Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
30Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Peran Pemuda, Permasalahan Dan Tantangannya

Makalah Peran Pemuda, Permasalahan Dan Tantangannya

Ratings: (0)|Views: 8,193|Likes:
Published by Gita Nur Istiqomah

More info:

Published by: Gita Nur Istiqomah on Dec 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/04/2013

pdf

text

original

 
 
OLEH:
GITA NUR ISTIQOMAH
SULAWESI UTARA
 
2010
[
P
ERAN
P
EMUDA,
P
ERMASALAHAN DANTANTANGANNYA
] 
eksistensi bangsa ini di masa depan sangat ditentukan oleh seberapa jauh bangsa inimampu berdiri sama tegak dengan negara-negara lain dalam dinamika kehidupaninternasional. 
 
P
eran
P
emuda,
P
ermasalahan dan Tantangannya
 Oleh: Gita Nur Istiqomah (SULUT)
1
PERAN PEMUDA, PERMASALAHAN dan TANTANGANNYAPENDAHULUANBukanlah pemuda yang mengatakan ´inilah ayahkuµ,Sesungguhnya pemuda adalah mereka yang berkata ´inilah akuµ(Ali bin Abi Thalib)PEMUDA merupakan generasi penerus sebuah bangsa, kader bangsa,kader masyarakat dan kader keluarga. Pemuda selalu diidentikandengan perubahan, betapa tidak peran pemuda dalam membangunbangsa ini, peran pemuda dalam menegakkan keadilan, peranpemuda yang menolak kekuasaan. Didalam masyarakat, pemudamerupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunanbangsanya.Sejarah telah mencatat kiprah pemuda-pemuda yang tak kenalwaktu yang selalu berjuang dengan penuh semangat biarpun jiwaraga menjadi taruhannya. Indonesia merdeka berkat pemuda-pemuda Indonesia yang berjuang seperti Ir. Sukarno, Moh.Hatta, Sutan Syahrir, Bung Tomo dan lain-lain dengan penuhmengorbankan dirinya untuk bangsa dan Negara.Dalam sebuah pidatonya, Sukarno pernah mengobarkan semangatjuang Pemuda. Apa kata Sukarno ´Beri aku sepuluh pemuda, makaakan kugoncangkan duniaµ. Begitu besar peranan pemuda di mataSukarno, jika ada sembilan pemuda lagi maka Indonesia menjadinegara Super Power.Lalu bagaimanakah dengan pemuda kini? apakah tugas kitasebagai pemuda? dan apakah semangat pemuda sekarang sudahmulai redup, seolah dalam kacamata negara dan masyarakatseolah-olah atau kesannya pemuda sekarang malu untuk mewarisisemangat nasionalisime.
 
P
eran
P
emuda,
P
ermasalahan dan Tantangannya
 Oleh: Gita Nur Istiqomah (SULUT)
2
 
1
. PERAN PEMUDAKebanyakan orang berpikir saat masih muda mereka hanyamenganggap tugas mereka adalah sekolah, bekerja danmenikah.Tapi apakah sesimple itu dalam memandang dan menjalanihidup tanpa memikirkan apa yang sedang terjadi pada lingkungansekitar, krisis moral, krisis ekonomi, dan berbagai krisismultidimensial yang melanda bangsa kita. Berdasarkan berbagaipotensi dan kesempatan yang dimiliki oleh pemuda, tidaksepantasnyalah bila ia hanya mementingkan kebutuhan dirinyasendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dannegaranya. Jangan pernah kita mengatakan kalau kita pemudasedang kita hanya duduk-duduk, diam, menonton, dan menikmatikondisi tanpa mau peduli. Lalu apakah peran kita?
1
.
1
Pemuda Sebagai ´Iron Stockµ (Generasi Pengganti)Generasi muda adalah generasi pengganti yang tua. Jadi, pemudadiharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memilikikemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikangenerasi-generasi sebelumnya. Ia merupakan aset, cadangan,harapan bangsa untuk masa depan.Sejarah telah membuktikan bahwa di tangan generasi mudalahperubahan-perubahan besar terjadi, dari zaman nabi,kolonialisme, hingga reformasi, pemudalah yang menjadi gardadepan perubah kondisi bangsa.Lantas sekarang apa yang kita bisa lakukan dalam memenuhiperan Iron Stock tersebut ? Jawabannya tak lain adalah denganmemperkaya diri kita dengan berbagai pengetahuan baik itu darisegi keprofesian maupun kemasyarakatan, dan tak lupa untukmempelajari berbagai kesalahan yang pernah terjadi digenerasi-generasi sebelumnya.Lalu kenapa harus Iron Stock ?? Bukan Golden Stock saja?Mungkin didasarkan atas sifat besi itu sendiri yang akanberkarat dalam jangka waktu lama, sehingga diperlukanlahpenggantian dengan besi-besi baru yang lebih bagus dan kokoh.Hal itu sesuai dengan kodrat manusia yang memilikiketerbatasan waktu, tenaga, dan pikiran.
1
.2 Pemuda Sebagai ´Agent of Changeµ (Generasi Pembaharu)Artinya adalah pemuda sebagai agen dari suatu perubahan.´Kenapa harus ada perubahan ???µ. Karena menurut saya kondisibangsa saat ini jauh sekali dari kondisi ideal, dimana banyaksekali penyakit-penyakit masyarakat yang menghinggapi hatibangsa ini, mulai dari pejabat-pejabat atas hingga bawah, dantentunya tertular pula kepada banyak rakyatnya. Sudahseharusnyalah kita melakukan sesuatu terhadap hal ini. Lalu

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Faiz Abdullah liked this
Zainul Anwar liked this
Elsa Devi Rosita liked this
Elsa Devi Rosita liked this
Fajar Bachdim liked this
AncHa Hamsah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->