Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
11Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
masalah sosial

masalah sosial

Ratings: (0)|Views: 2,913|Likes:
Published by appror
Versi file lengkapnya dalam Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
https://bisnisbook.wordpress.com
http://ebookloe.wordpress.com


Versi file lengkapnya dalam Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
https://bisnisbook.wordpress.com
http://ebookloe.wordpress.com


More info:

Published by: appror on Jan 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/16/2013

pdf

text

original

 
Versi file lengkapnya dalam Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
KLIPINGMASALAH SOSIAL
Di susun oleh :1.
 
Ainun Nikmah2.
 
Ali Solikun3.
 
Kristin Aini4.
 
Imam Prasetyo5.
 
Yuliana SariKelas X 4
SMA NEGERI 1 MRANGGENDEMAK2010/2011
 
Versi file lengkapnya dalam Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
Kemiskinan
Kemiskinan
adalah keadaan dimana terjadiketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhandasar seperti makanan , pakaian , tempatberlindung, pendidikan, dan kesehatan.Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaanalat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnyaakses terhadap pendidikan dan pekerjaan.Kemiskinan merupakan masalah global.Sebagian orang memahami istilah ini secarasubyektif dan komparatif, sementara yanglainnya melihatnya dari segi moral danevaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminyadari sudut ilmiah yang telah mapan.Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:Gambaran kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhanpangan sehari-hari, sandang,perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahamisebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar.Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial,ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan daninformasi.Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi.Gambaran tentang kurangnyapenghasilan dankekayaan yang memadai. Makna "memadai" di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagianpolitik  dan ekonomi di seluruh dunia.Kemiskinan bisa dikelompokan dalam dua kategori , yaitu Kemiskinan absolut dan Kemiskinan relatif .Kemiskinan absolut mengacu pada satu set standard yang konsisten , tidak terpengaruholeh waktu dan tempat / negara. Sebuah contoh dari pengukuran absolut adalah persentase daripopulasi yang makan dibawah jumlah yg cukup menopang kebutuhan tubuh manusia (kira kira2000-2500 kalori per hari untuk laki laki dewasa).Bank Dunia mendefinisikan
 sebagai hidup dg pendapatan dibawahUSD  $1/hari dan
Kemiskinan menengah
untuk pendapatan dibawah $2 per hari, dg batasan ini makadiperkiraan pada 2001 1,1 miliar orang didunia mengkonsumsi kurang dari $1/hari dan 2,7 miliarorang didunia mengkonsumsi kurang dari $2/hari."
 Proporsi penduduk negara berkembangyang hidup dalam Kemiskinan ekstrem telah turun dari 28% pada 1990 menjadi 21% pada
 
Versi file lengkapnya dalam Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
2001.
 Melihat pada periode 1981-2001, persentase dari penduduk dunia yang hidup dibawahgaris kemiskinan $1 dolar/hari telah berkurang separuh. Tetapi , nilai dari $1 juga mengalamipenurunan dalam kurun waktu tersebut.
Pengangguran
Pengangguran
atau
tuna karya
adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali,sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yangsedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkankarena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangankerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalamperekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatanmasyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnyakemiskinan dan masalah-masalah sosial  lainnya.Tingkat pengangguran dapat dihitung dengan cara membandingkan jumlah penganggurandengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen. Ketiadaan pendapatanmenyebabkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkanmenurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan. Pengangguran yang berkepanjangan jugadapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya. Tingkatpengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauanpolitik  keamanan dan sosial sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Akibat jangka panjangadalah menurunnya GNP dan pendapatan per kapita suatu negara.Di negara-negara berkembang sepertiIndonesia,dikenal istilah "pengangguran terselubung" di mana pekerjaan yang semestinya bisa dilakukan dengan tenaga kerja sedikit, dilakukan oleh lebih banyak orang.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yoosye Sirait liked this
Serly St Sethiea liked this
Itang Pro Furies liked this
Wahyu Nugroho liked this
A'e Itchu Anii liked this
Gusti Hendro liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->