Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Resume Buku ISLAM TUNTUNAN DAN PEDOMAN HIDUP

Resume Buku ISLAM TUNTUNAN DAN PEDOMAN HIDUP

Ratings: (0)|Views: 1,775 |Likes:
Published by Kamal Fahrurizal

More info:

Published by: Kamal Fahrurizal on Jan 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
Garis Besar Isi Buku
Buku yang berjudul “Islam : Tuntunan dan Pedoman Hidup” yang digunakan buku ajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang digunakan sebagai buku pedoman dalam pembelajaran PAI di Kelas, diharapkan mampu bermanfaat bagimahasiswa dan digunakan sebagai tuntunan dalam menjalani hidup untuk kebahagiaandunia akhirat dan sebagai sumber nilai dan pedoman yang mengantarkan mahasiswadalam mengembangkan profesi dan kepribadian Islam.Secara Garis besar buku yang berjudul “Islam : Tuntunan dan Pedoman Hidup”terdiri dari 15 bab, dimana setiap bab membahas pokok-pokok Islam masing-masing,Bab 1 menjelaskan tentang bagaimana mahasiswa memaknai makna tujuan danmetodologi dalam memahami Islam. Bab 2 menjelaskan tentang bagaimana memahami pengertian Manusia, Agama, dan Islam. Bab 3 mengajarkan kita untuk lebih memahamitentang Keimanan dan Ketakwaan sesuai dengan Al-Quran dan Hadits. Bab 4menhuraikan tentang Al-Quran sebagai sumber ajaran Islam pertama. Bab 5 diharapkanmampu memahami Hadits sebagai sumber ajaran Islam kedua setelah Al-Quran. Bab 6 bertujuan agar memahami dan menjelaskan tentang Itjihad sebagai PengembanganHukum Islam. Bab 7 menjelaska pokok-pokok Islam mengenai Syariah, Fikih, danHukum Islam. Bab 8 mengajarkan tentang bagaimana memahami Pola Ibadah sebagai bagian dari Aspek Ritual Umat Muslim. Bab 9 menjelaskan tentang BagaimanaMembangun Keluarga yang Islami. Bab 10 memaparkan tentang Makanan danMinuman dalam Islam. Bab 11 menjelaskan dan maparkan tentang Konsep dasar ekonomi dan Transaksi dalam Sistem Muamalah Islam. Bab 12 mengajarkan bagaimana car Menanamkan Etos kerja dan Enterpreuneurship ( Kewirausahaan )dalam Islam. Bab 13 menjelaskan tentang Akhlak dan Tashawuf. Serta Bab 14mengenai Dakwah dan Amar Ma’ruf Nahyi Munkar, dan yang terakhir menjelaskantentang Islam dan Isu-isu kontemporer. Semua yang tersusun dalam buku isimerupakan berbagai bentuk pokok-pokok ajaran Islam.
1
 
B.
Permasalahan pokok 
Pada zaman sekarang ini, pedoman untuk bagaimana kita mejalani hidup secaraislami sudah sangat sulit dijumpai dalam masyarakat. Berbagai macam bentuk kemunkaran, kejahatan dan kemudharatan terjadi dimana-mana akibat dari lemahnyaaklakul Islam yang tertanam pada diri setiap Individu. Masalah yang timbul darilemahnya akhlak Islam ini sebagai buah dari kurangnya pembelajaran Islam yangsetengah-setengah mengakibatkan kekurang fahaman dalam pembelajaran Islamsehingga mengakibatkan terbentuknya berbagai macam penyimpangan. Sebagaimahasiswa yang bertindak sebagai agen perubahan kita perlu juga memahami Islamdengan cara yang baik. Sehingga membutuhkan buku rujukan bagi ajaran Islamtersebut, yaitu melalui buku yang berjudul “Islam : Tuntunan dan Pedoman Hidup”.Dalam memahami isi buku yang berjudul “Islam : Tuntunan dan Pedoman Hidup” inisecara baik, benar, jelas dan meyeluruh membutuhkan cara tertentu, salah satunyadengan membuat resume buku ini. Dengan demikian kita dapat memahami danmempelajari isi buku dengan lebih dalam dan Menyeluruh.
C.Tujuan
Kegiatan membuat resume buku yang berjudul “Islam : Tuntunan dan PedomanHidupsebagai salah satu tugas Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. Tetapi selainitu tujuan yang paling penting adalah sebagai salah satu cara untuk mempelajari pokok- pokok Islam, memahami, menjalankannya agar kita dapat menjadi manusia yangdiberikan petunjuk untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.
2
 
BAB IIRESUME BUKU1.MAKNA, TUJUAN, DAN METODOLOGI MEMAHAMI ISLAM
A.
Makna Islam
Islam mempunyai makna yang secara lughawi kata “Islam” berasak dari tiga akar kata,yaitu : Aslama, artinya besresras diri atau tunduk patuh; Salam, artinya damai ataukedamaian ; Salamah, artinya keselamatan. Berdasarkan dari akar kata Islam tersebut, maka siapa saja yang meyakini dan mengamalkan aslama, salam, dan salamahmaka dapat disebut beragama Islam.Adapun secara istilahi atau terminologis, “ Islam” adalah agama yang diturunkan dariAlloh SWT kepada umatnya melalui Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu Islamadalah sebutan eksklusif untuk agama yang dianut dan diamalkan oleh pengikut NabiMuhammad SAW.

 

 

 

 

 

 

 

 

“Maka Apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, Padahal kepada- Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan sukamaupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.”
( Q.S Ali Imran :83 )Untuk memahami Islam perlu dipahami pula makna Taslim ( berserah diri ) yangmemiliki tiga tingkatan yaitu :1.Taslim fisik adalah menyerah secara fisik karena dikalahkan oleh lawan yangmemiliki fisik lebih kuat2.Taslim Akal adalah taslim atau menyerah diri karena kelemahan dalil, logika,dan argumentasi3.Taslim hati adalah taslim dengan tidak kufur.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->