada akad Asuransi Syariah ada istilah “Dana Kebijakanatau Tabarru(sumbangan, hibah, dana kebajikan atau derma), Tabarru dengan akad yangmengakibatkan pemilikan harta, tanpa ganti rugi yang dilakukan seseorang dalamkeadaan hidup kepada orang lain secara sukarela. Konetk akad dalam AsuransiSyariah Tabarru bermaksud memberikan dana sesuatu tanpa ada keinginan untuk menerima apapun dari orang yang menerima kecuali kebaikan dari Allah SWT.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ima Airana liked this
Dita Ambardini liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->