Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
hal-hal gaib

hal-hal gaib

Ratings: (0)|Views: 147 |Likes:
Published by dbbfbmal
Menjelaskan sumber dari hal-hal gaib, bahaya hal-hal gaib, serta bagaimana menolong diri apabila terjebak dalam gaib. (Cuplikan "Sedarlah Feb 2011")
Menjelaskan sumber dari hal-hal gaib, bahaya hal-hal gaib, serta bagaimana menolong diri apabila terjebak dalam gaib. (Cuplikan "Sedarlah Feb 2011")

More info:

Published by: dbbfbmal on Jan 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2011

 
Sedarlah!Februari 2011
3
J
 AWABAN atas pertanyaan itu banyak bergan-tung pada daerah tempat tinggal seseorang, juga keyakinan agama dan latar belakang ke-budayaannya. Di daerah Anda, apa yang mem-buat orang tertarik pada hal-hal gaib? Barang-kali, mereka terpikat karena salah satu darihal-hal berikut.
˘
Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu itu kod-rat manusia, dan hal gaib berbau misteri. Jadi,beberapa orang penasaran apakah ada kekuatantersembunyi di balik hal gaib. Yang lain mung-kin mencoba-coba jelangkung atau membacahoroskop untuk melihat apakah ramalannya ter- jadi. Yang lainnya lagi menghadiri upacara pe-manggilan arwah atau berkonsultasi denganparanormal.
˘
Hiburan
Belakangan ini, ada lonjakan hibur-an—buku, film,
game
komputer—bertemakan halgaib dan takhayul agama kafir kuno. Sebagiandarihiburan inijugaberisi keberingasan dan seks yang gamblang.
˘
Kekhawatiran akan hari esok
Alkitab me-nubuatkan, ”Pada hari-hari terakhir akan datangmasa kritis yang sulit dihadapi.” (2 Timotius 3:1)Kita memang sedang menghadapi masa yang su-kar,danbanyak yangberkonsultasi denganorang yangmempraktekkan ilmu gaib—seperti astrolog,peramal, penafsir garis tangan, dan paranormal —untuk minta petunjuk. ”Inilah salah satu darisejumlah kecil bisnis yang tidak terimbas resesi,”kata seorang paranormal.”Orang-orang biasanyatidakdatang kalau lagisenang.” Seorang peramaldi Kanada menyatakan, ”Tiba-tiba saya sering di-hubungi secara diam-diam oleh para eksekutif melalui teleponpribadi di kantor atau ponsel me-rekasambilberbisik.”Diamenambahkan,”Mere-ka adalah orang-orang yang dulu biasanya skep-tisdan tidakbegitu nyamanberkonsultasidenganparanormal.”
˘
Penyakit jasmani
Di beberapa negeri,orang-orang yang sakit keras sering tidak maulagi ke dokter dan beralih ke tabib tradisional yangmenggunakan metode ilmu gaib.Santetdanguna-guna mungkin dianggap sebagai penyebabpenyakit mereka. Agar terlepas dari guna-guna,teman atau kerabat si sakit mungkin memintapertolongan orang pintar, atau dukun, yang bisa jadi menuntut bayaran yang besar.
˘
Ingin mendapat perlindungan dan perun- tungan
Di beberapawilayah di Afrika, pendudukdesa mengupah seorang ”nabi” dari gereja karis-matik untuk mengusir roh-roh jahat dari komu-nitas mereka. Ritual mencakup minum ramuandan ”air suci”. Di tempat lain, orang-orang ber-konsultasidenganparamedium untuk memohonperuntungan atas rumah baru atau kuburan.
˘
Keselamatan anak terancam
Di Papua Nugini, seorang ibu tidak mau keluar rumahmalam-malam dengan anaknya yang baru lahir.Mengapa? Dia takut kalau-kalau roh jahat men-celakai bayinya. Di Uganda, ibu-ibu biasa meng-ikatkan benang, kadang dengan manik-manikdan kerang, di pergelangan tangan dan kaki bayimereka agar terlindung dari celaka.
˘
Kehilangan orang tersayang
Penulis Ing-gris Sir Arthur Conan Doyle kehilangan putra,adik, ipar, dan kemenakan laki-laki pada PerangDunia I. Karena galau dan putus asa, Doyle danistrinya menghadiri upacara pemanggilan arwah,berharap untuk berbicara dengan mendiang put-ra mereka. Dewasa ini pun, banyak orang men-datangi para cenayang dalam upaya untuk ber-bicara dengan mendiang orang-orang tersayang.Di beberapa negeri, agama tradisional dan gere- ja yang mengaku Kristen mengajarkan bahwa ke-matian adalah akibat tindakan jahat roh-rohyangmarah. Beberapa ritual yang mahal boleh jadi
Apa yang Membuat Orang Tertarik pada
Hal-HalGaib?
 
