Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
29Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian koping

Pengertian koping

Ratings: (0)|Views: 1,390 |Likes:
Published by Andi Tama

More info:

Published by: Andi Tama on Jan 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

 
Pengertian koping
Mekanisme koping adalah cara yang dilakukan individu dalam menyelesaikanmasalah, menyesuaikan diri dengan perubahan, serta respon terhadap situasiyang mengancam (Keliat, 1999).Sedangkan menurut Lazarus (1985), koping adalah perubahan kognitif danperilaku secara konstan dalam upaya untuk mengatasi tuntutan internal danatau eksternal khusus yang melelahkan atau melebihi sumber individu.Berdasarkan kedua definisi maka yang dimaksud mekanisme koping adalah carayang digunakan individu dalam menyelesaikan masalah, mengatasi perubahanyang terjadi dan situasi yang mengancam baik secara kognitif maupun perilaku.
Penggolongan Mekanisme Koping
Mekanisme koping berdasarkan penggolongannya dibagi menjadi 2 (dua) (Stuartdan Sundeen, 1995) yaitu :
1. Mekanisme koping adiptif 
adalah mekanisme koping yang mendukung fungsi integrasi, pertumbuhan,belajar dan mencapai tujuan. Kategorinya adalah berbicara dengan orang lain,memecahkan masalah secara efektif, teknik relaksasi, latihan seimbang danaktivitas konstruktif.
2. Mekanisme koping maladaptif 
Adalah mekanisme koping yang menghambat fungsi integrasi, memecahpertumbuhan, menurunkan otonomi dan cenderung menguasai lingkungan.Kategorinya adalah makan berlebihan / tidak makan, bekerja berlebihan,menghindar.Koping dapat dikaji melalui berbagai aspek, salah satunya adalah aspekpsikososial (Lazarus dan Folkman, 1985; Stuart dan Sundeen, 1995; Townsend,1996; Herawati, 1999; Keliat, 1999) yaitu :
A. Reaksi Orientasi Tugas
Berorientasi terhadap tindakan untuk memenuhi tuntutan dari situasi stresssecara realistis, dapat berupa konstruktif atau destruktif. Misal :1.Perilaku menyerang (agresif) biasanya untuk menghilangkan atau mengatasirintangan untuk memuaskan kebutuhan.2.Perilaku menarik diri digunakan untuk menghilangkan sumber-sumberancaman baik secara fisik atau psikologis.
 
3.Perilaku kompromi digunakan untuk merubah cara melakukan, merubah tujuanatau memuaskan aspek kebutuhan pribadi seseorang.
B. Mekanisme pertahanan ego
, yang sering disebut sebagai mekanismepertahanan mental. Adapun mekanisme pertahanan ego adalah sebagai berikut :
Kompensasi
Proses dimana seseorang memperbaiki penurunan citra diri dengan secara tegasmenonjolkan keistimewaan/kelebihan yang dimilikinya.
Penyangkalan (denial)
Menyatakan ketidaksetujuan terhadap realitas dengan mengingkari realitastersebut. Mekanisme pertahanan ini adalah paling sederhana dan primitif.
Pemindahan (displacement)
Pengalihan emosi yang semula ditujukan pada seseorang/benda lain yangbiasanya netral atau lebih sedikit mengancam dirinya.
Disosiasi
Pemisahan suatu kelompok proses mental atau perilaku dari kesadaran atauidentitasnya.
Identifikasi (identification)
Proses dimana seseorang untuk menjadi seseorang yang ia kagumi berupayadengan mengambil/menirukan pikiran-pikiran, perilaku dan selera orangtersebut.
Intelektualisasi (intelectualization)
Pengguna logika dan alasan yang berlebihan untuk menghindari pengalamanyang mengganggu perasaannya.
Introjeksi (Introjection)
Suatu jenis identifikasi yang kuat dimana seseorang mengambil dan meleburnilai-nilai dan kualitas seseorang atau suatu kelompok ke dalam struktur egonyasendiri, merupakan hati nurani.
Isolasi
Pemisahan unsur emosional dari suatu pikiran yang mengganggu dapat bersifatsementara atau berjangka lama.
Proyeksi
Pengalihan buah pikiran atau impuls pada diri sendiri kepada orang lainterutama keinginan, perasaan emosional dan motivasi yang tidak dapatditoleransi.
Rasionalisasi

Activity (29)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
BinTank TiBa liked this
uje liked this
Gerry Gusti Agung added this note
:)
Matsumoto Ayuka liked this
Fauza Ilma liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->