Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BahanAjarPerencanaanPemb_BUKUAJAR

BahanAjarPerencanaanPemb_BUKUAJAR

Ratings: (0)|Views: 540 |Likes:
Published by Misterheri Piwan

More info:

Published by: Misterheri Piwan on Dec 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2012

pdf

text

original

 
 Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran
 
B
AGIAN
1
 
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
A.
 
PENGERTIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Perencanaan pembelajaran merupakan catatan-catatan hasil pemikiranawal seorang guru sebelum mengelola proses pembelajaran. Perencanaanpembelajaran merupakan perisapan mengajar yang berisi hal-hal yang perlu atauharus dilakukan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembeajaranyang antara lain meliputi unsur-unsur: pemilihan materi, metode, media, dan alatevaluasi. Unsur-unsur tersebut harus mengacu pada silabus yang ada denganmemperhatikan hal-hal:1.
 
Berdasarkan kompetensi dan kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa,serta materi dan sub materi pembelajaran, pengalaman belajar, yang telahdikembangkan didalam silabus.2.
 
Digunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikankecakapan hidup sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari(pendekatan kontekstual)3.
 
Digunakan metode dan media yang sesuai, yang mendekatkan siswa denganpengalaman langsung4.
 
Penilaian dengan sistem pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkanpada sistem-sistem pengujian yang dikembangkan selaras denganpengembangan silabus.Rencana pembelajaran dan silabus memiliki pengertian yang berbeda.Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan oleh siswa untuk menuntaskan suatukompetensi secara utuh, artinya didalam suatu silabus adakalanya beberapakompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahupasti berapa pertemuan. Selain hal tersebut, silabus juga mengisyaratkan materiapa yang secara minimal perlu dikuasai oleh siswa untuk mencapai ketuntasankompetensi.
 
 Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran
 
2Rencana pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perludilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Di dalamnya harus terlihat tindakanapa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi sertatindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai. Dengan kata lain rencanapembelajaran yang dibuat guru harus berdasarkan pada kompetensi dankompetensi dasar. Standar kompetensi adalah kemampuan minimal yang harusdapat dilakukan atau ditampilkan siswa, yang meliputi: pengetahuan,keterampilan, dan sikap siswa setelah mengikuti mata pelajaran tertentu.Setiap kompetensi dirinci menjadi sub kompetensi atau kemampuan dasaryang selanjutnya merupakan arah pencapaian dan acuan dalam memilih materidan pengalaman belajar siswa. Untuk mengetahui pencapaian kemampuan dasartertentu diperlukan indikator pencapaian yang digunakan untuk mengembangkanalat pengujian. Standar kompetensi merupakan salah satu komponen rencanapembelajaran yang sangat perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran karenadengan adanya kompetensi yang ingin dicapai proses pembelajaran akan lebihterarah.
B.
 
PERANAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Keberhasilan dari suatu kegiatan sangat ditentukan oleh perencanaannya.Apabila perencanaan suatu kegiatan dirancang dengan baik, maka kegiatan akanlebih mudah dilaksanakan, terarah serta terkendali. Demikian pula halnya dalamproses belajar mengajar, agar pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik maka diperlukan perencanaan pembelajaran yang baik.Perencanaan pembelajaran berperan sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih terarah dan berjalan efektif danefisien. Dengan perkataan lain perencanaan pembelajaran berperan sebagaiskenario proses pembelajaran. Oleh karena itu perencanaan pembelajaranhendaknya bersifat luwes (fleksibel) dan memberi kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikannya dengan respon siswa dalam proses pembelajaran sesungguhnya.
 
 Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran
 
3
C.
 
PENTINGNYA PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Di Indonesia pengembangan pembelajaran adalah terminologi yangberkembang sejak tahun 1970-an. Penerapannya di Indonsia mulai populer denganpenggunaan Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional yang disingkat PPSIkhususnya dalam mengiringi munculnya kurikulum 1975 yang berlaku di untuk SD dan Sekolah Menengah. Sejak saat itu pengembangan pembelajaran menjadikegiatan yang lebih menonjol tidak saja di SD dan sekolah menengah tapi juga diperguruan tinggi dan lembaga pendidikan dan latihan (diklat). Perencanaanpembelajaran perlu dilakukan karena memiliki arti penting sebagai berikut:1.
 
Untuk pengganti keberhasilan yang diperoleh secara untung-untungan2.
 
Sebagai alat untuk menemukan dan memecahkan masalah3.
 
Untuk memanfaatkan sumber secara efektif.Perencanaan yang dilakukan secara sistematis atau dilandasi denganpendekatan sistem akan memberikan dua keuntungan besar seperti berikut:1.
 
Sebagai suatu alat untuk menganalisis, mengidentifikasi dan memecahkanmasalah sesuai dengan yang diinginkan2.
 
Memiliki daya ramal dan kontrol yang baik karena didukung dengan langkah-langkah:a.
 
perumusan kebutuhan secara spesifik dan nyatab.
 
penggunaan logika, proses setapak demi setapak untuk menuju perubahanyang diharapkanc.
 
perhatian dan penentuan salah satu di antara berbagai pendekatan yanglebih sesuai dengan situasi dan kondisid.
 
penetapan mekanisme feedback yang memberi informasi tentangkemajuan, hambatan serta perubahan yang diperlukane.
 
penggunaan istilah dan langkah yang jelas, mudah dikomunikasikan dandipahami oranglainBeberapa pertimbangan atau asumsi yang melandasi mengapa guru harusmelakukan perencanaan pembelajaran adalah sebagai berikut:

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Harsono Sukarjo liked this
Harsono Sukarjo liked this
Harsono Sukarjo liked this
Harsono Sukarjo liked this
Harsono Sukarjo liked this
Rustam Anshori liked this
scriipul liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->