4
Sedarlah!Februari 2011
JURNAL INI DITERBITKAN
untuk memberikan penyuluhan kepadaseluruh keluarga. Majalah ini memperlihatkan cara menanggulangiproblem-problem dewasa ini. Majalah ini melaporkan berita, menceritakankehidupan orang di berbagai negeri, memeriksa ilmu pengetahuan danagama.Namun,bukanitusaja.Majalahinijugamengkajidanmenunjukkanmakna sesungguhnya di balik peristiwa-peristiwa terkini, tetapi tetap netralsecara politik dan tidak mengunggulkan ras tertentu. Yang terpenting,majalah ini membina keyakinan akan janji sang Pencipta tentang suatudunia baru yang aman dan sentosa yang segera menggantikan sistemsekarangyangfasikdanyangmelanggarhukum.
!"#2
Publikasi ini tidak diperjualbelikan, dan disediakan sebagaibagian dari pekerjaan pendidikan Alkitab sedunia yangditunjang oleh sumbangan sukarela. Kecuali disebutkan sum-bernya, semua kutipan ayat diambil dari
Kitab Suci Terjemah- an Dunia Baru. Awake!
(ISSN 0005-237X) is published monthly by Watch-tower Bible and Tract Society of New York, Inc.; M. H. Larson,President; G. F. Simonis, Secretary-Treasurer; 25 ColumbiaHeights, Brooklyn, NY 11201-2483, and in Indonesia by Saksi-Saksi Yehuwa Indonesia; PO Box 2105, Jakarta 10001.Periodicals Postage Paid at Brooklyn, N.Y., and at additionalmailing offices.
5
2011 Watch Tower Bible and Tract Societyof Pennsylvania. Hak cipta dilindungi. Printed in Japan.Vol. 92, No. 2 Monthly INDONESIAN
diwajibkan untuk mencegah kematian beruntundi sebuah komunitas.
˘
Takut pada orang mati
Kepercayaan ten-tang kematian dan orang mati amat memenga-ruhi manusia. Karena itu, di banyak negeri,orang-orang melakukan segala jenis ritual, ter-masuk melukai diri sendiri, untuk menenangkanorang mati atau untuk ”membuktikan” kasih ke-pada mereka. Di beberapa masyarakat Kepulau-an Pasifik, jandadan dudadipaksa memakai bajuhitam dan berkabung selama berbulan-bulan, di-sekap dalam sebuah rumah tempat mereka ti-dak boleh makan makanan kesukaan almarhum.Orang-orang yang mempraktekkan kebiasaan inibisa menjadi depresi atau sakit karena kelaparanatau bahkan meninggal.Jelaslah, ada banyak umpan yang memikatorang-orangpada hal-hal gaib. Maka, betapa pen-tingnyamemahami sumber yang sebenarnyadariilmu gaib! Untuk itu, mari kita selidiki Alkitab,satu-satunya buku yang memberi kita gambaranlengkap.
M
ENGENAI Pencipta kita, Alkitab menga-takan, ”Allah adalah terang dan tidak adakegelapan dalam persatuan dengan dia.” (1 Yo-hanes 1:5) Itu khususnya benar dalam pengerti-an rohani. Jadi, mungkinkah Allah yang benaradalah kuasa di balik hal-hal gaib? Atau adakahkekuatan menyeramkan yang terlibat?Praktek ilmu gaib yang paling utama adalahtenung dan spiritisme, yang mencakup astrolo-gi, numerologi, ilmu rajah tangan, dan sihir, ser-ta komunikasi dengan ”orang mati” dan santet.Praktek-praktek ini mempunyai sejarah yang sa-ngat panjang, kebanyakan berasal dari Babilonkuno, yang reruntuhannya terletak di Irak. (Ye-saya47:1,12,13) Dari Babilon, ilmu gaib menye-bar ke seantero dunia kuno lalu berurat berakardalam banyak kebudayaan dan peradaban.Perhatikan suatu peristiwa yang terjadi dikota Filipi di Makedonia kuno. Di sana, seke-lompok kecil rohaniwan Kristen, termasuk ra-sul Paulus dan dokter Lukas, berjumpa denganseorang gadis yang memiliki kuasa gaib. Per-hatikan bagaimana penulis Alkitab Lukas me-nyingkapkan sumber rahasia kuasanya. Ia me-nulis, ”Kami bertemu dengan seorang hambaperempuan yang mempunyai
suatu roh, suatu
Siapa Sebenarnya di Balik
IlmuGaib?
 
