Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
6Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
dasar dasar perpajakan

dasar dasar perpajakan

Ratings: (0)|Views: 1,911|Likes:
Published by appror

More info:

Published by: appror on Jan 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/09/2013

pdf

text

original

 
Versi file lengkapnya dalam Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
DASAR
 – 
DASAR PERPAJAKAN 
Pengertian
 Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan UU (yang dapat dipaksakan)dengan tiada mendapatkan jasa timbal (kontra prestasi ) yang langsung dapat ditunjukandan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum/negara.Dari pengertian tersebut diatas pajak memiliki unsur-unsur:1.
 
Iuran dari rakyat kepada negara2.
 
Berdasarkan UU3.
 
Tanpa jasa timbal atau kontra prestasi dari negara secara langsung dapat ditunjuk 4.
 
Digunakan untuk membiayai rumah tangga negara
Fungsi pajak 
Pajak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan bernegara, khususnya didalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara  untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pengeluaran pembangunan. Berdasarkan hal diatas maka pajak mempunyai beberapa fungsi, yaitu:
Fungsi anggaran (
budgetair 
)
 
Sebagai sumber pendapatan negara,pajak berfungsi untuk membiayai pengeluaran- pengeluaran negara. Untuk menjalankan tugas-tugas rutin negara dan melaksanakanpembangunan, negara membutuhkan biaya. Biaya ini dapat diperoleh dari penerimaan pajak. Dewasa ini pajak digunakan untuk pembiayaan rutin seperti belanja pegawai,  belanja barang, pemeliharaan, dan lain sebagainya. Untuk pembiayaan pembangunan,uang dikeluarkan dari tabungan pemerintah, yakni penerimaan dalam negeri dikurangi pengeluaran rutin. Tabungan pemerintah ini dari tahun ke tahun harus ditingkatkan sesuai
 
Versi file lengkapnya dalam Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
kebutuhan pembiayaan pembangunan yang semakin meningkat dan ini terutamadiharapkan dari sektor pajak.
Fungsi mengatur (
regulerend 
)
 
Pemerintah bisa mengatur pertumbuhan ekonomi melalui kebijaksanaan pajak. Dengan fungsi mengatur, pajak bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. Contohnyadalam rangka menggiring penanaman modal,baik dalam negeri maupun luar negeri, diberikan berbagai macam fasilitas keringanan pajak. Dalam rangka melindungi produksidalam negeri, pemerintah menetapkan bea masuk yang tinggi untuk produk luar negeri.
Fungsi stabilitas
 
Dengan adanya pajak, pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yangberhubungan dengan stabilitas harga sehingga inflasi dapat dikendalikan, Hal ini bisa dilakukan antara lain dengan jalan mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutanpajak, penggunaan pajak yang efektif dan efisien.
Fungsi redistribusi pendapatan
 
Pajak yang sudah dipungut oleh negara akan digunakan untuk membiayai semuakepentingan umum, termasuk juga untuk membiayai pembangunan sehingga dapatmembuka kesempatan kerja, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pendapatanmasyarakat. Syarat pemungutan pajak:Pemungutan pajak harus memenuhi syarat-syarat berikut:1.
 
Syarat keadilan2.
 
Syarat Yuridis
 
Versi file lengkapnya dalam Ms. Wordnya Bisa Di Ambil Di:
3.
 
Syarat Ekonomis4.
 
Syarat Finansil5.
 
SederhanaTeori yang mendukung pemungutan pajak:1.
 
Teori Asuransi: (Negara melindungi keselamatan jiwa, harta benda dan hak-hak rakyatnya,untuk itu rakyat harus membayar pajak)2.
 
Teori kepentingan: (Pembagian beban pajak kepada rakyat didasarkan padakepentingan masing-masing orang)3.
 
teori daya pikul: (Beban pajak sesuai dengan daya pikul masing-masing orang)untuk mengukur daya daya pikul digunakan dua pendekatan yaitu:unsur objektif: besarnya penghasilan atau kekayaan yang dimiliki.unsur subjektif : besar kebutuhan materiil yang harus dipenuhi4. Teori bakti: (hubungan rakyat dengan negara sebagai warga negara yang berbaktirakyat sadar bahwapajak adalah suatau kewajiban)5. Teori asas daya beli: (memungut pajak berarti menarik daya beli di rumah tanggamasyarakat untuk rumah tangga negara).
SISTEM DAN TARIF PAJAK
 
Sistem Perpajakan
 Ludwig von Bertalanffy, seorang biopsikologi bangsa Jerman yang menulis GeneralSystem Theory pada tahun 1950-an mengemukakan bahwa semua fenomena mempunyai

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lestari Kadoy liked this
Revel Sangkay liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->