Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Komunikasi Terapeutik Pada Gangguan Jiwa

Komunikasi Terapeutik Pada Gangguan Jiwa

Ratings: (0)|Views: 1,587 |Likes:
Published by Aiyu Day

More info:

Categories:Types, Speeches
Published by: Aiyu Day on Jan 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/15/2013

pdf

text

original

 
Disusun Oleh:
ANAK AGUNG D.A (01)ANGGA DINDA PRADANA (04)ERMA NUR FADILAH (22)ERNA AGUSTINA (24)NELY INDAH RAHMAWATI (47)RETNO AYU. K (55)SIGMA WARISTAMA (60)
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATANSURYA MITRA HUSADAKEDIRI2010
 
KATA PENGANTAR 
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkatrahmat dan hidayah-Nya, penulis mampu menyelesaikan penulisan makalah ini dengantepat waktu dengan judul
“KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAMKEPERAWATAN JIWA”
guna pemenuhan tugas mata kuliah SistemNeurobehavior.Penulis mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantuterselesainya penulisan makalah ini. Terima kasih penulis ucapkan :
Byba Melda Suhita, S.Kep.Ns.M. Kes
Agusta Deliana,S.Kep.Ns
Teman-teman IKP Reguler IIIB yang tanpa henti memberi semangatPenulis menyadari banyaknya kekurangan dalam penulisan makalah ini. Penulismemohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan penulisan baik disengaja maupun tidak.Penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun guna penyempurnaanmakalah ini.
 
Kediri, 15 Desember 2010Tim Penulis
 
BAB IPENDAHULUAN
I.
LATAR BELAKANG MASALAH
Komunikasi adalah hal terpenting dalam berhubungan denganorang lain. Tanpa ada komunikasi, sulit bagi manusia untukberinteraksi. Begitupun dalam keperawatan jiwa. Komunikasi tetapmenjadi salah satu hal yang paling penting dalam upaya pengobatandan penyembuhan pasien.Komunikasi dalam keperawatan sangatlah penting, sebab tanpakomunikasi pelayanan keperawatan akan sulit diaplikasikan. Dalamproses keperawatan jiwa, komunikasi bertujuan untuk mengubahperilaku klien guna mencapai tingkat kesehatan yang optimal. Olehkarena bertujuan untuk terapi, maka komunikasi ini disebut komunikasiterapeutik.Komunikasi terapeutik adalah kemampuan atau keterampilanperawat untuk membantu klien beradaptasi terhadap stress, mengatasigangguan psikologi dan belajar bagaimana berhubungan dengan oranglain. Perawat harus memiliki tanggung jawab moral yang tinggi didasaridari sikap peduli dan kasih sayang, serta ingin membantu orang lainuntuk tumbuh dan berkembang.
II.
RUMUSAN MASALAH
1.Apakah definisi komunikasi terapeutik?2.Apakah manfaat komunikasi terapeutik?3.Apakah tujuan komunikasi terapeutik?4.Apakah syarat komuniksi terapeutik?

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->