Bahasa:
Afrikans, Albania, Amhara, Arab, Armenia, Belanda,
67
Bislama, Bulgar, Cebuano, Cheska,
7
Chichewa, Chitonga, Cibemba,Cina (Disederhanakan), Cina (Tradisional)
7
(hanya audio Mandarin),Dansk,
7
Esti, Ewe, Fiji, Georgia, Gujarati, Hiligaynon, Hindi, Ibrani, Igbo,Iloko, Indonesia, Inggris,
67
Islan, Italia,
67
Jepang,
67
Jerman,
67
Kan-nada, Kinyarwanda, Kirghiz, Korea,
67
Kroat, Latvi, Lingala, Lituavi,Magyar, Makedonia, Malagasi, Malayalam, Malta, Myanmar, Norsk,
67
Polski,
67
Portugis,
687
Prancis,
687
Punjabi, Rarotonga, Rumania,Rundi, Rusia,
67
Samoa, Sepedi, Serb, Sesotho, Shona, Silozi, Sinha-la, Slovak, Sloven, Spanyol,
67
Suomi,
7
Swahili, Swensk,
7
Tagalog,Tamil, Thai, Tok Pisin, Tonga, Tsonga, Tswana, Turki, Ukraina, Urdu,Vietnam, Xhosa, Yoruba, Yunani, Zulu
6
CD juga tersedia.
8
MP3 CD-ROM juga tersedia.
7
Rekaman audio juga tersedia di 
www.jw.org.
Inginkah Anda mendapatkan lebih banyak informasi atau pel- ajaran Alkitab di rumah secara cuma-cuma? 
Silakan menulissurat kepada Saksi-Saksi Yehuwa dengan menggunakan salah satualamat di bawah ini. Untuk daftar alamat yang lengkap, lihat www.watch- tower.org/address. Amerika Serikat:
25 Columbia Heights, Brooklyn, NY 11201-2483.
Australia:
PO Box 280, Ingleburn, NSW 1890.
Belanda:
Noordbargerstraat 77,NL-7812 AA Emmen.
Filipina, Republik:
PO Box 2044, 1060 Manila.
Hong Kong:
4 Kent Road, Kowloon Tong.
Indonesia:
PO Box 2105, Jakarta 10001.
Inggris:
TheRidgeway, London NW7 1RN.
Jepang:
4-7-1 Nakashinden, Ebina City, Kanagawa-Pref,243-0496.
Kanada:
PO Box 4100, Georgetown, ON L7G 4Y4.
Malaysia:
Peti SuratNo. 580, 75760 Melaka.
Thailand:
PO Box 7 Klongchan, Bangkok 10 240.
Timor Timur:
Box 248, Dili.
Sedarlah!Februari 2011
5
hantu
tenung. Ia biasa memberi majikan-maji-kannya banyak keuntungan dengan memprak-tekkan ilmu ramal.”—Kisah 16:16-18. Ya, kuasa gadis ini tidak berasal dari Allah yang benar, Yehuwa, tetapi dari suatu hantu,suatu rohjahat.Maka,Paulusdanteman-teman-nya menolak mendengarkan dia. Barangkali Anda kini bertanya-tanya, ’Siapakah hantu-han-tu itu? Dan, dari mana mereka?’ Sekali lagi,perhatikan jawaban Alkitab.
Siapakah Hantu-Hantu?
