Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Program Kerja Kesiswaan SMP Islam AA

Program Kerja Kesiswaan SMP Islam AA

Ratings: (0)|Views: 4,965 |Likes:
Published by Sugodo Prayitno

More info:

Published by: Sugodo Prayitno on Jan 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2014

pdf

text

original

 
 
TAHUNPELAJARAN2010/2011
SMP ISLAM AAJAKARTA BARAT
PROGRAM KERJA KESISWAAN
 
2 |
 
Staf 
Kesisw
aan SM
P
 
Isl
am
 
A.
 
LATAR BELAKANG
Upaya peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia yang bertaqwa, cerdasdan berahlaq mulia serta mampu hidup bersaing adalah tuntutan dari perkembanganzaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkansecara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadisemakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuandan teknologi (IPTEK) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara. Indonesiatelah terpuruk di bidang pendidikan selama kurang lebih satu dekade terakhir. Hal inimenjadi tugas bersama seluruh lembaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk membangkitkan kembali dunia pendidikan. Kebangkitan dunia pendidikan harusdimulai dari hal yang terkecil dan mungkin terlupakan oleh kita bersama. Salah satumasalah yang terlupakan adalah peran serta atau keaktifan siswa di luar jam belajar (ekstra kurikuler).Sangat boleh jadi semangat belajar siswa ditentukan dari kepuasan merekadalam menyalurkan bakat dan keinginannya. Faktor-faktor yang berhubungan secaralangsung dan tidak langsung dengan siswa harus dijadikan sebuah tolak ukur untuk menentukan keberhasilan pendidikan. Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang secara langsung berhubungan dengan siswa dan dapatmengembangkan minat, bakat, dan keinginan siswa. Prestasi demi prestasi akan terusdicetak oleh siswa jika sekolah memberikan dukungan yang lebih kepada siswa.Tugas utama siswa di sekolah adalah belajar. Kegiatan di luar sekolah tentu bukan suatu batu loncatan ketika siswa tidak mampu lagi belajar. Kegiatan di dalamekstra kuriuler haruslah menjadi penopang yang sangat kuat terhadap kegiatan belajar di sekolah.
B.
 
KEBIJAKAN UMUM
Staf kesiswaan bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengansiswa. Harapan uatamanya adalah bagaimana siswa menjadi insan bertaqwa, cerdasdan berahlaq mulia selalu mengembangkan kepribadiaannya untuk kemanfaatan pribadi, lingkungan dan orang lain.
 
3
|
 
Staf 
Kesisw
aan SM
P
 
Isl
am
 
Semua kegiatan siswa sudah terakomodir dan difasilitasi oleh sekolah.Berkenaan dengan tugas tersebut, wakasek kesiswaan sudah menentukan garis besasemua kegiatan yang boleh diiikuti oleh siswa, diantaranya :1.
 
Semua kegitan dilaksanakan dengan izin kepala sekolah dan orang tua siswa2.
 
Semua kegiatan tidak melupakan tugas utamanya, yaitu belajar.3.
 
Semua kegiatan selalu berorientasi untuk pengembangan diri setiap siswa4.
 
Semua kegiatan didanai oleh komite sekolah dan dibantu oleh donatur yang tidak mengikat.5.
 
Jadwal kegiatan harus disesuaikan dengan agenda kegiatan sekolah.6.
 
Semua kegiatan sudah terencana dengan baik dan matang.7.
 
Semua kegiatan tidak menyebabkan ekses negatif baik untuk SMP Islam AA,maupun untuk yang lainnya.8.
 
Semua kegiatan ekstra kurikuler harus dilaksanakan di luar jam sekolah kecualidalam keadaan mendesak dengan izin kepala sekolah.
C
.
 
LANDASAN HUKUM
1.
 
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
 ,
Pasal 1 butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik,dan Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberiketeladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas pesertadidik dalam proses pembelajaran, dan Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.2.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 te ntang Standar NasionalPendidikan
 ,
Pasal 5 s.d Pasal 18 tentang
 
standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.3.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
 ,
yang memuat pengembangandiri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasidan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan. 4.
 
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39 Tahun 2008 tentang materi pembinaan kesiswaan.

Activity (55)

You've already reviewed this. Edit your review.
matematika_01 liked this
1 hundred reads
1 thousand reads
Riezt Qy Byhq liked this
Samsul Hadi liked this
Fikri AL-acehy liked this
Asdi Wiharto liked this
elbadr09 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->