Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Sumaryo Dan Malul Azam - Dasar-Dasar Akuntansi (2008)

Sumaryo Dan Malul Azam - Dasar-Dasar Akuntansi (2008)

Ratings: (0)|Views: 1,155 |Likes:
Published by Ahmad Abdul Haq

More info:

Published by: Ahmad Abdul Haq on Jan 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
PROGRAM PERCEPATAN AKUNTABILITASKEUANGAN PEMERINTAHMODUL
Dasar - Dasar Akuntansi
Disusun Oleh:SunaryoMalul Azam
DEPARTEMEN KEUANGAN RI
2008 
Powered by:
http://forumprima.multiply.com 
 
 1
SAP DASAR-DASAR AKUNTANSI1. Deskripsi Singkat
Mata ajar Dasar-Dasar Akuntansi ini bertujuan membahas pengertian akuntansi, siklusakuntansi, persamaan dasar akuntansi, analisis transaksi, basis akuntansi, akuntasikas, piutang, persediaan, aktiva tetap, hutang dan ekuitas pada perusahaan komersial.Pemberian materi ini diharapkan dapat memberikan peserta landasan berpikir sebelummempelajari akuntansi pemerintah. Pengetahuan akan Dasar-Dasar Akuntasi ini akanmemperoleh pendalaman setelah peserta mempelajari penerapan pada akuntansipemerintah.
2. Tujuan Pembelajaran Umum
Peserta dapat menjelaskan tentang pengertian akuntansi, siklus akuntansi, persamaandasar akuntansi, analisis transaksi dan basis akuntansi pada perusahaan komersial.Selain itu peserta juga diharapkan untuk dapat memahami perlakuan akuntansi danmenyajikannya dalam Laporan Keuangan atas perkiraan Kas, Piutang, Persediaan,Aktiva Tetap, Hutang dan Ekuitas.
3. Tujuan Pembelajaran Khusus
a. Peserta dapat menjelaskan pengertian akuntansi dan manfaat laporan akuntansibagi para pemakai laporan akuntansi tersebut.b. Peserta dapat membedakan antara tatabuku dengan akuntansi.c. Peserta dapat menjelaskan persamaan dasar akuntansi dan dapat menganalisatransaksi berdasarkan persamaan dasar akuntansi.d. Peserta dapat memahami langkah-langkah dalam siklus akuntansi.e. Peserta dapat mencatat transaksi dalam jurnal, mempostingnya ke akun bukubesar, dan membuat neraca saldo.f. Peserta dapat memahami jurnal penyesuaian, akun yang perlu disesuaikan, tujuan jurnal penyesuaian dan pencatatan jurnal penyesuaian.g. Peserta dapat membuat ayat jurnal penutup dan ayat jurnal pembalik.h. Peserta dapat memahami pengertian dan elemen neraca, laporan laba rugi, danlaporan perubahan modal dan membuat laporan keuangan dengan bantuanneraca lajur.i. Peserta dapat membuat ayat jurnal penutup.
 
 2
 j. Peserta dapat menjelaskan pengertian kas, melakukan rekonsiliasi kas danmenyajikan kas di neracak. Peserta dapat menjelaskan arti piutang dan menjelaskan nilai yang disajikan dineraca.l. Peserta dapat memahami arti persediaan dan menjelaskan nilai persediaan yangdisajikan di neraca.m. Peserta dapat memahami arti penyusutan dan mengetahui nilai aktiva yangdisajikan di neracan. Peserta dapat menjelaskan dan melakukan akuntansi atas hutang perusahaan.o. Peserta dapat menjelaskan dan melakukan akuntansi atas ekuitas perusahaan.
4. Topik Bahasan
a. Pendahuluanb. Akun/Perkiraanc. Jurnald. Buku Besare. Neraca Saldof. Pencatatan Beban dan Pendapatang. Ayat Jurnal Penyesuaian.h. Neraca Lajuri. Laporan Keuangan j. Ayat Jurnal Penutup dan Ayat Jurnal Pembalikk. Akuntansi untuk Kasl. Akuntansi untuk Piutangm. Akuntansi untuk Persediaann. Akuntansi untuk Aktiva Tetapo. Akuntansi untuk Hutangp. Akuntansi untuk Ekuitasq. Laporan Arus Kas
5. Materi
a) Definisi akuntansi, siklus akuntansi, persamaan dasar akuntansi, analisis transaksi,dan basis akuntansi.b) Pengertian, aturan pencatatan, saldo normal, kelompok dan bagan akun.

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Strife Cloud liked this
Shelly Septiani liked this
Ayu Mendidoha liked this
Deni Marlina liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->