LamasebelumYehuwamembentuk manusia,Ia menciptakan tak terhitung banyaknya makh-luk rohyangcerdas,’putra-putraAllah’di surga.(Ayub 38:4, 7) Seperti manusia, mereka adalahmakhluk bermoral dengan kebebasan memilih,dan untuk waktu yang lama, mereka semua te-tap loyal kepada Allah. Tetapi, situasi bahagiaitu tiba-tiba berakhir. Bagaimana?Setelah Allah menciptakan manusia, satumakhluk roh mulai mengidam-idamkan sesuatu yang bukan haknya—ibadat. Dengan mengguna-kan ular seperti ahli suara perut menggunakanboneka, malaikat fasik ini membujuk wanitapertama, Hawa, agar tidak menaati Pencipta-nya. (Kejadian 3:1-6) Alkitab menjuluki malai-kat pemberontak itu ”ular yang semula, yangdisebut Iblis dan Setan”. (Penyingkapan [Wah- yu] 12:9) Yesus menggambarkannya sebagai”pembunuhmanusiayang”tidakberdirikukuhdalam kebenaran” dan menambahkan, ”Apabi-la dia berkata dusta, dia berkata menurut wa-taknya sendiri, karena dia adalah pendusta danbapak dusta.”—Yohanes 8:44.Belakangan, makhluk-makhluk roh lainnya,”putra-putra dari Allah yang benar”, ikut dalampemberontakan Setan. (Kejadian 6:1, 2) Mere-ka kemudian disebut ”malaikat-malaikat yangberbuat dosa” dan ”malaikat-malaikat yang ti-dak mempertahankan kedudukan mereka yangsemula tetapi meninggalkan tempat tinggal me-reka sendiri yang cocok”, atau tempat yang di-tetapkan bagi mereka di surga. (2 Petrus 2:4; Yudas 6) Mereka akhirnya disebut hantu-hantu.(Yakobus 2:19) Selain itu, mereka bertekad me-malingkan sebanyak mungkin manusia dari iba-datsejati,sepertiyangmerekalakukan terhadapbanyakorang Israel di zaman Alkitab. (Ulangan32:16,17) Dewasa ini, seperti di masa silam, Se-tan dan hantu-hantu dengan cerdik memanfaat-kan dusta agama.—2 Korintus 11:14,15.
Lindungi Diri Anda!
Walau roh-roh fasik punya kuasa adimanusia-wi, dengan bantuan Allah kita dapat ’menen-tang mereka’ dan menjadi pemenang. (1 Petrus5:9) Namun, agar dapat memperoleh bantuanitu, kita perlu mempelajari tuntutan Allah danmenjalankannya. Mengenai orang Kristen dizamannya, rasul Paulus menulis, ”Kami ti-dak henti-hentinya berdoa bagimu dan memin-ta supaya kamu dipenuhi dengan pengetahuan yang saksama tentang kehendaknya dengan se-gala hikmat dan pemahaman rohani, agar kamuberjalan dengan layak di hadapan Yehuwa un-tuk menyenangkan dia sepenuhnya.”—Kolose1:9,10.Mereka yang mendapatkan ”pengetahuan yang saksama” itu antara lain sejumlah orangdi kota Efesus yang mempraktekkan ilmu gaib.Perhatikan bagaimana pengetahuan tentang ke-benaran memengaruhi mereka. Alkitab me-nyatakan, ”Cukup banyak dari antara mereka yang mempraktekkan ilmu gaib mengumpulkan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->